RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 11
Nama Sekolah
|
:
|
SMP ----------------------------
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X 40 Menit (2 Pertemuan)
|
A. Standar Kompetensi
5. Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan syair.
B. Kompetensi Dasar
5.2
Menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan
C. Indikator
Pencapaian KD
1.
Mampu menganalisis ciri-ciri syair yang
diperdengarkan.
2.
Mampu menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan
D. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat menganalisis
unsur-unsur syair yang diperdengarkan dengan cermat dan logis.
E. Nilai PBKB
- Kecermatan
- Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
F. Indikator
Pencapaian PBKB
- Kecermatan
mampu
menemukan ciri-ciri syair
- Berpikir kritis, logis
mampu
menganalisis unsur-unsur syair
G. Materi
Pembelajaran
- Ciri-ciri syair
- Unsur-unsur syair
H. Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Penugasan
4.
Tanya jawab
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang syair
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
|
|
|
B.
|
Inti
|
55’
|
|
|
Eksplorasi
1.
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan syair (fokus ciri-ciri syair).
2.
Secara berkelompok (4 – 5 orang) siswa mencermati
contoh syair yang disiapkan guru. (kecermatan)
Elaborasi
3.
Masih dalam kelompok yang sama siswa menentukan
ciri-ciri syair. (berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif)
4.
Wakil setiap kelompok mempresentasikan
hasil kerja kelompok.
Konfirmasi
5.
Siswa mendapatkan konfirmasi dan penghargaan dari guru tentang
hasil diskusi mereka (ciri-ciri syair)
|
|
|
C.
|
Penutup
|
15’
|
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang ciri-ciri
syair.
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimama
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Kecermatan
dan berpikir logis, kritis
5.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya
|
|
Pertemuan
kedua
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian kompetensi pada pertemuan
pertama.
3.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
|
|
|
B.
|
Inti
|
55’
|
|
|
Eksplorasi
1.
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan syair (fokus pada unsur-unsur syair).
2.
Masih sama dengan kelompok pada pertemuan pertama siswa mendengarkan
syair yang diperdengarkan
guru
Elaborasi
3.
Masih dalam kelompok yang sama siswa menentukan
unsur-unsur syair dan menganalisisnya.
4.
Siswa saling menukar pekerjaan untuk memberikan
penilaian
5.
Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok
terbaik
6.
Siswa memajang asil kerja semua
kelompok pada dinding-dinding
kelas.
Konfirmasi
7.
Siswa mendapatkan konfirmasi dan penghargaan dari guru tentang
hasil diskusi mereka (analisis unsur-unsur syair)
# Selanjutnya siswa mengikuti penilaian untuk
mengukur pencapaian KD
|
|
|
C.
|
Penutup
|
15’
|
|
|
1.
Siswa membuat
rangkuman/simpulan tentang
ciri-ciri dan unsur-unsur dalam syair.
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimana
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: kecermatan
dan berpikir kritis, logis
5.
Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian
(remidi atau pengayaan) dari guru.
6.
Siswa menerima tugas terstruktur (menganalisis
unsur-unsur syair (I) yang diperdengarkan dan
kegiatan mandiri tidak terstruktur (menganalisis unsur-unsur syair (II) yang
diperdengarkan
7.
Siswa menerima informasi
mengenai rencana pembelajaran berikutnya.
|
|
J.
Sumber
Pembelajaran
1.
Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat
Perbukuan. ( halaman 60 – 61)
2.
Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3.
Kumpulan
syair
4.
E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk
SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 31-36
5.
Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian
Pencapaian KD
a. Teknik : Tes
Tulis
b. Bentuk Instrumen : Tes
Uraian
c. Soal/ Instrumen :
Dengarkan dengan saksama syair yang
dibacakan atau diputar, kemudian kerjakan soal-soal berikut!
1)
Tentukan
ciri-ciri syair!
2)
Analisislah
unsur-unsur syair dengan menggunakan kalimat sendiri!
Pedoman Penskoran
Soal Nomor 1)
Soal Nomor 2)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
Perolehan
Skor
|
|
|
|
Nilai Akhir
|
------------------------
|
X
|
100
|
|
|
20
|
|
|
|
2.
Penilaian PBKB
No.
|
Pencapaian Penilaian PBKB
|
PBKB
|
Skor
|
|
Kecermatan
|
Berpikir
kritis, logis
|
|||
1
|
MK
(membudaya)
|
4
|
4
|
8
|
2
|
MB
(mulai berkembang)
|
3
|
3
|
6
|
3
|
MT
(mulai terlihat
|
2
|
2
|
4
|
4
|
BT
(belum terlihat)
|
1
|
1
|
2
|
|
Skor Maksimal
|
4
|
4
|
8
|
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
0 komentar:
Post a Comment