UNDUH RPP BAHASA INDONESIA SMA KURIKULUM 2013 EDISI
REVISI
Unduh RPP Kelas X Semester 1 Tahun Pelajaran
2019/2020
1. RPP Teks Laporan Hasil Observasi KD 3.1 dan 4.1
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-laporan-hasil-observasi.html
2. RPP Teks Laporan Hasil Observasi KD 3.2 dan 4.2
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-semester-1-tahun-pelajaran.html
3. RPP Teks Eksposisi KD 3.3 dan 4.3 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-word-rpp-teks-eksposisi-kd.html
4. RPP Teks Anekdot KD 3.5 dan 4.5 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-anekdot-kelas-x-semester.html
5. RPP Teks Anekdot KD 3.6 dan 4.6 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-kelas-x-semester-1-tahun.html
6. RPP Teks Hikayat KD 3.7 dan 4.7 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-hikayat-dilengkapi.html
7. RPP Teks Hikayat KD 3.8 dan 4.8 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/contoh-rpp-bahasa-indonesia-model-pbl.html
8. RPP Buku Pengayaan/Literasi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-file-rpp-literasi-buku-pengayaan.html
B. RPP KELAS X SEMESTER 2 (file
word)
1. RPP Teks Negosiasi KD 3.10 dan
4.10 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-x.html
2. RPP Teks Negosiasi KD 3.11 dan
4.11 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/rpp-teks-negosiasi-kd-311-dan-411.html
3. RPP Teks Debat KD 3.12 dan 4.12
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/rpp-kelas-x-semester-2-tahun-pelajaran.html
4. RPP Teks Debat KD 3.13 dan 4.13
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/rpp-teks-debat-kurikulum-2013-edisi.html
5. RPP Teks Biografi KD 3.14 dan
4.14 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/rpp-teks-biografi-kelas-x-semester-2.html
6. RPP Teks Biografi KD 3.15 dan
4.15 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/rpp-teks-biografi-kd-315-dan-415-kelas.html
7. RPP Teks Puisi KD 3.16 dan 4.16
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/rpp-kelas-x-semester-2-bahasa-indonesia.html
8. RPP Teks Puisi KD 3.17 dan 4.17
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/rpp-teks-puisi-kd-317-dan-417-kelas-x.html
9. RPP Buku Pengayaan
Fiksi/Nonfiksi KD 3.18 dab 4.18 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/01/rpp-analisis-buku-fiksi-dan-nonfiksi.html
RPP Kelas XI Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020
1. RPP Teks Prosedur KD 3.1 dan 4.1 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/rpp-teks-prosedur-tahun-pelajaran.html
2. RPP Teks Prosedur KD 3.2 dan 4.2 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi.html
3. RPP Teks Eksplanasi KD 3.3 dan 4.3 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-eksplanasi-kd-33-dan-43.html
4. RPP Teks Eksplanasi KD 3.4 dan 4.4 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-rpp-teks-eksplanasi-dan-soal.html
5. RPP Teks Ceramah KD 3.5 dan 4.5 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-word-rpp-kelas-xi-semester-1.html
6. RPP Teks Ceramah KD 3.6 dan 4.6 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-file-word-rpp-kelas-xi-semester-1.html
7. RPP Buku Pengayaan/Literasi KD 3.7 dan 4.7 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-buku-pengayaan-nonfiksi-kelas.html
8. RPP Teks Cerpen KD 3.8 dan 4.8 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-teks-cerpen-model-problem.html
9. RPP Teks Cerpen KD 3.9 dan 4.9 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi.html
B. RPP KELAS XI SEMESTER 2 (file
word)
1. RPP Teks Proposal Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-proposal-kelas-xi-semseter-2.html
2. RPP Teks Karya Ilmiah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-karya-ilmiah-kelas-xi-semester.html
3. RPP Teks Resensi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-resensi-kelas-xi-semester-2.html
4. RPP Teks Drama Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi-semester.html
Baca Dan Unduh Rpp Kelas XII Semester 1 Tahun
Pelajaran 2019/2020
1. RPP Teks Surat Lamaran Pekerjaan KD 3.1 dan 4.1
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/rpp-bahasa-indonesia-sma-kelas-xii.html
2. RPP Teks Surat Lamaran Pekerjaan KD 3.2 dan 4.2
Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-tahun.html
3. RPP Teks Cerita/Novel Sejarah KD 3.3 dan 4.3 Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-cerita-sejarah-file-word.html
4. RPP Teks Cerita/Novel Sejarah KD 3.4 dan 4.4 Klik
https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-semester-1-tahun-pelajaran_23.html
5. RPP Teks Editorial KD 3.5 dan 4.5 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/unduh-rpp-teks-editorial-dan-soal-un.html
6. RPP Buku Pengayaan KD 3.7 dan 4.7 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-literasi-kd-37-dan-47-isi.html
7. RPP Teks Novel KD 3.8 dan 4.8 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-kd.html
8. RPP Teks Novel KD 3.9 dan 4.9 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2019/07/unduh-rpp-kelas-xii-kd-39-dan-49-bahasa.html
B. RPP KELAS XII SEMESTER 2 (file word)
1. RPP Teks Artikel KD 3.10 dan
4.10 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-bahasa-indonesia-teks-artikel-kelas.html
2. Rpp Teks Artikel KD 3.11 dan
4.11 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-artikel-kd-311-dan-411-kelas.html
3. RPP Teks Kritik dan Esai KD
3.12, 4.12, 3.13, dan 4.13 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-teks-kritik-dan-esai-kelas-xii.html
4. RPP Buku Pengayaan KD 3.14 dan
4.14 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-semester.html
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Singgasana 5
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII/2
Materi Pokok : Teks Surat Pribadi dan Surat Dinas
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit (4 x Tatap Muka )
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab
dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, dan kawasan regional.
