RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
: SMA Negeri 2 Boyolali
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: X1/Ganjil
|
Materi Pokok
|
: Teks ceramah
|
Alokasi Waktu
|
: 6 x 45 Menit (2X
pertemuan)
|
A. Kompetensi
Inti
K1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
K2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
K3
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, ceramahal, dan
metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
ceramahal pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
K4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
|
|
3.6
Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6.1 Mengidentifikasi
isi dan struktur dalam teks ceramah.
3.6.2 Mengidentifikasi
kaidah kebahasaan dalam teks ceramah
|
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
|
|
4.6
Mengkonstruksi
ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan
struktur yang tepat
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
4.6.1 Menyusun teks
ceramah tentang permasalahan aktual
4.6.2 Menyunting teks
ceramah
4.6.3 Menyampaikan
hasil suntingan teks ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan
materi. vokal, gesture, ekspresi, dan intonasi.
|
C.
Tujuan
pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL
dengan model saintifik
peserta didik dapat mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks ceramah,
mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah, menentukan aspek-aspek
yang disunting dalam teks ceramah, dan menyampaikan hasil suntingan teks
ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan materi. vokal, gestur,
ekspresi, dan intonasi dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab,
bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.
D. Materi
Struktur Teks Ceramah
·
Pembukaan
·
Isi
·
Penutup
E. Pendekatan, Metode dan
Model Pembelajaran
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning, PBL
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawab,
penugasan
G.
Media/Alat, dan Bahan Sumber
Belajar
1.
Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.
Sumber
Belajar :
a. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas XI
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1.
Peserta didik
merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima
informasi tentang
hal-hal yang akan
dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran
dan penilaian
pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Stimulation
1. Peserta didik mengamati contoh teks ceramah yang dibawa.
2. Peserta didik mengidentifikasi struktur dan
kaidah kebahasaan teks ceramah.
Problem
Statemen
3. Peserta didik bertanya jawab tentang struktur dan
kaidah kebahasaan teks ceramah.
4. Peserta didik memberi komentar terhadap struktur
dan kaidah kebahasaan teks ceramah.
Data
Collection
5. Peserta didik duduk secara berkelompok
(heterogen, 3-4 orang).
6. Peserta
didik secara berdiskusi mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks
ceramah.
Data
Processing
7. Peserta
didik menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks ceramah.
8. Peserta didik menuliskan struktur dan kaidah
kebahasaan teks ceramah.
Verification
9. Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan
hasil kerjanya.
10. Peserta
didik yang lain memberikan komentar dan masukan
atas penampilan temannya.
Generalization
11. Peserta
didik menyimpulkan struktur dan kebahasaan teks ceramah
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
70 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1. Melakukan
penilaian.
2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks ceramah lainnya.
3. Menyampaikan
rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1.
Peserta didik
merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta
didik menerima
informasi tentang
hal-hal yang akan
dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran
dan penilaian
pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
a. Orientasi Siswa pada Masalah
1. Peserta
didik mengamati teks ceramah
2. Peserta
didik bertanya jawab tentang proses menyusun dan menyunting dalam teks
ceramah
b.
Mengorganisasi Siswa dalam Belajar
3. Secara
berkelompok peserta didik menerima dan mencermati format isian penyusunan dan penyuntingan teks ceramah
c. Membimbing
Penyelidikan Siswa secara Mandiri atau Kelompok
4. Peserta
didik dengan bimbingan guru menyusun dan menyunting teks ceramah
d. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil
Karya
5. Peserta
menyampaikan hasil menyusun dan menyunting teks ceramah
6. Kelompok
lain menanggapi
e. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses
Pemecahan Masalah
7. Peserta didik memperbaiki hasil kerja kelompok berdasarkan saran
dari kelompok/teman yang lain.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communica-tive)
|
150 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan guru bersama
peserta didik
1. Membuat rangkuman/
simpulan pelajaran.
2. Melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.
Melakukan
penilaian.
2.
Memberikan tugas kepada peserta didik
untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
3.
Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian:
a.
Penilaian Sikap :Observasi/pengamatan
b.
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2.
Bentuk Penilaian:
a.
Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.
Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
c.
Unjuk
kerja :lembar penilaian presentasi
d.
Portofolio :pedoman
penilaian portofolio
3.
Remedial
a.
Pembelajaran remedial
dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.
Tahapan pembelajaran
remedial dilaksanakan melalui remidial teaching
(klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.
Tes remedial, dilakukan
sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan,
maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
4.
Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai
nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Boyolali, 29 Mei 2019
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru Mata
Pelajaran,
Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 197009261997021002 NIP 197207081998011001
UNDUH FILE WORD KLIK https://drive.google.com/open?id=1zVFdvvN8k5MBwRgDUIbk4g86gYs8Bh0y
Kelas XI
1. RPP Teks Prosedur KD 3.1 dan 4.1 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/rpp-teks-prosedur-tahun-pelajaran.html
2. RPP Teks Prosedur KD 3.2 dan 4.2 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi.html
3. RPP Teks Eksplanasi KD 3.3 dan 4.3 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-eksplanasi-kd-33-dan-43.html
4. RPP Teks Eksplanasi KD 3.4 dan 4.4 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-rpp-teks-eksplanasi-dan-soal.html
5. RPP Teks Ceramah KD 3.5 dan 4.5 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-word-rpp-kelas-xi-semester-1.html
6. RPP Teks Ceramah KD 3.6 dan 4.6 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-word-rpp-kelas-xi-semester-1.html
7. RPP Buku Pengayaan/Literasi KD 3.7 dan 4.7 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-buku-pengayaan-nonfiksi-kelas.html
8. RPP Teks Cerpen KD 3.8 dan 4.8 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-teks-cerpen-model-problem.html
9. RPP Teks Cerpen KD 3.9 dan 4.9 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi.html
B. RPP KELAS XI SEMESTER 2 (file
word)
1. RPP Teks Proposal Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-proposal-kelas-xi-semseter-2.html
2. RPP Teks Karya Ilmiah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-karya-ilmiah-kelas-xi-semester.html
3. RPP Teks Resensi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-resensi-kelas-xi-semester-2.html
4. RPP Teks Drama Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi-semester.html
"JUDI POKER | TOGEL ONLINE | TEMBAK IKAN | CASINO | JUDI BOLA | SEMUA LENGKAP HANYA DI : WWW.DEWALOTTO.CLUB
ReplyDeleteDAFTAR DAN BERMAIN BERSAMA 1 ID BISA MAIN SEMUA GAMES YUKK>> di add WA : +855 69312579 "