KETERAMPILAN
MENULIS
(Ringkasan
Materi KKB-1)
1. Pengertian
Menulis
Rusyana
(1984:191), memberikan batasan bahwa kemampuan menulis atau mengarang adalah
kemampuan menggunakan pola pola bahasa dalam tampilan tertulis untuk
mengungkapkan gagasan atau pesan.
2. Karakteristik
Keterampilan Menulis
a.
Empat karakteristik keterampilan menulis yang
sangat menonjol, yakni;
b.
keterampilan menulis merupakan kemampuan yang
komplek;
c.
keterampilan menulis condong ke arah skill atau
praktik;
d.
keterampilan menulis bersifat mekanistik;
e.
penguasaan keterampilan menulis harus melalui
kegiatan yang bertahap atau akumulatif.
3. Tahap-Tahap
Menulis
Menurut Sabarti
dkk. (1995:6), secara teoretis proses penulisan meliputi tiga tahap utama,
yaitu prapenulisan, penulisan, dan revisi
4. Proses
Penulisan
a.
Draf kasar; membuat draf dimulai dengan
menelusuri dan mengembangkan gagasan-gagasan..
b.
Berbagi; sebagai penulis kita sangat dekat
dengan tulisan sehingga sulit untuk menilai secara objektif. Oleh sebab itu,
kita perlu meminta orang lain untuk membaca dan memberikan umpan balik..
c.
Penulisan kembali; tulis kembali tulisan Anda,
masukkan isi yang baru dan perubahan-perubahan penyuntingan.
d.
Evaluasi; periksalah kembali untuk memastikan
bahwa Anda telah menyelesaikan apa yang Anda rencanakan dan apa yang ingin
Anda. sampaikan. Walaupun ini merupakan proses yang terus berlangsung, tahap
ini menandai akhir proses menulis.
5. Jenis-Jenis
Paragraf Berdasarkan Tujuan Penulisan
a.
Eksposisi: bentuk karangan yang berusaha
menerangkan, menguraikan atau menganalisis suatu pokok pikiran yang dapat
memperluas pengetahuan dan pandangan seseorang
b.
Deskripsi: penggambaran dengan katakata suatu
benda, tempat, suasana atau keadaan
c.
Narasi: corak tulisan yang bertujuan
menceritakan rangkaian peristiwa atau pengalaman manusia (tokoh) berdasarkan
perkembangan dari waktu ke waktu
d.
Argumentasi: corak tulisan yang bertujuan
membuktikan pendapat penulis atau
meyakinkan agar menerima pendapatnya
e.
Persuasi : Karangan yang bertjuan membujuk atau
mengajak pembaca untuk melakukan sesuatu hal yang disampaikan oleh penulis.
MODUL LENGKAP, SOAL KK PROFESIONAL BACA DI SINIMODUL LENGKAP, LK, SOAL KK PEDAGOGIK BACA DI SINI
Sumber:
Wibowo, Hari dkk.
2016. Ragam Bahasa dan Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik
dan Tenaga Kependidikan Bahasa, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga
Kependidikan
0 komentar:
Post a Comment