08 May 2017

OGN 2017 BAHASA INDONESIA: TIPS MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF


MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF

Ide pokok atau gagasan utama merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan atau inti sebuah paragraf.

Langkah menemukan ide pokok paragraf adalah sebagai berikut.

a. Tentukan kalimat utama paragraf, yaitu dengan membandingkan kalimat satu dengan kalimat lainnya. Kalimat utama mempunyai cakupan topik lebih luas atau lebih umum daripada kalimat yang lain.

b. Tentukan inti kalimat dari kalimat utama dengan cara menemukan subjek dan predikatnya!

c. Ubah inti kalimat yang ditemukan menjadi frasa (kelompok kata).

Contoh soal

(1)        Banjir yang merendam areal pertanian di pantai utara diprediksi akan menurunkan produk pangan. (2) Ancaman menurunnya produksi pangan ini tampaknya akan semakin besar karena sentra pertanian di sepanjang pantai utara terendam banjir lebih dari dua belas hari. (3) Bahkan, areal pertanian di Indramayu hingga pekan ini masih digenangi air. (4) Pemerintah semestinya memikirkan kesulitan yang dialami para petani di wilayah pantura. (5) Mereka kini memerlukan benih dan pupuk untuk mengganti tanaman padi yang puso.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ...

A.        kesulitan petani Pantura

B.        menurunnya produksi pangan

C.        menurunnya pangan di sepanjang pantai utara

D.        terendamnya areal pertanian di pantai utara

E.         terendamnya benih dan pupuk pertanian



Jawaban : B

Ide pokok merupakan gagasan yang mendasari terbentuknya sebuah paragraf. Paragraf tersebut membahas tentang menurunnya produksi pangan akibat banjir. Maka ide pokok paragraf tersebut terdapat pada pilihan B.

Tentukan ide pokok paragraf berikut ini.

No
Paragraf
Ide Pokok
1
(1) Sirene sebagai bagian dari sistem peringatan dini tsunami dijalankan dengan menggunakan teknologi komunikasi satelit dan GSM. (2) Begitu ada gempa, sensor yang dipasang pada sirene akan memberikan data secara cepat ke stasiun BMKG.  (3) Berdasarkan data ini, dilakukan analisa untuk
mengetahui terjadinya tsunami atau tidak dalam waktu 10 menit. (4) Apabila ada potensi akan terjadi tsunami, sirene langsung dibunyikan dalam bentuk nada tertentu. (5) Dari nada itu, orang akan berjaga-jaga.     
sistem kerja peringatan tsunami
2
Provinsi Kalimantan Tengah memiliki objek wisata berupa taman anggrek. Objek wisata ini berada di kawasan hutan Desa Murutuwu, Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur. Letak taman ini sekitar delapan kilometer dari ibu kota kabupaten. Taman anggrek yang berada di tengah hutan ini diperkirakan seluas empat hektare. Di taman tersebut terdapat spesies anggrek hitam.
objek wisata taman anggrek di Provinsi Kalimantan Tengah
3
Tampaknya, kepekaan kita pelan-pelan menyusut setelah tragedi demi tragedi itu kini hampir menjadi rutin. Kita khawatir, lama-lama, semua menjadi biasa dan tidak ada lagi rasa sedih dan berduka. Sebab biasanya, sesuatu yang rutin, tidak lagi mengusik kita. Ia seakan kehilangan makna: sama seperti kita membaca berita perampokan, penodongan, pemerkosaan, pembunuhan, dan sebagainya di sekitar kita. Paling-paling kita hanya bergumam pendek: sadis, tega, menyeramkan, atau yang lainnya. Setelah itu, kita pun melupakannya dan kita tidak berpikir lebih jauh.
Menyusutnya kepekaan atas tragedi
4
Lebih dari tujuh belas jenis lidah buaya telah dibudidayakan di daerah tropis. Akan tetapi, sampai saat ini hanya ada tiga jenis yang diusahakan untuk tujuan komersial, yaitu Aloe Barbadensis dari Amerika, Aloe Ferox dari Afrika, dan Aloe Sinensis dari Asia (Cina). Aloe Barbadensis adalah jenis terbaik karena lebih tahan hama dan penyakit. Ukurannya jauh lebih besar dibandingkan dengan jenis lainnya. Di Indonesia, lidah buaya dibudidayakan sejak beberapa tahun lalu dalam skala cukup luas di Pontianak, Kalimantan Barat. Jenis yang diusahakan di daerah tersebut adalah Aloe Sinensis yang berasal dari Cina.
jenis lidah buaya yang dibudidayakan di daerah tropis
5
(1) Kerusakan lingkungan dan ketidakseimbangan ekosistem di Indonesia semakin parah. (2) Ini diindikasikan dengan berbagai bencana ekologis yang semakin sering terjadi. (3) Apabila hal ini dibiarkan, kerusakan lingkungan dan ketimpangan ekosistem akan semakin parah. (4) Model pembangunan yang tidak memperhatikan lingkungan dan konsep ekologi dimungkinkan menjadi sumber penyebab kerusakan ini. (5) Selama ini, pembangunan yang bersumbu pada peningkatan ekonomi dan jnfrastruktur fisik telah mengesampingkan fakta lingkungan dan ekologis.
kerusakan lingkungan dan ketidakseimbangan ekosistem

POSTINGAN TERKAIT
TIPS MENENTUKAN KALIMAT UTAMA BACA DI SINI
PERSIAPAN OGN PEDAGOGIK BACA DI SINI

0 komentar:

Post a Comment