21 June 2018

PEMETAAN PENILAIAN BAHASA INDONESIA SMA/SMK KELAS X SEMESTER 1



PEMETAAN TEKNIK PENILAIAN


TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Kompetnsi inti

1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2.       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.       Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan


No
Kompetensi Dasar
Teknik Penilaian
1.
3.1       Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis.
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
2.
4.1       Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
3.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.      Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
4.
4        
4.1        
4.2       Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik baik lisan maupun tulis.

Produk, Praktik (Penilaian Praktik), portofolio
5.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.      Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
6.
4.3       Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis.
Produk, Praktik, portofolio
7.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.      Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
8.
4.4       Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
Produk, Praktik
9.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.      Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
10.
4.5       Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis
Produk, Praktik
11.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.       
3.6.      Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
12.
4.6       Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis
Portofolio, praktik
13.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.       
3.6.       
3.7.      Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
14.
4.7       Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.
Proyek, praktik
15
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.       
3.6.       
3.7.       
3.8.      Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
16
4.8       Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
17
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.       
3.6.       
3.7.       
3.8.       
3.9.      Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
18
4.9       Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
Produk, Proyek

                                                              

                                                                                                                 Boyolali, 2 Juli 2018

 Mengetahui

Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                                                              Guru Mata Pelajaran




Suyanta, S.Pd., M.Pd.                                                                             Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014                                                                     NIP 197207081998011001 



                              



                                                                                                           



                                                                                                                                                                                                                                                                                               

6 comments: