PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA
INDONESIA SMK/MAK
KALIMAT PENJELAS YANG SUMBANG DALAM PARAGRAF
Kunci Jawaban : E
Pembahasan:
(1) Andi adalah anak yang cerdas. (2) Tak heran jika dirinya selalu mendapatkan peringkat pertama di kelasnya. (3) Beberapa kali juga ia sempat mewakili sekolahnya dalam ajang perlombaan cerdas cermat ataupun olimpiade sains. (4) ia juga sering memboyong banyak tropi dalam beberapa event perlombaan sejenis Lomba Cepat Tepat (LCT). (5) Karena dianggap sebagai siswa yang cerdas, ia sering dimintai tolong oleh gurunya untuk membimbing teman-temannya yang merasa kesulitan dalam hal materi pelajaran sekolah. (6) Andi sangat piawai sekali dalam memainkan bidak catur pada pertandingan peringatan kemerdakaan RI minggu lalu. (7) Di tahun terakhir sekolahnya ia tak lagi bingung untuk mencari tempat berkuliah. (8) Ia telah diterima di salah satu pergutuan tinggi negeri terkemuka di Indonesia dan mendapatkan beasiswa penuh selama studi.
Penjelasan :
Kalimat satu yakni “Andi adalah anak yang cerdas“ merupakan kalimat utama yang memuat ide pokok paragraf. Kalimat lainnya berperan sebagai kalimat penjelas yang berkaitan dengan kalimat utama kecuali pada kalimat nomor 6 yakni “Andi sangat piawai sekali dalam memainkan bidak catur pada pertandingan peringatan kemerdakaan RI minggu lalu.” Kalimat tersebut menyimpang dari fokus masalah yang dibahas pada kalimat utama dan kalimat penjelas.
Penjelasan :
Kalimat satu yakni “Nugroho sangat menyukai anime onepiece “ adalah kalimat utama yang terdapat gagasan utama paragraf. Sedangkan kalimat lainnya berperan sebagai kalimat penjelas yang mendukung gagasan kalimat utama kecuali yang terdapat pada kalimat nomor 4 yakni “(4) Nugroho juga sangat menyukai buah anggur dan pisang.” Kalimat nomor 4 tersebut tidak sesuai dan tidak ada hubungannya dengan gagasan serta inti masalah yang dibahas pada kalimat utama.
Penjelasan :
Kalimat satu pada paragraf di atas merupakan kalimat utama yang mengandung ide pokok paragraf. Kalimat-kalimat lainnya semestinya berperan sebagai kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama. Pada pragraf di atas kalimat yang tidak berkesinambungan dengan kailmat utama dan kalimat penjelas terdapat pada kalimat nomor 3 yakni “Ikan-ikan segar banyak terdapat di pasar ikan kota Krui yang didapatkan oleh para nelayan setempat.” Kalimat ini bertentangan dengan fokus masalah yang ada pada kalimat utama yakni yang membahas mengenai destinasi wisata kabupaten Pesisir Barat.
Penjelasan :
Kalimat utama di atas ditunjukan pada kalimat pertama yakni “Di sekolah baruku terdapat bermacam-macam kegiatan ektrakulikuler”. Kalimat lainnya berkedudukan sebagai kalimat penjelas yang saling berkaitan dengan kalimat utama kecuali pada kalimat no 4 yakni “Semua anggota klub sangat menyukai mie ayam kantin Pak Husein.” Kalimat (4) tidak ada kaitannya sama sekali dengan ide pokok yang ada dalam paragraf tersebut. (http://www.bahasaindonesiaku.net/2016/01/pengertian-dan-contoh-kalimat-sumbang-tidak-padu-lengkap.html)
KALIMAT PENJELAS YANG SUMBANG DALAM PARAGRAF
Kunci Jawaban dan Pembahasan
Kunci Jawaban : E
Pembahasan:
Soal di atas menanyakan kalimat
yang sumbang atau tidak padu dalam paragraf. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN
tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMK/MAK termasuk dalam ruang lingkup materi
menyunting kata, kalimat, dan paragraf level kognitif pengetahuan dan
pemahaman. Kompetensi yang diuji yaitu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat/ mengidentifikasi kalimat tidak padu/sumbang dalam paragraf tersebut dengan tepat.
Kalimat tidak
padu merupakan kalimat yang tidak memiliki korelasi dengan kalimat
lainnya pada suatu paragraf. Kalimat yang tidak padu pada paragraf di atas
adalah kalimat (5).
