RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN 2
Nama Sekolah
|
:
|
SMP ----------------------------
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X 40 Menit (2 Pertemuan)
|
A. Standar Kompetensi
1. Memahami dialog interaktif pada
tayangan televisi/siaran radio
B. Kompetensi Dasar
1.2
Mengomentari
pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio.
C. Indikator
Pencapaian KD
1.
Mampu mendata pendapat tiap-tiap
narasumber.
2.
Mampu mengomentari
pendapat narasumber dengan alasan yang meyakinkan
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat mendata pendapat
tiap-tiap narasumber secara cermat.
- Siswa dapat mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang logis dan komunikatif.
E. Nilai PBKB
- Cermat
- Berpikir Logis
3. Komunikatif
F. Indikator
Pencapaian PBKB
- Cermat
a. mendengarkan
rekaman dialog interaktif dengan seksama
b. mampu
mendata pendapat tiap narasumber
- Berpikir Logis
a. mampu
menemukan pendapat narasumber
3. Komunikatif
a. mampu
mengomentari pendapat narasumber
G. Materi
Pembelajaran
- Pendataan pendapat narasumber
- Komentar terhadap pendapat narasumber
H. Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
A.
|
Pendahuluan
|
10’
|
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang dialog interaktif secara sekilas.
3.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus.
|
|
|
B.
|
Inti
|
55’
|
|
|
Eksplorasi
1. Guru
bertanya jawab dengan siswa secara brain
storming tentang hal-hal yang berkaitan dengan dialog interaktif .
2. Secara klasikal siswa mendengarkan pembacaan dialog
interaktif.
Elaborasi
3. Secara berkelompok (4-5 orang) siswa berdiskusi untuk menemukan hal-hal penting dalam dialog interaktif. (berpikir logis, cermat)
4. Wakil setiap kelompok menuliskan hasil diskusi di papan tulis
Konfirmasi
5.
Siswa mendapatkan konfirmasi dari guru tentang hasil
diskusi mereka yang sudah ditulis di papan tulis dengan cara tanya jawab.
6.
Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang terbaik.
7.
Dengan arahan dan bimbingan guru siswa membuat
komentar mengenai hal-hal
penting dalam dialog interaktif
(komunikatif)
|
|
|
C.
|
Penutup
|
15’
|
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil
pembelajaran.
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimana
perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
Adakah
kesulitan yang masih Kalian alami dalam menentukan hal-hal penting dalam
dialog interaktif? dll.
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
4.
Siswa
mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Cermat, Berpikir
Logis, Komunikatif
5.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya.
|
|
Pertemuan
kedua
No.
|
Kegiatan
|
|
A.
|
Pendahuluan (10’)
|
|
|
1.
Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.)
2.
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang capaian kompetensi
pada pertemuan pertama secara sekilas.
3.
Guru mengingatkan lagi tentang tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai
4.
Guru menyampaikan cakupan
materi dan penjelasan uraian kegiatan pada pertemuan kedua sesuai silabus.
|
|
B.
|
Inti (55’)
|
|
|
Eksplorasi
1. Guru bertanya jawab dengan siswa
tentang hal-hal yang berkaitan dengan
dialog interaktif (fokus pada mengomentaripendapat narasumber pada
dialog interaktif)
2.
Secara berkelompok siswa mendengarkan rekaman dialog interaktif
Elaborasi
3.
Masih dalam kelompok yang sama siswa menyimpulkan isi dialog interaktif
4.
Wakil setiap kelompok menyampaikan hasil kerjanya ke
depan kelas dan kelompok lain memberikan penilaian. (komunikatif)
Elaboras
Konfirmasi
5.
Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang terbaik.
6.
Dengan arahan dan bimbingan guru, siswa membuat catatan
atau kesimpulan mengenai hal- hal penting dan komentar
terhadap
pendapat narasumber dalam dialog interaktif
# Selanjutnya siswa melaksanakan
penilaian untuk mengukur pencapaian KD
|
|
C.
|
Penutup (15’)
|
|
|
1.
Siswa membuat rangkuman/simpulan hasil
pembelajaran.
2.
Siswa melakukan penilaian dan/atau
refleksi proses pembelajaran,
misalnya:
Bagaimana perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini?
§ Apa
manfaat yang dapat Kalian petik dari mendengarkan dialog interaktif?
3.
Siswa mendapatkan umpan balik terhadap
proses dan hasil
pembelajaran;
4.
Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Cermat,
Berpikir Logis,
Komunikatif
5.
Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian
(remidi atau pengayaan) dari guru.
6.
Siswa menerima tugas terstruktur ( mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif yang
ditayangkan di TV (stasiun tertentu dan waku tertentu) dan kegiatan
mandiri tidak terstruktur (Siswa membiasakan diri
untuk mengomentari isi
dialog interapendapat narasumber pada dialog interaktif yang ditayangkan di stasiun
televisi apa pun dan membuat laporan tertulis).
7.
Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran
berikutnya.
|
J.
Sumber
Pembelajaran
1.
Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa
Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat
Perbukuan. ( halaman 40 – 42)
2.
Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.
Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3.
Siaran dialog interaktif pada tayangan televisi tertentu
4.
VCD
rekaman dialog interaktif,
5.
Teks dialog interaktif
6.
E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk
SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 2-8
7.
Hasil Karya Siswa
K. Penilaian
1. Penilaian
Pencapaian KD
a. Teknik : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Tes
Uraian
c. Soal/ Instrumen :
Dengarkanlah
dengan saksama rekaman dialog interaktif berikut kemudian jawablah pertanyaannya!
1) Temukan
pendapat narasumber yang Kalian
dengar!
2)
Berikan komentar tentang isi dialog interaktif yang Kalian dengar dengan alasan yang meyakinkan !
Pedoman
Penskoran
Soal Nomor 1)
No
|
Kegiatan
|
Skor
|
1
2
3
4
5
|
Siswa
menuliskan 5
pendapat atau lebih
Siswa menuliskan
4 pendapat
Siswa
menuliskan 3 pendapat
Siswa
menuliskan 2 pendapat
Siswa menuliskan
1 pendapat
|
5
4
3
2
1
|
Soal Nomor 2)
No.
|
Kegiatan
|
Skor
|
1
2
3
4
5
|
Siswa
memberikan
1 komentar dengan
alasan sangat
logis
Siswa memberikan 1 komentar dengan alasan logis
Siswa
memberikan 1 komentar
tetapi alasan kurang
logis
Siswa
memberikan 1 komentar
tetapi alasan tidak
logis
Siswa
memberikan 1 komentar
tetapi tidak
ada alasan
|
5
4
3
2
1
|
Skor
maksimal
No. 1) = 5
No. 2) = 5
Jumlah 10
|
Perolehan
Skor
|
|
|
|
Nilai Akhir
|
------------------------
|
X
|
100
|
|
|
10
|
|
|
|
2. Penilaian
PBKB
No.
|
Pencapaian Penilaian PBKB
|
Nilai
PBKB
|
Skor
|
||
Cermat
|
Berpiki
Logis
|
Komunikatif
|
|||
1
|
MK
(membudaya)
|
4
|
4
|
4
|
12
|
2
|
MB
(mulai berkembang)
|
3
|
3
|
3
|
9
|
3
|
MT
(mulai terlihat
|
2
|
2
|
2
|
6
|
4
|
BT
(belum terlihat)
|
1
|
1
|
1
|
3
|
|
Skor Maksimal
|
4
|
4
|
4
|
12
|
----------------------------
Mengetahui
Kepala
Sekolah, Guru
Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
post stamps
ReplyDeletepost stamps
postage stamps