|
MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA KELAS X |
TAHUN 2018/2019 |
|
|
|
|
Semester |
Kompetensi Dasar |
Jumlah Jam |
1 |
3.1. |
Mengidentifikasi
teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. |
4 |
4.1. |
Menginterpretasi
isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan
maupun tulis. |
4 |
3.2. |
Menganalisis isi
dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi |
4 |
4.2. |
Mengkonstruksikan
teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik baik lisan
maupun tulis. |
4 |
3.3. |
Menganalisis
struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi),
kebahasaan teks eksposisi yang
didengar dan atau dibaca |
4 |
4.3. |
Mengembangkan
isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi
secara lisan dan / tulis. |
4 |
3.4. |
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi. |
4 |
4.4. |
Mengonstruksikan
teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan,
dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan. |
4 |
3.5. |
Mengevaluasi
teks anekdot dari aspek makna tersirat. |
4 |
4.5. |
Mengonstruksi
makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis |
4 |
3.6. |
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks anekdot. |
4 |
4.6. |
Menciptakan
kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan
maupun tulis |
4 |
3.7. |
Mengidentifikasi
nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan
maupun tulis. |
2 |
4.7. |
Menceritakan
kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca. |
2 |
3.8. |
Membandingkan
nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. |
2 |
4.8. |
Mengembangkan
cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan
nilai-nilai. |
4 |
3.9. |
Mengidentifikasi
butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel
yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. |
2 |
4.9. |
Menyusun
ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu
novel yang dibaca. |
4 |
JUMLAH |
64 |
2 |
3.10 |
Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam
teks negosiasi lisan maupun tertulis. |
2 |
4.10 |
Menyampaikan
pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara
lisan atau tulis. |
4 |
3.11 |
Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan,
penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi. |
2 |
4.11 |
Mengkonstruksikan
teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan,
penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan. |
4 |
3.12 |
Menghubungkan
permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan dari debat untuk
menemukan esensi dari debat. |
2 |
4.12 |
Mengonstruksi
permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara lisan
untuk menunjukkan esensi dari debat. |
4 |
3.13 |
Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang
dan argumen beberapa pihak, dan
simpulan). |
2 |
4.13 |
Mengembangkan
permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam
berdebat. |
4 |
3.14 |
Menilai hal yang
dapat diteladani dari teks biografi |
2 |
4.14 |
Mengungkapkan
kembali hal-hal yang dapat diteladani
dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis. |
4 |
3.15 |
Menganalisis
aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi. |
2 |
4.15 |
Menceritakan
kembali isi teks biografi baik lisan maupun tulis |
4 |
3.16 |
Mengidentifikasi
suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan
atau dibaca. |
2 |
4.16 |
Mendemonstrasikan
(membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau
kumpulan puisi dengan memerhatikan
vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) |
4 |
3.17 |
Menganalisis unsur pembangun puisi. |
2 |
4.17 |
Menulis puisi
dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji,
struktur, perwajahan) |
4 |
3.18 |
Menganalisis isi
dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca. |
2 |
4.18 |
Mempresentasikan
replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi. |
4 |
JUMLAH |
54 |
Boyolali, 2 Juli 2018 |
|
Mengetahui |
|
|
Kepala
Sekolah, Guru Bahasa Indonesia, |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Suyanta,
S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. |
NIP
196505041989031014 NIP 197207081998011001 |
|
Mohon dengan hormat, share ilmunya.
ReplyDelete