RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 10
Nama Sekolah
|
:
|
SMP ----------------------------
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X 40 Menit (2 Pertemuan)
|
A. Standar Kompetensi
5. Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan syair.
B. Kompetensi Dasar
5.1 Menemukan
tema dan pesan syair yang diperdengarkan
C. Indikator Pencapaian KD
1.
Mampu menemukan tema syair yang diperdengarkan
2. Mampu menemukan pesan syair yang diperdengarkan.
3.
Mampu menemukan relevansi pesan moral dalam
syair dengan kehidupan masa kini.
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa menemukan
tema dan pesan syair yang diperdengarkan
E. Nilai PBKB
1. Kecerdasan
2. Percaya
Diri
F. Indikator
Pencapaian PBKB
1. Kecerdasan
mampu menemukan tema syair
mempu menemukan pesan syair
mampu menemukan relevansi moral syair
2. Percaya
Diri
menyampaikan hasil kerjanya ke depan kelas
G. Materi
Pembelajaran
- Tema syair yang diperdengarkan
- Pesan syair yang diperdengarkan
- Relevansi pesan moral dalam syair dengan kehidupan sekarang
H. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Penugasan
4. Tanya jawab
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang syair
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
|
|
|
B.
|
Inti
|
55’
|
|
|
Eksplorasi
1. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan syair (fokus pada tema dan pesan syair).
2. Secara berkelompok (4 – 5 orang) siswa mencermati
contoh syair yang disiapkan guru.
Elaborasi
3.
Masih dalam kelompok yang sama siswa
menemukan tema, pesan, relevansi pesan
moral syair dengan kehidupan sekarang. (kecerdasan)
4.
Wakil setiap kelompok mempresentasikan
hasil kerja kelompok (percaya diri)
Konfirmasi
5.
Siswa mendapatkan konfirmasi dan penghargaan dari guru tentang
hasil diskusi mereka (tema, pesan dan nilai kehidupan dalam syair)
|
|
|
C.
|
Penutup
|
15’
|
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang (tema,
pesan dan nilai
kehidupan
dalam syair.
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimama
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran tema,
pesan dan nilai kehidupan dalam syair?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Kecerdasan
dan Percaya Diri
5.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya
|
|
Pertemuan
kedua
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian kompetensi pada pertemuan
pertama.
3.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
|
|
|
B.
|
Inti
|
55’
|
|
|
Eksplorasi
1.
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan syair (fokus pada tema dan pesan syair).
2.
Masih sama dengan kelompok pada pertemuan pertama siswa mendengarkan syair yang
diperdengarkan guru
Elaborasi
3.
Masih dalam kelompok yang sama siswa
menemukan tema dan pesan
syair. (kecerdasan)
4.
Siswa saling menukar pekerjaan untuk memberikan
penilaian
5.
Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok
terbaik (percaya diri)
6.
Siswa memajang Hasil kerja semua
kelompok pada dinding-dinding
kelas.
Konfirmasi
6.
Siswa mendapatkan konfirmasi dan penghargaan dari guru tentang
hasil diskusi mereka (tema dan pesan syair)
# Selanjutnya siswa mengikuti penilaian untuk
mengukur pencapaian KD
|
|
|
C.
|
Penutup
|
15’
|
|
|
1.
Siswa membuat
rangkuman/simpulan tentang
(tema dan pesan dalam
syair.
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimana
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: kecerdasan
dan percaya diri;
5.
Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian
(remidi atau pengayaan) dari guru.
6.
Siswa menerima tugas terstruktur ( menemukan
tema dan pesan syair (I) yang diperdengarkan ) dan
kegiatan mandiri tidak terstruktur (menemukan tema dan pesan syair (II) yang
diperdengarkan)
7.
Siswa menerima
informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya.
|
|
J.
Sumber
Pembelajaran
1.
Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat
Perbukuan. ( halaman 20 – 22)
2.
Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3.
Kumpulan
syair
4.
E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk
SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 31-36
5.
Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian
Pencapaian KD
a. Teknik : Tes
Tulis
b. Bentuk Instrumen : Tes
Uraian
c. Soal/ Instrumen :
Dengarkan dengan saksama syair yang
dibacakan atau diputar, kemudian kerjakan soal-soal berikut!
1)
Temukan tema syair yang kamu dengarkan!
2)
Tulislah pesan syair yang kamu dengarkan!
Pedoman Penskoran
Soal
nomor 1)
Soal nomor 2)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
.
|
Perolehan
Skor
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
Nilai Akhir
|
------------------------
|
X
|
100
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
|
15
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||
2. Penilaian
PBKB
No.
|
Pencapaian Penilaian PBKB
|
Nilai
PBKB
|
Skor
|
|
Kecerdasan
|
Percaya
Diri
|
|||
1
|
MK
(membudaya)
|
4
|
4
|
8
|
2
|
MB
(mulai berkembang)
|
3
|
3
|
6
|
3
|
MT
(mulai terlihat
|
2
|
2
|
4
|
4
|
BT
(belum terlihat)
|
1
|
1
|
2
|
|
Skor Maksimal
|
4
|
4
|
8
|
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 komentar:
Post a Comment