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat
teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
teori.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
||
3.11
|
Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan,
permintaan, dan/atau
permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar
|
3.11.1
3.11.2
3.11.3
3.11.4
|
Menentukan informasi dalam surat pribadi
Menentukan informasi dalam surat dinas
Menjelaskan ciri-ciri isi surat pribadi
Menjelaskan
ciri-ciri isi surat dinas
|
4.11
|
Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan,
dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau
diperdengarkan
|
4.11.1
4.11.2
4.11.3
4.11.4
|
Menjawab pertanyaan tentang
isi surat pribadi
Menjawab pertanyaan
tentang si surat dinas
Menyimpulkan isi surat
pribadi
Menyimpulkan isi surat
dinas
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Setelah
mengikuti pembelajaran tentang surat pribadi
dan surat dinas, siswa diharapkan dapat:
1.
menentukan informasi dalam surat pribadi secara benar .
2.
menentukan informasi
surat dinas secara benar.
Pertemuan Kedua
Setelah
mengikuti pembelajaran surat
pribadi dan surat dinas, siswa diharapkan dapat:
1.
menjelaskan ciri-ciri isi surat pribadi secara benar.
2.
menjelaskan ciri-ciri isi surat dinas secara benar.
Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti pembelajaran surat pribadi dan surat dinas dengan, siswa
diharapkan dapat:
1. menjawab pertanyaan tentang
isi surat pribadi dengan benar.
2. menjawab pertanyaan
tentang isi surat dinas dengan benar.
Pertemuan Keempat
Setelah mengikuti pembelajaran surat pribadi dan surat dinas, siswa
diharapkan dapat:
1. menyimpulkan isi surat
pribadi secara benar.
2. menyimpulkan
isi surat dinas secara benar.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian surat
2. Tujuan komunikasi surat
3. Bagian surat pribadi
4. Bagian surat dinas
5. Struktur kebahasaan surat dinas
E. METODE/MODEL PEMBELAJARAN
-
Saintifik
F.
MEDIA/ALAT,
BAHAN
1.
Media::
-
LCD
proyektor
2.
Bahan
:
a.
Film
“Surat Kecil untukTuhan” bagian 1.
b.
Teks
surat pribadi
c.
Teks
surat dinas
G.
SUMBER
BELAJAR
Harsiati,.Titik dkk.2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas. Jakarta: Pusat Kurikulum
dan Perbukuan Kementerian, Balitbang, Kemdikbud, Hlm, 243-253.
Harsiati,.Titik dkk. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas 7. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan
Kementerian, Balitbang, Kemdikbud. Hlm, 117-121.
Kemdikbud. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia edisi 4. Badan Jakarta:
Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. .
Wahyudi, Johan. 2011. Terampil Menulis Surat. Solo: Tiga Serangkai.
H.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan
berdoa.
-
Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
-
Guru menyampaikan KD, indikator, dan
tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
-
Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah
kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
-
Guru menayangkan judul “Surat Kecil untuk
Tuhan”.
-
Siswa menuliskan prediksi isi film berdasarkan judul tersebut.
-
Guru menayangkan potongan film “Surat
Kecil untuk Tuhan”.
-
Siswa mengidentifikasi
isi bagian film yang ditayangkan. (literasi
media)
-
Siswa mengidentifikasi karakter yang
dapat diteladani dari potongan film yang ditayangkan. (PPK)
-
Siswa menyimpulkan isi bagian film yang
ditayangkan. (literasi media).
-
Guru menanyakan keterkaitan tayangan film
dengan materi yang akan diajarkan.
-
Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok yang terdiri dari empat orang.
-
Siswa dalam kelompok mengamati teks surat pribadi dan teks surat dinas.
-
Dengan dipandu guru, siswa
membuat pertanyaan secara berkelompok
mengenai informasi dalam surat pribadi dan surat dinas. (4 C)
-
Masing-masing kelompok mencari informasi dari
berbagai sumber informasi atau berdiskusi dengan anggota kelompoknya tentang
surat pribadi dan surat dinas. (4C)
-
Siswa menuliskan informasi yang
diperoleh dari teks surat pribadi dan surat dinas.
-
Siswa mempresentasikan hasil kerja diskusi kelompok di depan kelas. (4C)
-
Siswa lain diberi kesempatan
untuk menyampaikan tanggapan. (4C)
|
60’
|
Penutup
|
-
Guru memberi penguatan terkait
dengan materi yang telah dipelajari.
-
Siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
-
Siswa menerima tugas dari guru untuk
menemukan informasi dari surat pribadi dan surat dinas. (HOTS)
-
Siswa merefleksi proses KBM
yang berlangsung.
-
Guru beserta siswa mengakhiri
kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha
Esa. (PPK)
|
10’
|
Pertemuan Kedua
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan
berdoa.
-
Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang akan dilakukan.
-
Guru memberikan motivasi kepada siswa
-
Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah
kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
-
Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok yang terdiri atas empat orang.
-
Siswa membaca dua teks surat
pribadi dan dinas secara berkelompok
(literasi)
-
Setiap kelompok mengidentifikasi
ciri isi surat pribadi dan surat dinas
-
Siswa menuliskan informasi dari
dua teks surat dinas.
-
Dengan dipandu guru, siswa
membuat pertanyaan secara berkelompok mengenai ciri-ciri isi surat pribadi dan surat
dinas.
-
Siswa menukarkan hasil kerja
dengan hasil kerja kelompok lain.
-
Setiap kelompok memberikan
penilaian atas hasil kelompok lain.
-
Setiap kelompok menyampaikan
hasil penilaiannya, kelompok lain menanggapi.
|
60’
|
Penutup
|
-
Siswa dan guru menyimpulkan
hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
-
Siswa menerima tugas dari guru,
yaitu membaca contoh-contoh surat pribadi dan surat dinas dari berbagai
sumber.