Paragraf di atas memiliki ide pokok
kemampuan manusia mengingat yang dipengaruhi oleh beberapa faktor (kalimat 1). Kalimat
(2), (3), dan (4) adalah kalimat padu karena mendukung dan menjelaskan ide
pokok yang terdapat pada kalimat (1). Kalimat (2) menjelaskan salah satu faktor
yang mempengaruhi kemampuan mengingat manusia yaitu reduksi data. Kalimat (3)
menjelaskan pengertian reduksi data dan kalimat (4) menjelaskan cara mengatasi
reduksi data. Kalimat (5) pada teks di atas adalah kalimat tidak padu/kalimat
sumbang karena tidak mendukung ide pokok paragraf. Kalimat tersebut berisi
model meringkas dalam pembelajaran di kelas
RINGKASAN MATERI
KALIMAT SUMBANG ATAU TIDAK PADU DALAM
PARAGRAF
Kalimat tidak padu merupakan kalimat yang tidak memiliki
korelasi dengan kalimat lainnya pada suatu paragraf. Kalimat tidak padu juga
seringkali bertentangan dengan ide paragraf yang hendak disampaikan. Kalimat
ini bisa saja terjadi karena kesalahan penulisan pada saat menyisipkan gagasan
ke dalam kalimat. Berikut beberapa ciri dari kalimat tidak padu :
a. Kalimat tidak padu seingkali
bertentangan dengan ide pokok pada kalimat utama dalam paragraf. Jika pembaca
mencermati tiap kalimat pada paragraf, maka akan dengan mudah mengidentifikasi
kalimat tak padu tersebut.
b. Kalimat tidak padu jika diperhatikan konten kalimatnya tidak sambung atau tidak berkesinambungan serta tidak mendukung kalimat lainnya dalam paragraf.
c. Kalimat tak padu seringkali keluar dari inti permasalahan yang sedang dibicarakan dalam kalimat.
b. Kalimat tidak padu jika diperhatikan konten kalimatnya tidak sambung atau tidak berkesinambungan serta tidak mendukung kalimat lainnya dalam paragraf.
c. Kalimat tak padu seringkali keluar dari inti permasalahan yang sedang dibicarakan dalam kalimat.
Hal-hal yang harus dilakukan guna
mengidentifikasikan kalimat sumbang adalah terlebih dahulu menentukan kalimat
utama yang memuat ide pokok paragraf. Setelah itu tentukan beberapa kaliama
penjelas yang mendukung serta berkesesuaian dengan kalimat utama. Jika terdapat
kalimat yang tidak sambung dengan kalimat utama dan penjelas, maka dapat
dipastikan bahwa kalimat tersebut adalah kalimat tidak padu.
Contoh Kalimat Tak Padu
Contoh 1 :(1) Andi adalah anak yang cerdas. (2) Tak heran jika dirinya selalu mendapatkan peringkat pertama di kelasnya. (3) Beberapa kali juga ia sempat mewakili sekolahnya dalam ajang perlombaan cerdas cermat ataupun olimpiade sains. (4) ia juga sering memboyong banyak tropi dalam beberapa event perlombaan sejenis Lomba Cepat Tepat (LCT). (5) Karena dianggap sebagai siswa yang cerdas, ia sering dimintai tolong oleh gurunya untuk membimbing teman-temannya yang merasa kesulitan dalam hal materi pelajaran sekolah. (6) Andi sangat piawai sekali dalam memainkan bidak catur pada pertandingan peringatan kemerdakaan RI minggu lalu. (7) Di tahun terakhir sekolahnya ia tak lagi bingung untuk mencari tempat berkuliah. (8) Ia telah diterima di salah satu pergutuan tinggi negeri terkemuka di Indonesia dan mendapatkan beasiswa penuh selama studi.
Penjelasan :
Kalimat satu yakni “Andi adalah anak yang cerdas“ merupakan kalimat utama yang memuat ide pokok paragraf. Kalimat lainnya berperan sebagai kalimat penjelas yang berkaitan dengan kalimat utama kecuali pada kalimat nomor 6 yakni “Andi sangat piawai sekali dalam memainkan bidak catur pada pertandingan peringatan kemerdakaan RI minggu lalu.” Kalimat tersebut menyimpang dari fokus masalah yang dibahas pada kalimat utama dan kalimat penjelas.
Contoh 2 :
(1) Nugroho sangat menyukai anime
onepiece. (2) Tak hanya menyukai alur ceritanya, ia juga sangat suka dengan
lagu-lagu yang menjadi Oroginal Soundtrack (OST) dari manga karya Eichiro Odha
ini. (3) Koleksinya hingga kini telah mencapai 75 buah komik dan 750 serial
animenya. (4) Nugroho juga sangat menyukai buah anggur dan pisang. (5) Ia
mengaku sangat mengagumi beberapa tokoh yang ada dalam cerita anime ini
diantaranya ialah Monkey D. Luffy, Potgas D. Ace, Akagami No Shanks, Trafalgar
Law dan lainnya. (6) Dalam komunitas sosialnya, Nugroho tergabung dalam sebuah
komunitas pecinta serial animasi Jepang ini.Penjelasan :
Kalimat satu yakni “Nugroho sangat menyukai anime onepiece “ adalah kalimat utama yang terdapat gagasan utama paragraf. Sedangkan kalimat lainnya berperan sebagai kalimat penjelas yang mendukung gagasan kalimat utama kecuali yang terdapat pada kalimat nomor 4 yakni “(4) Nugroho juga sangat menyukai buah anggur dan pisang.” Kalimat nomor 4 tersebut tidak sesuai dan tidak ada hubungannya dengan gagasan serta inti masalah yang dibahas pada kalimat utama.
Contoh 3 :
(1)Pesisir Barat merupakan salah
satu kabupaten yang ada di Provinsi Lampung yang menyimpan surga destinasi
wisata. (2) Provinsi hasil pemekaran dari kabupaten Lampung Barat ini merupakan
surga bagi para pecinta destinasi wisata pantai. (3) Ikan-ikan segar banyak
terdapat di pasar ikan kota Krui yang didapatkan oleh para nelayan setempat.
(4) Banyak turis domestik maupun mancanegara yang mengunjungi pantai-pantai
yang ada di kabupaten ini hanya untuk menikmati keindahan panorama alamnya
ataupun hendak berselancar.Penjelasan :
Kalimat satu pada paragraf di atas merupakan kalimat utama yang mengandung ide pokok paragraf. Kalimat-kalimat lainnya semestinya berperan sebagai kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama. Pada pragraf di atas kalimat yang tidak berkesinambungan dengan kailmat utama dan kalimat penjelas terdapat pada kalimat nomor 3 yakni “Ikan-ikan segar banyak terdapat di pasar ikan kota Krui yang didapatkan oleh para nelayan setempat.” Kalimat ini bertentangan dengan fokus masalah yang ada pada kalimat utama yakni yang membahas mengenai destinasi wisata kabupaten Pesisir Barat.
Contoh 4 :
(1) Di sekolah baruku terdapat
bermacam-macam kegiatan ektrakulikuler. (2) Bagi murid yang menyukai kegiatan
olah raga bisa memilih klub bulu tangkis, sepak bola, voli, basket, sepak
takraw, dan masih banyak lagi. (3) Adapula klub-klub musik seperti klub dangdut,
rock, jaz, dan keroncong yang dapat dipilih berdasarkan selera musik
masing-masing siswa. (4) Semua anggota klub sangat menyukai mie ayam kantin Pak
Husein. (5) Di bidang olah raga bela diri sekolahku juga memfasilitasi berbagai
jenis seni bela diri diantaranya ialah pencak silat, taekwondo, wushu, dan
karate.(6) Selain itu ada juga klub jurnalistik, fotografer, pecinta film, dan
masih banyak lagi.Penjelasan :
Kalimat utama di atas ditunjukan pada kalimat pertama yakni “Di sekolah baruku terdapat bermacam-macam kegiatan ektrakulikuler”. Kalimat lainnya berkedudukan sebagai kalimat penjelas yang saling berkaitan dengan kalimat utama kecuali pada kalimat no 4 yakni “Semua anggota klub sangat menyukai mie ayam kantin Pak Husein.” Kalimat (4) tidak ada kaitannya sama sekali dengan ide pokok yang ada dalam paragraf tersebut. (http://www.bahasaindonesiaku.net/2016/01/pengertian-dan-contoh-kalimat-sumbang-tidak-padu-lengkap.html)
BACA RINGKASAN MATERI DAN PEMBAHASAN SOAL
UN SMK/MAK 2016/2017:
1. Menentukan
isi teks anekdot
2. Menentukan
makna kata/istilah
3. Membandingkan
isi teks
4. Menentukan
interpretasi teks anekdot
5. Menentukan
urutan teks eksposisi
6. Melengkapi
teks eksplanasi
7. Menggunakan
kata penghubung
8. Menggunakan
pronomina/kata ganti
9. Menggunakan
kata bentukan
10. Membaca
matriks/tabel
11. Menggunakan
tanda baca
12. Memvariasikan
kata
13. Mengurutkan
teks prosedur
14. Menentukan
inti kalimat
15. Menentukan
isi teks negosiasi
16. Melengkapi
teks negosiasi
17. Menentukan
kalimat santun dalam teks negosiasi
18. Mengurutkan
peristiwa dalam cerpen
19. Menentukan
watak tokoh cerita
20. Menentukan
amanat cerita
21. Menentukan
latar cerita
22. Menentukan
majas dalam cerpen
23. Menentukan
makna ungkapan
24. Menentukan
makna peribahasa
25. Menentukan
kalimat sumbang/tidak padu dalam teks
26. Menentukan
tema pantun
27. Melengkapi
pantun
28. Menentukan
isi teks biografi
29. Mengidentifikasi
kata baku dan tidak baku
30. Menentukan
fungsi teks biografi
31. Menggunakan
konjungsi dengan tepat
32. Memakai
tanda baca dengan tepat
33. Menentukan
kata tidak baku dalam teks
34. Menyunting
kalimat
35. Menentukan
struktur teks ulasan film
36. Menggunakan
kata bentukan dengan tepat
0 komentar:
Post a Comment