19 June 2018

PROGRAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA/SMK




PROGRAM SEMESTER
                                                                            Mata Pelajaran     :  Bahasa Indonesia
                                                                            Kelas / Semester :  XI / 1
                                                                            Tahun Pelajaran   :  2018/2019
No. Tema / Kompetensi Dasar Jml. Juli Agustus September Oktober November Desember
Jam 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4
1 3.1. Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur 2 2 JEDA SEMESTER PTS P A S P A S PASCA PAS LIBUR AKHIR SEMESTER LIBUR AKHIR SEMESTER
2 4.1. Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis 4 2 2
3 3.2. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur 2 2
4 4.2. Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan 4 2 2
5 3.3. Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis 2 2
6 4.3. Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis 4 2 2
7 3.4. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi 2 2
8 4.4. Memproduksi teks eksplanasi secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan 4 2 2
9 3.5. Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah 2 2
10 4.5. Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah 4 2 2
11 3.6. Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah 2 2
12 4.6. Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat 4 2 2
13 3.7. Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca 2 2
14 4.7. Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) 2 2
15 3.8. Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca 2 2
16 4.8. Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek 4 2 2
17 3.9. Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek 2 2
18 4.9. Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen 4 2 2
19 3.10. Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca 2 2
20 4.10. Mempertunjukkan kesan pribadi terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat 4 2 2
21 3.11. Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca 2 2
22 4.11. Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca 4 2 2
JUMLAH 64 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 2 2
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah,





Guru Bahasa Indonesia,
Suyanta, S.Pd., M.Pd.
Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014 NIP  197207081998011001


UNDUH FILE EXCEL PROGRAM SEMESTER KLIK https://drive.google.com/open?id=1ZDyMo5kY96W5gsKXDkGnuIoJ8u8oXsMq

RPP LENGKAP BAHASA INDONESIA SMA/SMK KELAS X SEMESTER 1 EDISI REVISI TAHUN PELAJARAN 2018/2019



RPP LENGKAP BAHASA INDONESIA SMA/SMK KELAS X SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 
(INTEGRASI PPK, LITERASI, 4C, HOTS) 


2. RPP KD 3.2 DAN 4.2 TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/rpp-teks-laporan-hasil-observasi-kelas.html







9. RPP KD 3.9 DAN 4.9 MENYUSUN LAPORAN BUKU NONFIKSI DAN FIKSI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/rpp-kd-39-dan-49-menyusun-laporan-buku.html 




UNDUH RPP BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI

Unduh RPP Kelas X Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

1. RPP Teks Laporan Hasil Observasi KD 3.1 dan 4.1 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-laporan-hasil-observasi.html

2. RPP Teks Laporan Hasil Observasi KD 3.2 dan 4.2 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-semester-1-tahun-pelajaran.html







B. RPP KELAS X SEMESTER 2 (file word)









9. RPP Buku Pengayaan Fiksi/Nonfiksi KD 3.18 dab 4.18 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/rpp-analisis-buku-fiksi-dan-nonfiksi.html



RPP Kelas XI Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020












B. RPP KELAS XI SEMESTER 2 (file word)







Baca Dan Unduh Rpp Kelas XII Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

1. RPP Teks Surat Lamaran Pekerjaan KD 3.1 dan 4.1 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-xii.html

2. RPP Teks Surat Lamaran Pekerjaan KD 3.2 dan 4.2 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-tahun.html







B. RPP KELAS XII SEMESTER 2 (file word)



3. RPP Teks Kritik dan Esai KD 3.12, 4.12, 3.13, dan 4.13 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-kritik-dan-esai-kelas-xii.html



RPP KD 3.9 DAN 4.9 MENYUSUN LAPORAN BUKU NONFIKSI DAN FIKSI KELAS X SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMA Negeri 2 Boyolali                          
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: X/Ganjil
Materi Pokok
: Buku pengayaan (nonfiksi) dan Fiksi
Alokasi Waktu
: 6 x 45 Menit (2X pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
K1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
K2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

RPP MENGUBAH TEKS HIKAYAT MENJADI CERPEN KD 3.8 DAN 4.8 KELAS X SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
            

                        Nama Sekolah             : SMA Negeri 2 Boyolali

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester          : X/1

Materi Pokok              : Hikayat dan Cerpen

Alokasi Waktu            : 6 x 45 Menit

  

A.    Kompetensi Inti

KI- 1  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI-2  Memahami dan menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humainora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradapan terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI-3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah                            

             KI-4   Mengolah, menalar, dan menyaji dala ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

Kompetensi Dasar
Indikator
3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.

3.8.1 Membandingkan penggunaan bahasa dalam  cerpen dan hikayat.
3.8. 2. Membandingkan nilai-nilai dalam teks hikayat dan dalam cerpen.

4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
4.8.1 Membandingkan alur cerita dalam hikayat dan cerpen
4.8.2 Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
4.8.3 Mempresesntasikan teks cerpen yang disusun.