-
Guru beserta siswa mengakhiri
kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha
Esa.
|
10’
|
Pertemuan Ketiga
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan
berdoa.
-
Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
-
Guru menyampaikan KD, indikator, dan
tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
-
Guru memberikan motivasi kepada siswa
-
Guru dan siswa menyepakati langkah-
langkah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
-
Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok yang terdiri atas 4 orang.
-
Siswa dalam kelompok membaca
beberapa teks surat pribadi.
-
Dengan dipandu guru, siswa
membuat pertanyaan secara berkelompok mengenai isi surat pribadi surat
dinas yang dibaca
-
Siswa mempresentasikan hasil
diskusi kelompok di depan kelas.
-
Siswa lain diberi kesempatan
untuk menyampaikan tanggapan tentang isi surat pribadi.
|
60’
|
Penutup
|
-
Guru memberi penguatan terkait
dengan materi yang telah dipelajari.
-
Siswa dan guru menyimpulkan
hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
-
Siswa diberi tugas untuk
menyimpulkan isi surat pribadi dan surat
dinas dari berbagai sumber.
-
Guru beserta siswa mengakhiri
kegiatan belajar mengajar dengan mengucap syukur.
|
10’
|
Pertemuan Keempat
Langkah/
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan
mengucapkan salam.
-
Guru menanyakan ketidakhadiran siswa.
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru memberikan motivasi kepada siswa.
-
Guru menyampaikan langkah- langkah
kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
|
1 10’
|
Kegiatan Inti
|
-
Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok yang terdiri atas empat orang.
-
Siswa dalam kelompok membaca
teks surat dinas.
-
Masing-masing kelompok mencari
informasi dari berbagai sumber informasi atau berdiskusi untuk menyimpulkan
isi surat pribadi dan surat dinas
-
Siswa mempresentasikan simpulan
isi surat pribadi dan surat dinas di depan kelas.
-
Siswa lain diberi kesempatan
untuk menyampaikan tanggapan tentang simpulan isi surat pribadi
dan surat dinas.
|
60’
|
Penutup
|
-
Siswa dan guru menyimpulkan
hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
-
Siswa diberi tugas untuk
menyimpulkan isi surat pribadi dan surat dinas dari berbagai sumber.
-
Guru dan siswa mengakhiri
kegiatan belajar mengajar mengucap salam.
|
10’
|
I.
PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN
PENGAYAAN
1.
Teknik
Penilaian
a.
Sikap
(spiritual dan sosial)
Observasi
(jurnal)
b.
Pengetahuan
1)
Tes
tertulis (Uraian)
2)
Penugasan (Lembar Kerja)
c.
Keterampilan
:
Praktik (Penilaian
Praktik)
2. Pembelajaran Remedial
Tulis
kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
•
pembelajaran ulang
•
bimbingan perorangan
•
belajar kelompok
•
pemanfaatan tutor
sebaya
bagi
peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis
penilaian.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil
analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi
kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan
dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam
bentuk tugas mengerjakan
soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan
mewawancarai narasumber.
Mengetahui,
Kepala, Guru
Mapel,
Nama Kepsek Nama
Guru
NIP 1234567890 NIP
1234567890
LAMPIRAN MATERI
SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS
A. PENGERTIAN SURAT
Surat adalah
sejenis karangan (komposisi) paparan. Di dalam paparan pengarang menemukan
maksud dan tujuannya, menjelaskan apa yang dipikirkan dan diserahkannya.
Komunikasi tertulis dapat dilakukan dengan macam-macam cara, salah satunya
adalah dengan surat.
Menurut Dra.
Sedarmayanti M. Pd (2001: 162) dalam bukunya ”Dasar-Dasar Pengetahuan Tentang
Manajemen Perkantoran” mengatakan bahwa Surat adalah alat komunikasi tertulis
yang berasal dari satu pihak dan ditujukan kepada pihak lain untuk menyampaikan
berita. Menurut I. G. Warsanto (1997: 120) surat adalah sejenis warkat yang
dipergunakan sebagai sarana komunikasi tertulis antara pihak pertama dengan
pihak lain dengan mempergunakan kertas berukuran tertentu.
Dari berbagai definisi diatas
dapat ditarik simpulan bahwa surat merupakan salah satu bentuk komunikasi
tertulis yang dilaksanakan dengan menggunakan sehelai kertas/lebih. Surat berisikan informasi yang berasal dari
satu pihak kepada pihak lainnya, antar pribadi, kedudukannya, dalam organisasi/badan
pemerintahan. Surat dapat menghubungkan seseorang dengan kelompok atau
menghubungkan kelompok dengan seseorang yang berjauhan.
Surat menyurat
yang ada dalam masyarakat banyak ragamnya baik dilihat dari sisi dan tujuan
maupun wujud dan sifatnya. Dari laman http://www.landasanteori.com/2015/07/pengertian-surat-fungsi-jenis-menurut.html untuk memudahkan mengetahui macam/jenis surat
kita dapat meninjau dari berbagai segi.
Menurut sifat isi
dan asalnya, surat dibedakan menjadi:
1. Surat Dinas adalah
surat yang digunakan oleh instansi-instansi pemerintah baik sipil maupun
militer untuk kepentingan tugas dinas.
2. Surat Niaga/Bisnis
adalah surat yang digunakan di kalangan lembaga-lembaga usaha.
3. Surat Pribadi
adalah surat yang dikirimkan oleh sesorang secara pribadi kepada seseorang
pribadi atau seorang petugas lembaga.
4. Surat yang isinya
masalah sosial adalah surat yang dibuat oleh lembaga-lembaga sosial.
B.
TUJUAN
KOMUNIKASI SURAT
Surat memiliki banyak fungsi/tujuan. Sebagai sebuah
sarana pemberitahuan, surat bisa digunakan untuk menyampaikan hal-hal tertentu
seperti pemikiran dan gagasan. Sebagai bukti tertulis, dalam hal ini digunakan
sebagai bukti otentik dalam bentuk dokumen yang isinya bisa dipertanggung
jawabkan (bisa dipercaya). Pedoman kerja, maksudnya adalah untuk menyampaikan
langkah-langkah kerja dan digunakan sebagai pedoman dalam melakukan pekerjaan
tertentu. Alat pengingat, yaitu digunakan sebagai kumpulan data yang bisa
mengingatkan penerima mengenai suatu hal, dalam hal ini surat disimpan dan
sewaktu-waktu akan dibutuhkan lagi untuk mengingatkan penerimanya. Sebagai
bukti historis, merupakan bukti kronologis(perjalanan) yang jelas
C.
SURAT
PRIBADI
1.
Ciri-ciri surat
pribadi
a. Berkaitan dengan kepentingan pribadi
b. Tidak ada kepala suratnya
c. Bahasa yang dipergunakan adalah bahasa tidak resmi
d. Tidak ada pokok suratnya
e. Terdapat nama tempat penulisan surat
2.
Mengurutkan
bagian-bagian surat pribadi
a.
Tempat dan tanggal
surat
b.
Nama dan alamat yang
dituju
c.
Salam pembuka
d.
Isi
e.
Salam penutup
f.
Nama dan tanda tangan
pembuat surat
D.
SURAT
DINAS
1.
Definisi Surat Dinas
a. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), surat dinas didefinisikan
sebagai surat yang dikirimkan oleh kantor pemerintah.
b. Surat dinas merupakan sarana komunikasi tertulis untuk menyampaikan informasi
dari seseorang, organisasi, instansi, maupun swasta kepada pihak lain.
c. Surat dinas adalah surat yang dibuat oleh lembaga atau seseorang untuk urusan
resmi.
2.
Fungsi surat dinas antara lain:
a. sebagai sarana untuk menyampaikan permohonan, pemberitahuan, pemikiran;
alat bukti tertulis dan alat pengingat;
b. bukti sejarah, contohnya surat-surat bersejarah; dan
c. pedoman kerja, misalnya surat keputusan.
3.
Bagian-bagian Surat Dinas
Kepala Surat
Kepala surat umumnya terdiri atas nama instansi, alamat lengkap, nomor telepon, kodepos, dan logo instansiterkait.
Kepala surat umumnya terdiri atas nama instansi, alamat lengkap, nomor telepon, kodepos, dan logo instansiterkait.
Contoh kepala surat adalah sebagai berikut.
PT Muara Senja
Jalan Tendean Raya No. 82 Bogor, 13728 Telepon (0252) 63873672 |
Tanggal Surat
Tanggal surat mencakup tanggal (ditulis angka), bulan (ditulis huruf),
dan tahun (ditulis angka). Tanggal surat ditulis di bagian pojok kanan atas surat.
Pada bagian ini, tidak perlu mencantumkan kota karena nama kota sudah disebutkan
di kepala surat.
Contoh penulisan tanggal surat adalah sebagai berikut.
29
Juli 2016
|
Nomor, Lampiran, dan Perihal
Kata nomor, lampiran, dan perihal (atau seringd isingkat “Hal”) ditulis
dengan huruf awal kapital. Nomor,
lampiran, dan perihal diikuti dengan tanda titikdua. Jika nomor dan lampiran disingkat,
maka penulisannya harus konsisten, yakni “No.” dan “Lamp”. Jika tidak ada yang
dilampirkan, tulisan lampiran tidak perlu dicantumkan. Penulisan nomor,
lampiran, dan hal diletakkan di bagian kiri surat.
Contoh penulisan nomor, lampiran, dan hal adalah sebagai berikut.
Contoh penulisan nomor, lampiran, dan hal adalah sebagai berikut.
Nomor
|
:
|
15/SMPN
2 Purwokerto/09/2016
|
Lampiran
|
:
|
–
|
Perihal
|
:
|
Undangan
|
AlamatSurat
Alamat surat berisi nama dan jabatan orang yang dituju. Penulisan alamat surat bisa di sebelah kanan atas, di bawah tanggal surat, atau di sebelah kiri atas di bawah bagian Hal.
Contoh penulisan alamat surat adalah sebagai berikut.
Alamat surat berisi nama dan jabatan orang yang dituju. Penulisan alamat surat bisa di sebelah kanan atas, di bawah tanggal surat, atau di sebelah kiri atas di bawah bagian Hal.
Contoh penulisan alamat surat adalah sebagai berikut.
Yth.
Orang Tua/Wali Murid Kelas VII
SMPN 45 Surabaya di tempat |
Salam pembuka
Salam pembuka merupakan awal komunikasi dari pengirim kepada penerima surat.
Salam pembuka umumnya ditulis di sebelah kiri di bawah alamat surat.
Isi surat
Isi surat terdiri atas tiga bagian, yaitu pembuka, isi, dan penutup.
Bagian pembuka berisi latar belakang menulis surat. Bagian isi berisi hal utama
yang ingin disampaikan. Bagian penutup berisi kesimpulan, harapan, dan/atau ucapan
terimakasih.
Contoh penulisan isi surat adalah sebagai berikut.
Dengan
terpilihnya kelompok Pramuka SMP Negeri 6 Riau untuk mewakili Jambore Nasional
di Jakarta, saya meminta Bapakselaku pembina pramuka untuk mendampingi siswa pada
acara tersebut yang akan dilaksanakan pada :
|
||
hari,
tanggal
|
:
|
Kamis–Minggu,
1–4 April 2016
|
waktu
|
:
|
Pukul
08.00 s.d.selesai
|
tempat
|
:
|
Bumi
Perkemahan Cibubur, Jakarta
|
Salam Penutup
Salam penutup berisi salam untuk menutup surat.
Salam penutup berisi salam untuk menutup surat.
Pengirim
Bagian ini berisi jabatan, tanda tangan, dan nama pengirim surat.
Bagian ini berisi jabatan, tanda tangan, dan nama pengirim surat.
4. Struktur Kebahasaan Bahasa Surat Dinas
Struktur kebahasaan surat dinas terdiri atas:
- penggunaan kalimat formal dan baku, dan
- penggunaan kata ganti persona, seperti Saya, Saudara, kami, Ibu/Bapak, dsb.
5. Perbedaan Surat Dinas dan Surat Pribadi
Perbedaan surat dinas dan surat pribadi dapat dilihat dari sisi
tujuan penulisan, bahasa yang digunakan, dan bentuknya.
Perbedaan
|
SuratDinas
|
SuratPribadi
|
Tujuan
Penulisan
|
Ditujukan
untuk pihak formal, misalnya instansidanintitusipemerintah.
|
Ditujukan
untuk pihak nonformal, seperti keluarga, kerabat, teman, dansahabat.
|
Bahasa
|
Menggunakan
bahasa formal dan baku.
|
Menggunakan
bahasa nonformal dan tidak baku, misalnya bahasa percakapan sehari-hari.
|
Bentuk
|
Memiliki
struktur surat yang lengkap, mulaidari kop ataukepalasurat, tanggal, nomor,
lampiran, perihal, alamat tujuan, salam pembuka, isi, salam penutup, dan nama
jelas pengirim.
|
|
DAFTAR PUSTAKA
http://contohsuratindonesia.com/pengertian-surat-resmi-lengkap-fungsi-jenis-dan-ciri-ciri/--diunduh
10 maret 2017
Sedarmayanti.
2001. Dasar-Dasar Pengetahuan Tentang
Manajemen Perkantoran, Edisi Revisi. Bandung: CV. Mandar Maju.
Warsanto,
I. G.1997. Kearsipan I, Cetakan Ketiga,
Jakarta.
http://www.landasanteori.com/2015/07/pengertian-surat-fungsi-jenis-menurut.html
LAMPIRAN
PENILAIAN
1. Penilaian
Sikap
Petunjuk:
a.
Amati perkembangan sikap siswa
menggunakan instrumen jurnal pada setiap pertemuan.
b.
Isi jurnal dengan menuliskan sikap
atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun negatif. Untuk siswa
yang pernah memiliki catatan perilaku kurang baik dalam jurnal, apabila telah
menunjukkan perilaku (menuju) yang diharapkan, perilaku tersebut dituliskan
dalam jurnal (meskipun belum menonjol)
Jurnal
Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMP
Kelas/Semester : VII/2
Tahun Pelajaran : 2017/2018
No.
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir Sikap
|
2. Penilaian Kompetensi
Pengetahuan
a.
Teknik : tes tertulis
b.
Bentuk : uraian
c.
Indikator soal/Kisi-kisi:
No
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk tes
|
No.Soal
|
1.
|
Surat Pribadi
|
Disajikan
surat pribadi, siswa mampu
1.
Menjelaskan tujuan
komunikasi surat.
2.
Menentukan
penerima surat pribadi tersebut.
3.
Menentukan kapan
surat tersebut ditulis.
4.
Menentukan alasan
mengapa surat tersebut ditulis.
5. Mampu menentukan ciri-ciri isi surat pribadi.
|
Uraian
|
1
2
3
4
5
|
No
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk tes
|
No.Soal
|
1.
|
Surat Dinas
|
Disajikan
surat dinas, siswa mampu
1.
Menjelaskan tujuan
komunikasi surat.
2.
Menentukan
penulis surat dinas tersebut.
3.
Menentukan kapan
surat tersebut ditulis.
4.
Menentukan perihal surat tersebut ditulis
5.
Menentukan lembaga
penulis surat
6.
Menentukan isi surat tersebut ditulis
7. Mampu menentukan ciri-ciri isi surat dinas.
|
Uraian
|
1
2
3
4
5
6
7
|
d.
Butir soal :
Bacalah surat pribadi berikut!
Surat 1
Yogyakarta, 10 November 2016
Bapak
Guruku ,
Salam
hormat,
Salam jumpa Pak, bagaimana kabar Bapak ? Saya berharap
Bapak selalu
berada dalam keadaan sehat walafiat. Oh iya Pak, saya ingin menyampaikan
sebuah berita gembira untuk Bapak. Saya berhasil meraih medali emas dalam
Olimpiade Sains Nasional tingkat SMA tahun ini.
Saya ingin menghaturkan terimakasih kepada Bapak atas
didikan dan bimbingannya selama ini. Saya tidak akan pernah melupakan
jasa-jasa Bapak karena Bapak lah yang telah membimbingku menjadi siswa yang
berprestasi.
Tiada kata lelah apalagi putus asa dalam mendidikku.
Bapak selalu melatihku dengan penuh keyakinan dalam hati Bapak. Bapak selalu
memotivasi dan menyakinkan saya untuk menjadi yang terbaik. Kini semua usaha
Bapak selama ini telah terbayar.
Oleh karena itu, saya sangat berterimakasih kepada
Bapak atas jasa-jasa yang telah Bapak berikan kepadaku. Selain itu, saya juga
mengundang Bapak untuk menemani saya dalam penerimaan penghargaan dari
Gubernur. Saya akan menjemput di rumah Bapak sekiranya Bapak berkenan.
Sekian surat ini, balasan surat Bapak sangat saya
nantikan.
.
Salam Hormat,
Moza Saputra
|
Surat 2
Yogyakarta, 9 November 2016
Yth. Bunda di rumah
Salam hormat ananda,
Apa kabar Bunda, semoga Ibunda sehat selalu dan
semoga Bunda selalu di bawah lindungan Allah, Amin. Bunda, ananda di sini
sehat dan baik-baik saja. Ibunda jangan khawatirkan ananda di sini, Insya
Allah ananda bisa jaga diri.
O ya Bunda, di perantauan ini ananda sudah punya
banyak teman. Mereka semua baik terhadap ananda mereka selalu membimbing
ananda dan selalu memberi ananda nasihat agar selalu berusaha keras dan
pantang menyerah. Selain itu, mereka
teman-teman ananda yang baik, jadi bunda tidak usah terlalu memikirkan
ananda. Ananda hanya minta restu Bunda
dan mendoakan ananda agar ananda di perantauan ini sukses.
Sebenarnya anada sudah kangen ingin merebahkan
kepala ananda di pangkuan Bunda, tapi ananda masih belum bisa pulang. Ananda
selalu berdoa untuk Bunda semoga Bunda di sana baik-baik saja.
Ananda baru merasakan bagaimana rasanya jauh dari
seorang ibu, kasih sayang Bunda tak terhingga kepada ananda. Ananda berharap
bisa segera pulang dan ingin segera berbakti pada Bunda walaupun ananda tahu
bakti ananda takkan cukup membalas kasih sayang Bunda.
Udah dulu ya Bunda, jaga diri baik-baik dan sekali lagi ananda di sini baik-baik saja. Ananda tak ingin Bunda terlalu mengkhawatirkan ananda,
Salam bakti ananda untuk bunda.
Hormat Ananda Ttd
Mutiara
|
Jawablah
pertanyaan berikut berdasarkan surat pribadi
tersebut!
No
|
Pertanyaan
|
Surat
1
|
Surat
2
|
1.
|
Apa
tujuan surat tersebut?
|
||
2.
|
Ditujukan kepada
siapakah surat tersebut
|
||
3.
|
Kapan surat
tersebut ditulis?
|
||
4.
|
Mengapa Moza
menulis surat tersebut?
|
||
5.
|
Apa ciri-ciri isi
surat pribadi?
|
Pedoman penskoran
No.
|
Deskriptor
|
Skor
|
1.
|
Dapat
menyebutkan tujuan komunikasi surat
|
3
|
2.
|
Dapat menjawab nama penulis
surat dengan benar
|
2
|
3.
|
Dapat menjawab waktu
penulisan surat dengan benar
|
2
|
4.
|
Dapat menjawab alasan penulisan surat dengan benar
|
4
|
5.
|
Dapat menjawab ciri-ciri isi
surat dengan benar
|
3
|
Nilai = (skor perolehan:skor maksimal 14) x 100
Surat 1
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1234 JAKARTA
ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
Jalan Jaya 123
Jakarta, Telepon (021) 555-12345
20 September 2016
Nomor :
299/smp249/2014
Lampiran : Satu helai
Perihal :
Undangan Wali Murid
Yth. Orang
Tua / Wali Murid
SMP Negeri
1234 Jakarta
Dengan hormat,
Dalam
rangka memeringati hari ulang tahun SMP Negeri 1234 Jakarta, pengurus OSIS
akan melakukan acara pentas kreasi siswa.
Berhubungan dengan hal tersebut kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu
pada
hari /
tanggal :
Senin / 22 september 2014
tempat : Aula Serba Guna SMP Negeri 1234
Mengingat pentingnya acara tersebut, dimohon Bapak/Ibu hadir tepat
pada waktunya.
Atas kehadiran
Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih.
Hormat kami,
Mengetahui,
Kepada SMP Negeri 1234 Jakarta Ketua OSIS
Hanif Nusantara, M.Pd.
Widiatmoko
NIP ....
|
Surat 2
SMP
NEGERI SINGGASANA
ORGANISASI
SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
Jalan
Kaliurang Km 17, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, Telepon (0274)
8954800
Nomor
: 03/OSIS/2017 17
Februari 2017
Lampiran
: -
Perihal
: Permohonan meminjam alat
Yth.
Kepala SMP Negeri Singgasana
di
tempat
Dengan
hormat,
Dalam rangka kegiatan PASCREW di
SMP Negeri 4 Pakem, pengurus OSIS akan mengadakan kegiatan lomba. Untuk
kelancaran kegiatan PASCREW tersebut, kami memohon izin untuk meminjam alat
yang diperlukan pada acara tersebut. Alat-alat yang kami pinjam, yaitu
peluit, bola, raket, dan net.
Acara
pertandingan akan diselenggarakan pada
hari :
Rabu s.d. Jumat,
tanggal : 22 Februari 2017 s.d. 24 Februari 2017,
waktu
: 07.00 s.d. 11.00 WIB,
tempat
: SMP Negeri 4 Pakem.
Demikian surat permohonan ini kami
sampaikan. Atas bantuan Bapak, kami ucapkan terima kasih.
Hormat
kami,
Ketua OSIS Sekretaris
Puti
Shalida Divakaruni Rofi’atul Karomah
|
Jawablah
pertanyaan berikut berdasarkan surat dinas tersebut!
No
|
Pertanyaan
|
Surat
1
|
Surat
2
|
1
|
Apa
tujuan komunikasi surat tersebut?
|
||
2
|
Siapakah penulis surat tersebut?
|
||
3
|
Kapan surat tersebut ditulis?
|
||
4
|
Apa perihal surat tersebut?
|
||
5
|
Apa nama lembaga penulis surat dinas tersebut?
|
||
6
|
Apa isi surat dinas tersebut?
|
||
7
|
Apa ciri-ciri isi surat dinas?
|
Pedoman penskoran
No.
|
Deskriptor
|
Skor
|
1.
|
Dapat
menjawab tujuan komunikasi teks surat dengan benar
|
3
|
2.
|
Dapat menjawab nama penulis
surat dengan benar
|
2
|
3.
|
Dapat menjawab waktu
penulisan surat dengan benar
|
2
|
4.
|
Dapat menjawab tujuan
penulisan surat dengan benar
|
3
|
5.
|
Dapat menjawab nama lembaga
penulis surat dengan benar
|
2
|
6.
|
Dapat menjawab isi surat
dengan benar
|
2
|
7.
|
Dapat menjawab ciri-ciri isi
surat dinas dengan benar
|
3
|
Nilai = (skor perolehan:skor maksimal 17 x 100
Kunci jawaban
Surat Pribadi
No.
|
Surat 1
|
Surat 2
|
1.
|
Mengabarkan keadaan Moza
|
Mengabarkan keadaan Mutiara
|
2.
|
Bapak guru
|
Ibu
|
3.
|
10
November 2016
|
9 November 2016
|
4.
|
Alasan
Moza menulis surat:
a.
ingin menyampaikan sebuah berita gembira untuk
bapak guru karena berhasil meraih medali emas dalam
Olimpiade Sains Nasional tingkat SMA,
b.
ingin menghaturkan terimakasih kepada bapak
guru atas didikan dan bimbingannya selama ini,
c.
bapak selalu
memotivasi dan menyakinkan Moza untuk menjadi
yang terbaik,
d. Moza sangat berterimakasih kepada Bapak guru atas jasa-jasa yang telah diberikan.
Selain itu, Moza juga mengundang bapak
untuk menemani Moza dalam penerimaan penghargaan dari Gubernur.
|
Alasan Mutiara menulis surat:
a.
ingin menceritakan teman
Mutiara
b.
ingin menyampaikan bahwa
Mutiara kangen kepada Ibu
|
5.
|
Menyampaikan informasi terkait
dengan urusan persahabatan dan kekeluargaan
|
Menyampaikan informasi terkait
dengan urusan persahabatan dan kekeluargaan
|
Surat Dinas
No
|
Surat 1
|
Surat 2
|
1
|
Menyampaikan
undangan
|
Menyampaikan
permohonan
|
2
|
Ketua
OSIS (Widiatmoko)
|
Sekretaris OSIS
|
3
|
20 September 2016
|
17
Februari 2017
|
4
|
Undangan
|
Permohonan meminjam alat
|
5
|
OSIS
SMP Negeri 1234 Jakarta
|
OSIS SMP Singgasana
|
6
|
Mengundang
orang tua siswa untuk menyaksikan acara pentas kreasi.
|
Meminjam alat
|
7
|
Isi
surat berkait dengan kedinasan, keorganisasian, kelembagaan
|
Isi
surat berkait dengan kedinasan, keorganisasian, kelembagaan
|
3. Penilaian Kompetensi Keterampilan
a.
Teknik :
kinerja/praktik
b.
Indikator soal/Kisi-kisi:
No
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk tes
|
No.Soal
|
1.
|
Surat Pribadi
|
Disajikan
surat pribadi, siswa mampu
1.
menentukan penulis surat pribadi tersebut.
2.
menentukan penerima surat pribadi tersebut.
3.
menentukan kapan surat pribadi tersebut ditulis
4.
menentukan dimana surat pribadi tersebut ditulis
5.
menentukan isi surat tersebut ditulis
6. mampu menyimpulkan isii surat pribadi.
|
Uraian
|
1
2
3
4
5
6
|
No
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk tes
|
No.Soal
|
1.
|
Surat Dinas
|
Disajikan
surat dinas, siswa mampu
1.
menentukan penulis surat dinas tersebut.
2.
menentukan penerima surat dinas tersebut.
3.
menentukan kapan surat dinas tersebut ditulis
4.
menentukan dimana surat dinas tersebut ditulis
5.
menentukan isi surat tersebut ditulis
6. mampu menyimpulkan isi surat dinas.
|
Uraian
|
1
2
3
4
5
6
|
c.
Butir soal
Cermati
teks surat pribadi berikut kemudian jawab pertanyaannya!
Malaysia, 11
November 2016
Yth.
Ibu Rahmawati
di
Yogyakarta
Salam
hormat selalu,
Ibu Rahma Bagaimana kabar Ibu?
Semoga Ibu sekeluarga senantiasa dalam perlindungan Allah. Ibu mungkin
sedikit kaget menerima surat saya. Saya Hendra, Bu, murid yang pernah Ibu marahi karena tidak
mengerjakan pekerjaan rumah beberapa kali. Masih kuingat ketika Ibu terpaksa
mengundang ibuku ke sekolah. Terima kasih Ibu, sapaan-sapaan Ibu yang kadang
kurasakan begitu keras saat itu, ternyata sungguh bermakna dalam hidup saya.
Semua Ibu lakukan dengan tulus.
Melalui surat ini saya hanya ingin
mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dan perhatian Ibu
sehingga saya memiliki kesempatan mengubah hidup saya
menjadi lebih baik. Alhamdullilah, Bu, saya bisa direkomendasikan oleh kepala sekolah untuk mengikuti
program pertukaran pelajar ini. Saya masih mengharapkan bimbingan dan doa
dari Ibu Rahma semoga kegiatan belajar saya selama mengikuti pertukaran
pelajar bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan.
Mudah-mudahan pada liburan semester
berikutnya saya bisa kembali ke Indonesia dan bersilaturahmi ke rumah Ibu
bersama dengan kedua orang tua saya untuk mengucapkan terima kasih atas
bantuan Ibu selama ini.
Bersama ini pula saya kirimkan
cinderamata dari Malaysia yang saya beli pada saat berkunjung ke Johor.
Mudah-mudahan Ibu berkenan untuk menerimanya.
Demikian
Ibu surat saya dan sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak atas bantuan
Ibu selama ini.
