19 June 2018

RPP LENGKAP BAHASA INDONESIA SMA/SMK KELAS X SEMESTER 1 EDISI REVISI TAHUN PELAJARAN 2018/2019



RPP LENGKAP BAHASA INDONESIA SMA/SMK KELAS X SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 
(INTEGRASI PPK, LITERASI, 4C, HOTS) 


2. RPP KD 3.2 DAN 4.2 TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/rpp-teks-laporan-hasil-observasi-kelas.html







9. RPP KD 3.9 DAN 4.9 MENYUSUN LAPORAN BUKU NONFIKSI DAN FIKSI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/rpp-kd-39-dan-49-menyusun-laporan-buku.html 




UNDUH RPP BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI

Unduh RPP Kelas X Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

1. RPP Teks Laporan Hasil Observasi KD 3.1 dan 4.1 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-laporan-hasil-observasi.html

2. RPP Teks Laporan Hasil Observasi KD 3.2 dan 4.2 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-semester-1-tahun-pelajaran.html







B. RPP KELAS X SEMESTER 2 (file word)









9. RPP Buku Pengayaan Fiksi/Nonfiksi KD 3.18 dab 4.18 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/rpp-analisis-buku-fiksi-dan-nonfiksi.html



RPP Kelas XI Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020












B. RPP KELAS XI SEMESTER 2 (file word)







Baca Dan Unduh Rpp Kelas XII Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

1. RPP Teks Surat Lamaran Pekerjaan KD 3.1 dan 4.1 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-xii.html

2. RPP Teks Surat Lamaran Pekerjaan KD 3.2 dan 4.2 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-tahun.html







B. RPP KELAS XII SEMESTER 2 (file word)



3. RPP Teks Kritik dan Esai KD 3.12, 4.12, 3.13, dan 4.13 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-kritik-dan-esai-kelas-xii.html



RPP KD 3.9 DAN 4.9 MENYUSUN LAPORAN BUKU NONFIKSI DAN FIKSI KELAS X SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMA Negeri 2 Boyolali                          
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: X/Ganjil
Materi Pokok
: Buku pengayaan (nonfiksi) dan Fiksi
Alokasi Waktu
: 6 x 45 Menit (2X pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
K1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

RPP MENGUBAH TEKS HIKAYAT MENJADI CERPEN KD 3.8 DAN 4.8 KELAS X SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
            

                        Nama Sekolah             : SMA Negeri 2 Boyolali

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester          : X/1

Materi Pokok              : Hikayat dan Cerpen

Alokasi Waktu            : 6 x 45 Menit

  

A.    Kompetensi Inti

KI- 1  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI-2  Memahami dan menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humainora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI-3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah                            

             KI-4   Mengolah, menalar, dan menyaji dala ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

Kompetensi Dasar
Indikator
3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.

3.8.1 Membandingkan penggunaan bahasa dalam  cerpen dan hikayat.
3.8. 2. Membandingkan nilai-nilai dalam teks hikayat dan dalam cerpen.

4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
4.8.1 Membandingkan alur cerita dalam hikayat dan cerpen
4.8.2 Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
4.8.3 Mempresesntasikan teks cerpen yang disusun.

18 June 2018

RPP TEKS HIKAYAT KD 3.7 DAN 4.7 KELAS X SEMESTER 1 EDISI REVISI TAHUN 2018



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                 :  SMA Negeri 2 Boyolali
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      :  X/ 1
Materi Pokok                        :  Hikayat
Alokasi Waktu                      :  4 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti (KI)

KI- 1  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI-2  Memahami dan menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humainora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI-3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
                            
             KI-4   Mengolah, menalar, dan menyaji dala ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan 

RPP TEKS ANEKDOT KELAS X SEMESTER 1 KD 3.6 DAN 4,6



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 



Satuan Pendidikan      : SMA

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester          : X /  1 ( Ganjil)

Materi Pokok              : Teks Anekdot

Alokasi Waktu        : 8 x 45 menit 

A.    Kompetensi Inti .

1.    . Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2.      Menunjukkan  perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3.      Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

RPP TEKS ANEKDOT KELAS X SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)


Sekolah                           :       SMA Negeri 2 Boyolali

Mata pelajaran               :       Bahasa Indonesia (Wajib)

Kelas/Semester              :       X/ 1

Alokasi Waktu                :       8 × 45 menit 

A.   Kompetensi Inti

KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

RPP TEKS EKSPOSISI KD 3.4 DAN 4.4 KELAS X SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)

Sekolah                             :       SMA Negeri 2 Boyolali
Mata pelajaran                  :       Bahasa Indonesia (Wajib)
Kelas/Semester                  :       X/ 1
Alokasi Waktu                  :       8 × 45 menit (4X Pertemuan)

A.   Kompetensi Inti
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

RPP TEKS EKSPOSISI KD 3.3 DAN 4.3 KELAS X SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       :    SMA Negeri 2 Boyolali

Mata pelajaran            :    Bahasa Indonesia

Materi Pokok              :   Teks Eksposisi

Kelas/Semester           :    X/ 1

Alokasi Waktu            :    8 x 45 menit


A.      Kompetensi Inti (KI)

KI   1   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI   2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI   3   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI   4   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan