18 June 2018

RPP TEKS HIKAYAT KD 3.7 DAN 4.7 KELAS X SEMESTER 1 EDISI REVISI TAHUN 2018



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                 :  SMA Negeri 2 Boyolali
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                      :  X/ 1
Materi Pokok                        :  Hikayat
Alokasi Waktu                      :  4 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti (KI)

KI- 1  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI-2  Memahami dan menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humainora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI-3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
                            
             KI-4   Mengolah, menalar, dan menyaji dala ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan 

      B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
             Kompetensi Dasar dan Indikator


Kompetensi Dasar
Indikator / IPK

3.7 Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.

3.7.1 Mengidentifikasi pokok-pokok isi hikayat
3. 7.2 Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat/hikayat
3.7.2 Mengidentifikasi nilai sosial, nilai agama,  nilai budaya, nilai moral dalam cerita rakyat
3.7.4 Mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini.
4.7 Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.
4.7.1 Menuliskan kembali hikayat  yang telah dibaca/didengar dengan bahasa sendiri dalam bentuk teks eksposisi, baik secara lisan maupun tulis.
4.7.2 Mempresentasikan teks eksposisi berdasarkan isi dan nilai-nilai hikayat yang telah disusun.

C.    Tujuan Pembelajaran
      Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model pembelajaran diskoveri, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri atau karakteristik hikayat, dan mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam hikayat dengan pola penyajian karakter  tokohnya dan nilai nilai yang terdapat dalam hikayat dengan rasa ingin tahu, responsif, dan tanggung jawab selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri, serta pantang menyerah.

     Pertemuan 2: Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan diskusi dan penugasan, peserta didik  terampil mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat dan menjelaskan kesesuaian nilai-nilai dalam hikayat dengan kehidupan saat ini dalam teks eksposisi lisan maupun tulisan hikayat dengan rasa ingin tahu, responsif, dan tanggung jawab selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri, serta pantang menyerah.

D.    Materi Pembelajaran
o   Teks hikayat
o   Nilai-nilai teks hikayat
o   Identifikasi nilai-nilai teks hikayat.
o   Kesesuaian nilai-nilai dengan kehidupan saat ini

E.  Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan               : Pedagogi genre,  Saintifik approach, CILL
Model                       : discovery learning
Metode                     : penugasan, tanya jawab, diskusi.

  1. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
    1. Media :
§  Internet
§  Multimedia
    1. Alat/bahan
§  LCD, laptop
§  Naskah Anekdot

 G. Bahan dan Sumber Belajar
  1. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
  2. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
  3. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya. 
H.    Kegiatan Pembelajaran
       ( 4 X 45 Menit = 180 Menit )

Kegiatan
Deskripsi
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi waktu

    Pendahuluan





·     Peserta didik dikondisikan untuk merespon salam dan berdoa sebelum belajar.
·     Peserta didik meresponapersepsi yang disampaikan pendidik dengan pertanyaan pernahkah membaca cerita rakyat? berasal dari daerah mana cerita rakyat itu?, dan menceritakan tentang apa cerita rakyat itu?.
·     Peserta didik menerima informasi tentang materi dan tujuan yang akan dipelajari serta kegiatan pembelajaran yang akan dipelajari dalam teks hikayat.


Religius


Rasa ingin tahu

15 Menit
      Inti

 Stimulation       (stimulasi/Pemberian rangsangan)

Discovery
·     Membagi kelompok berdasarkan kriteria tertentu
·     Memberikan contoh teks cerita rakyat
·     Membaca dan memahami teks cerita rakyat / hikayat


Literasi

Kerja sama (Collaborative)
30 menit
Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)


Peserta didik menyimak penjelasan pendidik untuk berdiskusi menentukan::
·             Pokok-pokok isi hikayat
·             Karakteristik teks hikayat
·             Mengidentifikasi nilai nilai teks hikayat
·             Mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini.
·             Menuliskan kembali hikayat  yang telah dibaca/didengar dengan bahasa sendiri dalam bentuk teks eksposisi, baik secara lisan maupun tulis.



Berpikir kritis (Critical thinking)









Kreativitas (Creativity)
30 menit
Data prosesing
(Pengolahan data)





Peserta didik mendiskusikan data yang didapat dari teks hikayat berupa:
o   Merumuskan pokok-pokok isi hikayat
o   Merumuskan karakteristik hikayat.
o   Mengidentifikasi nilai-nilai hikayat
o   Mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini.
o   Menuliskan kembali hikayat  yang telah dibaca/didengar dengan bahasa sendiri dalam bentuk teks eksposisi, baik secara lisan maupun tulis.

Kerja sama
Berpikir kritis









Kreativitas (Creativity)







35 menit
Verification (Pemeriksaan  data)






Masing masing kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil kelompoknya dalam diskusi kelas untuk menferifikasikan hasil kerjanya, kelompok lain memberikan tanggapan meliputi:
·             Pokok-pokok isi hikayat
·             Karakteristik teks hikayat
·             Mengidentifikasi nilai nilai teks hikayat
·             Mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini.
·             Menuliskan kembali hikayat  yang telah dibaca/didengar dengan bahasa sendiri dalam bentuk teks eksposisi, baik secara lisan maupun tulis.


Komunikatif

(Communicative)


40 menit
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)



Di bawah bimbingan pendidik peserta didik menyimpulkan
o   Pokok-pokok isi hikayat
o   Karakteristik teks hikayat
o   Mengidentifikasi nilai nilai teks hikayat
o   Mengidentifikasi nilai-nilai dalam hikayat yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini.
o   Menuliskan kembali hikayat  yang telah dibaca/didengar dengan bahasa sendiri dalam bentuk teks eksposisi, baik secara lisan maupun tulis.



Kreativitas (Creativity)
15 menit
Penutup




Kegiatan pendidik bersama peserta didik yaitu:
·    Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
·    Melaksanakan penilaian
·    Melakukan  kegiatan  tindak  lanjut  dalam  bentuk  pemberian  tugas, baik tugas individual maupun kelompok.
·    Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.





HOTS

15 menit


I.       Teknik Penilaian
1.      Kompetensi keagamaan dan sosial
a)Teknik penilaian                   : observasi/ pengamatan
b)Bentuk                                : catatan hasil observasi
c)Instrumen                            : jurnal (terlampir)
2.      Kompetensi Pengetahuan:
a)      Teknik penilaian               :tes
b)      Bentuk Penilaian              :Tes lisan (kuis) dan penugasan indiividu dan kelompok.
c)      Instrumen penilaian          : kuis (daftar soal) dan lembar kerja. (terlampir)
3.      Kompetensi keterampilan :
a)Teknik penilaian                  :penugasan.
b)Bentuk                                :tugas tertulis.
c)Instrumen penilaian             :lembar kerja dan penilaian presentasi
4.      Remedial
a)      Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b)      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c)      Tugas remedial, dilakukan sebanyak 3 kali  yaitu dengan cara menugaskan kepada peserta didik untuk membenahi tugas yang telah dikerjakan sehingga memenuhi ketentuan yang ditetapkan.
5.      Pengayaan
             Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan
              pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a)      Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
b)      Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                    Guru Mata Pelajaran



Suyanta, S.Pd., M.Pd.                                    Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 1996505041989031014                          NIP 197207081998011001                           


0 komentar:

Post a Comment