Hormat
saya,
Hendra
|
Setelah membaca teks surat pribadi tersebut, jawablah pertanyaan berikut!
1.
Siapa penulis surat tersebut?
2.
Siapa penerima surat tersebut?
3.
Di mana surat tersebut ditulis?
4.
Kapan surat
tersebut ditulis?
5.
Apa isi surat tersebut?
6.
Tuliskan simpulan isi surat tersebut dalam satu
paragraf!
Pedoman penskoran
No.
|
Deskriptor
|
Skor
|
1.
|
Dapat
menjawab pertanyaan nomor 1 dengan benar
|
2
|
2.
|
Dapat menjawab pertanyaan nomor 2 dengan benar
|
2
|
3.
|
Dapat menjawab pertanyaan
nomor 3 dengan benar
|
2
|
4.
|
Dapat menjawab pertanyaan
nomor 4 dengan benar
|
2
|
5.
|
Dapat menjawab pertanyaan
nomor 5 dengan benar
|
2
|
6.
|
Dapat menjawab pertanyaan
nomor 6 dengan benar
|
5
|
Nilai = (skor perolehan:skor maksimal 15) x 100
Cermati
teks surat berikut kemudian jawab pertanyaannya!
SMK Negeri 1 Klaten
Jalan Sawah Hijau 234 Polokarto Klaten
52398
Telp. (0272) 7120982
___________________________________
22 Februari 2017
No : 019/SMKN 1 Klaten/02/2015
Lampiran
: –
Perihal
: Pemberitahuan kegiatan studi lapangan
Yth. Orang tua / Wali Murid
Kelas XII SMK Negeri 1 Klaten
Dengan hormat,
Untuk menambah pemahaman siswa-siswi SMKN 1
Klaten terutama kelas XII maka tentang permesinan, dengan surat ini kami akan
menyelenggarakan studi lapangan untuk seluruh siswa-siswi kelas XII.
Kegiatan ini akan diselenggarakan pada
hari/tanggal : Senin, 25 Januari 2016
waktu : 08.00 hingga 13.00 WIB
tempat : PT Logam Metal Mulia Klaten
acara : Pengenalan instrumen mesin
Demikian surat pemberitahuan ini kami
sampaikan, untuk perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu kami sampaikan terima
kasih.
Kepala
Sekolah Drs. Suratmo Jiran
NIP 19690505199512 1 001
|
Setelah membaca teks surat dinas tersebut, jawablah
pertanyaan berikut!
1.
Siapa
penulis surat tersebut?
2.
Siapa
penerima surat tersebut?
3.
Di
mana surat itu dibuat?
4.
Kapan
surat itu dibuat?
5.
Apa
isi surat tersebut?
6.
Simpulkan isi surat tersebut dalam satu paragraf!
Pedoman penskoran
No.
|
Deskriptor
|
Skor
|
1.
|
Dapat
menjawab pertanyaan nomor 1 dengan benar
|
2
|
2.
|
Dapat menjawab pertanyaan nomor 2 dengan benar
|
2
|
3.
|
Dapat menjawab pertanyaan
nomor 3 dengan benar
|
2
|
4.
|
Dapat menjawab pertanyaan
nomor 4 dengan benar
|
2
|
5.
|
Dapat menjawab pertanyaan
nomor 5 dengan benar
|
2
|
6.
|
Dapat menjawab pertanyaan
nomor 6 dengan benar
|
5
|
Nilai = (skor perolehan:skor maksimal 15) x 100
ALTERNATIF JAWABAN
Surat Pribadi
1.
Hendra
2.
Ibu Rahmawati di Yogyakarta
3.
Malaysia
4.
Tanggal 11 November 2016
5.
Ucapan
terimakasih atas bantuan dan
perhatian Ibu Rahmawati sehingga Hendra
memiliki kesempatan mengubah hidupnya menjadi lebih baik.
6.
Hendra, ketika di Malysia pada tanggal 11 November
2016, menulis surat kepada Ibu Rahmawati
di Yogyakarta berisi Ucapan terimakasih atas bantuan dan perhatian
Ibu Rahmawati sehingga Hendra memiliki kesempatan mengubah hidupnya
menjadi lebih baik.
Surat Dinas
1. Drs. Suratmo Jiran, Kepala SMKN 1 Klaten
2. Orang tua/ Wali Murid Kelas XII SMK Negeri 1 Klaten
3. Klaten
4. 22 Februari 2017
5. SMK Negeri 1 Klaten berencana akan menyelenggarakan studi
lapangan untuk seluruh siswa kelas XII pada hari/tanggal Senin, 25 Januari 2016, pukul 08.00 hingga 13.00 WIB di PT Logam Metal Mulia Klaten untuk pengenalan instrumen mesin
6. Drs. Suratno Jiran, Kepala SMK Negeri 1 Klaten, pada tanggal 22 Februari
2017 memberitahukan kepada orang tua/wali siswa kelas XII SMK Negeri 1
Klaten
bahwa SMK Negeri 1 Klaten berencana akan
menyelenggarakan studi lapangan untuk seluruh siswa-siswi kelas XII pada
hari/tanggal Senin, 25 Januari 2016, pukul 08.00 hingga 13.00 WIB di PT Logam
Metal Mulia Klaten untuk pengenalan instrumen mesin.
TERIMAKASIH SANGAT BERMANFAAT SEKALI
ReplyDeleteAlhamdulillah, trm kasih juga
DeleteSangat Bermanfaat sekali.. Alhamdulilah ada yg menejelaskan secara detail tentang rpp. makasih
ReplyDeleteTerima kasih, bermanfaat untunk merancang rpp yang baik
ReplyDeleteAlhamdulillah, detail sekali penjelasan tentang RPP nya, Semoga Berkah.
ReplyDelete