RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 15
Nama Sekolah
|
:
|
SMP ----------------------------
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4
X 40 Menit (2 X Pertemuan)
|
A. Standar Kompetensi
7. Membaca
wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek (cerpen)
B. Kompetensi Dasar
7.2 Menganalisis
nilai-nilai kehidupan pada cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
C. Indikator Pencapaian KD
1.
Mampu
menemukan nilai-nilai kehidupan yang positif dan negatif dalam cerpen
2.
Mampu
membandingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan siswa
3.
Mampu
menyimpulkan nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan siswa
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menganalisis nilai-nilai kehidupan
pada cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen dengan logis.
E. Nilai PBKB
1. Berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif
2. Kedemokratisan
F. Indikator
Pencapaian PBKB
- Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
mampu
mengidentifikasi tema, latar, dan penokohan dalam cerpen
mampu
membandingkan tema, latar, dan penokohan dalam satu buku kumpulan cerpen
- Kedemokratisan
berdiskusi
menemukan nilai kehidupan dalam cerpen
G. Materi
Pembelajaran
1. Nilai-nilai
kehidupan yang positif dan negatif dalam cerpen
2. Perbandingan
nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan siswa
- Nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat menjadi teladan siswa
H. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Penugasan
4.
Tanya jawab
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti
proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas
guru bertanya jawab dengan siswa tentang
cerpen (fokus pada nilai-nilai
kehidupan pada cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen
3.
Guru menyampaikan
KD, indikator, tujuan, dan manfaat pembelajaran.
4.
Siswa menerima
penjelasan guru mengenai cakupan materi secara umum dan alur kegiatan dalam
pembelajaran secara sekilas dan jelas
|
|||
B.
|
Inti
|
55’
|
|
Eksplorasi
1. Siswa bertanya jawab degan guru tentang
hal-hal yang berkaitan dengan cerpen
dan nilai kehidupan yang terdapat di dalamnya.
2.
Seorang siswa membacakan cerpen di depan kelas.
3.
Dengan teknik brain
storming siswa mendiskusikan nilai-nilai kehidupan yang ada dalam cerpen
tersebut dan mencatatnya di papan tulis (bepikir logis, kritis, kreatif,
inovatif)
4.
Secara perseorangan siswa membaca cerpen
Elaborasi
5.
Secara berkelompok (4 – 5 orang) siswa berdiskusi untuk
menemukan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen
6.
Sekretaris kelompok mencatat hasil kerja kelompok pada
lembar kerja siswa
7.
Kelompok lain memberikan penilaian sesuai dengan
pedoman penskoran yang telah disediakan
dan menyertakan alasan (kedemokratisan)
8.
Siswa menempelkan hasil kerja kelompok pada papan
pajangan.
Konfirmasi
9.
Siswa mendapatkan konfirmasi dari guru tentang
nilai-nilai kehidupan dalam cerpen
10. Kelompok
terbaik mendapatkan penghargaan dari
guru.
11. Dengan
arahan dan bimbingan guru, siswa membuat catatan atau simpulan mengenai
teknik membandingkan nilai kehidupan dalam cerpen
|
|||
C.
|
Penutup
|
15’
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang nilai-nilai
kehidupan dalam cerpen
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimama
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif dan kedemokratisan
5.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya.
|
Pertemuan Kedua
No.
|
Langkah-Langkah
Pembelajaran
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti
proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian kompetensi pada pertemuan
pertama.
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
|||
B.
|
Inti
|
55’
|
|
Eksplorasi
1. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang
hal-hal yang berkaitan dengan cerpen dan nilai kehidupan yang terdapat di
dalamnya.
Elaborasi
1.
Siswa dibagi dalam
kelompok yang terdiri atas 4 s.d. 5 anggota dan memberi nama
kelompok dengan kesepakatan siswa.
2.
Siswa secara perorangan membaca cerpen.
3.
Siswa berdiskusi untuk membandingkan nilai kehidupan
dalam cerpen dengan nilai kehidupan siswa dan
menyimpulkan nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat diteladani(berpikir
logis, kritis, kreatif, inovatif)
4.
Sekretaris kelompok mencatat hasil kerja kelompok pada
lembar kerja siswa
5.
Kelompok lain memberikan penilaian sesuai dengan
pedoman penskoran yang telah disediakan
dan menyertakan alasan (kedemokratisan)
6.
Siswa menempelkan hasil kerja kelompok pada papan
pajangan.
Konfirmasi
1.
Siswa mendapatkan konfirmasi dari guru
2.
Kelompo terbaik
mendapatkan penghargaan dari guru.
3.
Dengan arahan dan bimbingan guru, siswa membuat catatan
atau simpulan mengenai teknik membandingkan nilai kehidupan dalam cerpen
|
|||
C.
|
Penutup
|
15’
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang nilai-nilai
kehidupan dalam cerpen
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimama
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB:
religius, peduli sosial, dan cinta damai.
5.
Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian
(remidi atau pengayaan) dari guru.
6.
Siswa menerima tugas terstruktur (menganalisis,membandingkan,dan menemukan nilai kehidupan yang dapat
dijadikan suri tauladan pada cerpen-cerpen dalam buku kumpulan
cerpen I) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (menganalisis,membandingkan,dan menemukan nilai kehidupan yang dapat
dijadikan suri tauladan pada cerpen-cerpen dalam buku kumpulan
cerpen II)
7.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya.
|
J.
Sumber
Pembelajaran
1.
Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat
Perbukuan. ( halaman 6 – 10)
2.
Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3.
Buku antologi cerpen
4.
E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk
SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 46-52
5.
Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian
Pencapaian KD
a. Teknik : Tes
Tertulis
b. Bentuk Instrumen : Uraian
c. Soal/ Instrumen :
Bacalah
dengan saksama sebuah cerpen dalam antologi cerpen kemudian kerjakan soal-soal
berikut ini!
1)
Temukan nilai-nilai kehidupan yang positif dan negatif dalam
cerpen yang kalian baca!
2)
Bandingkan nilai kehidupan dalam cerpen dengan nilai kehidupan
kalian!
3) Simpulkan
nilai kehidupan dalam cerpen yang dapat diteladani!
Pedoman Penskoran
Soal Nomor
1)
Deskriptor
|
Skor
|
Skor Maks
|
Sesuai
dengan isi cerpen
Kurang
sesuai dengan isi cerpen
Tidak
sesuai dengan isi cerpen
Tidak ada
jawaban
|
3
2
1
0
|
3
|
Soal Nomor 2)
Deskriptor
|
Skor
|
Skor Maks
|
Jawaban
tepat
Jawaban
kurang tepat
Tidak ada
jawaban
|
2
1
0
|
2
|
Soal Nomor 3)
Deskriptor
|
Skor
|
Skor Maks
|
Jawaban
tepat
Jawaban
kurang tepat
Tidak ada
jawaban
|
2
1
0
|
2
|
Skor maksimal
No. 1 =
3
No. 2 =
2
No. 3 =
2
Perolehan
Skor
|
||||
Nilai Akhir
|
------------------------
|
X
|
100
|
|
7
|
2. Penilaian
PBKB
No.
|
Pencapaian
Penilaian PBKB
|
Nilai PBKB
|
Skor
|
|
Berpikir Logis, Kritis, Kreatif, Inovatif
|
Kedemokratisan
|
|||
1
|
MK (membudaya)
|
4
|
4
|
8
|
2
|
MB (mulai berkembang)
|
3
|
3
|
6
|
3
|
MT (mulai terlihat
|
2
|
2
|
4
|
4
|
BT (belum terlihat)
|
1
|
1
|
2
|
Skor
Maksimal
|
4
|
4
|
8
|
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
Terima kasih Pak, saya sangat terbantu.
ReplyDelete