RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah
|
: SMA Negeri 2 Boyolali
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: X1/Ganjil
|
Materi Pokok
|
: Ceramah
|
Alokasi Waktu
|
: 6 x 45 Menit (2X pertemuan)
|
A. Kompetensi
Inti
K1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
K2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
K3
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, ceramahal, dan
metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
ceramahal pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
K4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
|
|
3.5 Mengidentifikasi informasi
berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5.1 Memahami
informasi dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca.
3.5.2 Menemukan
informasi dan permasaahan aktual dalam teks ceramah.
|
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI
KI 4
|
|
4.5
Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk
disajikan dalam ceramah
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
4.5.1 Menelaah
bagian-bagian penting dalam teks ceramah..
4.5.2 Menemukan
kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah
|
C. Tujuan pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL
dengan model saintifik
peserta didik memahami informasi dan permasalahan yang didengar atau yang
dibaca, menemukan informasi dan
permasaahan actual dalam teks ceramah menelaah bagian-bagian penting dalam teks
ceramah, dan menemukan kalimat
majemuk
bertingkat dalam teks ceramah. dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung
jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran.
D.
Materi
Pengertian ceramah
Perbedaan ceramah dengan pidato dan khutbah
E.
Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawab,
penugasan
F.
Media/Alat, dan Bahan Sumber
Belajar
1.
Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.
Sumber
Belajar :
a. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas XI
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta didik
merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima
informasi tentang
hal-hal yang akan
dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran
dan penilaian
pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati teks ceramah
2. Peserta didik mengidentifikasi teks ceramah bersama-sama
Menanya
1. Peserta didik bertanya jawab tentang informasi dan permasalahan dalam
teks ceramah
2. Peserta didik memberi komenatar tentang informasi dan permasalahan
dalam teks ceramah
Menalar
1.
Peserta didik duduk secara
berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
3. Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi tentang informasi dan
permasalahan dalam teks ceramah
2.
Peserta didik secara
berkelompok mencari contoh ceramah lain dari berbagai sumber.
3.
Peserta didik berdiskusi
tentang perbedaan ceramah, khutbah dan pidato
Mencoba
1. Peserta didik mencoba menentukan dan menganalisis informasi dan
permasalahan dalam teks ceramah
4.
Peserta didik mencoba
membedakan ceramah, khutbah dan pidato
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta didik secara
berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.
Peserta didik yang lain memberikan komentar dan
masukan
atas penampilan temannya.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
70 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1. Melakukan
penilaian.
2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca atau
menonton
ceramah lainnya.
3. Menyampaikan
rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian:
a.
Penilaian Sikap :Observasi/pengamatan
b.
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2.
Bentuk Penilaian:
a.
Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.
Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
c.
Unjuk
kerja :lembar penilaian
presentasi
d.
Portofolio :pedoman
penilaian portofolio
3.
Remedial
a.
Pembelajaran remedial
dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.
Tahapan pembelajaran
remedial dilaksanakan melalui remidial teaching
(klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.
Tes remedial, dilakukan
sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan,
maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
4.
Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai
nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Boyolali, 29 Mei 2019
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru Mata
Pelajaran,
Bambang Prihantoro, S.Pd., M.M. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 197009261997021002 NIP 197207081998011001UNDUH FILE WORD RPP BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 1 TEKS CERAMAH KD 3.5 DAN 4.5 kilk https://drive.google.com/open?id=1mjVk0IbietHZpPi6WBS6s4ESf8k-G4AZ
Baca juga
1. Ringkasan Materi Teks Ceramah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/struktur-teks-ceramah.html dan https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/menganalisis-kebahasaan-teks-ceramah.html
2. Powerpoint Materi Teks Ceramah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/07/ppt-struktur-dan-kaidah-kebahasaan-teks_22.html
3. Soal PAS Teks Ceramah Klik Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/soal-persiapan-penilaian-akhir-semester.html
4. Soal UN Materi Teks Ceramah
Kelas XI
1. RPP Teks Prosedur KD 3.1 dan 4.1 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/rpp-teks-prosedur-tahun-pelajaran.html
2. RPP Teks Prosedur KD 3.2 dan 4.2 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi.html
3. RPP Teks Eksplanasi KD 3.3 dan 4.3 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-eksplanasi-kd-33-dan-43.html
4. RPP Teks Eksplanasi KD 3.4 dan 4.4 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-rpp-teks-eksplanasi-dan-soal.html
5. RPP Teks Ceramah KD 3.5 dan 4.5 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-word-rpp-kelas-xi-semester-1.html
6. RPP Teks Ceramah KD 3.6 dan 4.6 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/rpp-bahasa-indonesia-model-discovery.html
7. RPP Buku Pengayaan/Literasi KD 3.7 dan 4.7 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-buku-pengayaan-nonfiksi-kelas.html
8. RPP Teks Cerpen KD 3.8 dan 4.8 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-teks-cerpen-model-problem.html
9. RPP Teks Cerpen KD 3.9 dan 4.9 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi.html
B. RPP KELAS XI SEMESTER 2 (file
word)
1. RPP Teks Proposal Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-proposal-kelas-xi-semseter-2.html
2. RPP Teks Karya Ilmiah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-karya-ilmiah-kelas-xi-semester.html
3. RPP Teks Resensi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-resensi-kelas-xi-semester-2.html
4. RPP Teks Drama Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi-semester.html
"JUDI POKER | TOGEL ONLINE | TEMBAK IKAN | CASINO | JUDI BOLA | SEMUA LENGKAP HANYA DI : WWW.DEWALOTTO.CLUB
ReplyDeleteDAFTAR DAN BERMAIN BERSAMA 1 ID BISA MAIN SEMUA GAMES YUKK>> di add WA : +855 69312579 "
mohon koreksinya pak rpp teks ceramah 3.6 dan 4.6 tapi isinya RPP 3.5 dan 4.5
ReplyDeletehttps://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/rpp-bahasa-indonesia-model-discovery.html
DeletePromo www.Fanspoker.com :
ReplyDelete- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||