14 June 2018

PEMETAAN PENILAIAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 KURIKULUM 2013




PEMETAAN TEKNIK PENILAIAN


TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SMA NEGERI 2 BOYOLALI 

Kompetnsi inti

1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2.       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.       Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan


No
Kompetensi Dasar
Teknik Penilaian
1.
1.     
2.     
3.     
3.1.    Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
2.
4.     
4.1.    Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
3.
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.    Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
4.
4.     
4.1.     
4.2.    Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
5.
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.     
3.3.    Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
6.
4.     
4.1.     
4.2.     
4.3.    Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
Produk, Praktik
7.
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.     
3.3.     
3.4.    Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
8.
4.     
4.1.     
4.2.     
4.3.     
4.4.    Memproduksi teks eksplanasi secara lisan atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
Produk, Praktik
9.
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.     
3.3.     
3.4.     
3.5.    Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
10.
4.     
4.1.     
4.2.     
4.3.     
4.4.     
4.5.    Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah
Produk, Praktik
11.
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.     
3.3.     
3.4.     
3.5.     
3.6.    Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
12.
4.     
4.1.     
4.2.     
4.3.     
4.4.     
4.5.     
4.6.    Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat
Portofolio, praktik
13.
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.     
3.3.     
3.4.     
3.5.     
3.6.     
3.7.    Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
14.
4.     
4.1.     
4.2.     
4.3.     
4.4.     
4.5.     
4.6.     
4.7.    Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
Proyek, praktik
15
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.     
3.3.     
3.4.     
3.5.     
3.6.     
3.7.     
3.8.    Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
16
4.     
4.1.     
4.2.     
4.3.     
4.4.     
4.5.     
4.6.     
4.7.     
4.8.    Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam cerita pendek
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
17
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.     
3.3.     
3.4.     
3.5.     
3.6.     
3.7.     
3.8.     
3.9.    Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
18
4.     
4.1.     
4.2.     
4.3.     
4.4.     
4.5.     
4.6.     
4.7.     
4.8.     
4.9.    Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
19
1.  
2.  
3.  
3.1.  
3.2.  
3.3.  
3.4.  
3.5.  
3.6.  
3.7.  
3.8.  
3.9.  
3.10. Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
20
4.  
4.1.  
4.2.  
4.3.  
4.4.  
4.5.  
4.6.  
4.7.  
4.8.  
4.9.  
4.10. Mempertunjukkan kesan pribadi terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat
Produk, Praktik
21
1.  
2.  
3.  
3.1.  
3.2.  
3.3.  
3.4.  
3.5.  
3.6.  
3.7.  
3.8.  
3.9.  
3.10.  
3.11. Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
22
4.  
4.1.  
4.2.  
4.3.  
4.4.  
4.5.  
4.6.  
4.7.  
4.8.  
4.9.  
4.10.  
4.11. Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
Proyek, Praktik

                                                                                           
                                                                                                                 Boyolali, 2 Juli 2018 

Mengetahui

Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                                                              Guru Mata Pelajaran 



Suyanta, S.Pd., M.Pd.                                                                             Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.

NIP 196505041989031014                                                                     NIP   197207081998011001             



                                                                                                                                                                                                                                                    

                                                                                                                                                                                                                                                                                               

1 comment: