ANALISIS KETERKAITAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL), KOMPETENSI INTI (KI), KOMPETENSI
DASAR (KD), INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK), DAN MATERI PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN
2018/2019
SMA ………………….
UNDUH FILE WORD DRAF ANALISIS SKL KLIK https://drive.google.com/open?id=1or11TQOCGpT4yL73z8itiwvqWv9EtSF5
ANALISIS SKL REVISI
UNDUH REVISI ANALISIS SKL KLIK https://drive.google.com/open?id=1uwE4DZyJ6q3pY4SZjIjSVVDHTLVnhgSx
ANALISIS KETERKAITAN STANDAR KOMPETENSI (SKL), KOMPETENSI
INTI (KI),
KOMPETENSI DASAR (KD), INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
(IPK), DAN MATERI PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN
2018/2019
SMA ………………….
Standar Kompetensi Lulusan
|
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta
dampak fenomena dan kejadian
Keterampilan
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah
abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah
secara mandiri
|
3.Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan
|
3.1. Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran
pekerjaan yang dibaca
|
3.1.1.
Menentukan isi dan sistematika dalam surat
lamaran pekerjaan
3.1.2.
Menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan
|
Surat Lamaran
Pekerjaan:
·
identifikasi surat
·
Isi
·
Sistematika
·
Bahasa
·
Lampiran
Kalimat efektif
|
·
Mendata sistematika dan isi surat
lamaran pekerjaan
·
Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur
isi surat lamaran pekerjaan
·
mempresentasikan, menanggapi, dan
merevisi sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan
|
4.1. Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi
surat lamaran baik secara lisan maupun tulis
|
4.1.1.
Mengidentifikasi sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran
pekerjaan.
4.1.2.
Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur
isi surat lamaran pekerjaan
|
||||
3.2. Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran
pekerjaan
|
3.2.1.
Menjelaskan unsur kebahasaan surat
lamaran pekerjaan
3.2.2.
Membandingkan unsur kebahasaan yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan.
|
Surat Lamaran
Pekerjaan:
·
unsur kebahasaan;
·
penulisan EYD; dan
daftar riwayat
hidup.
|
·
Mendata ciri
kebahasaan surat lamaran pekerjaan
·
Menyusun surat
lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
·
Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi surat lamaran pekerjaan yang telah disusun
|
||
4.2. Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan
isi, sistematika dan kebahasaan
|
4.2.1.
Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan
kebahasaan.
4.2.2.
Mempresentasikan, menanggapi, dan
merevisi surat lamaran pekerjaan yang telah disusun
|
||||
3.3. Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi,
rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam
cerita sejarah lisan atau tulis
|
3.3.1.
Mendata informasi penting dalam novel sejarah
3.3.2.
Menentukan struktur teks novel sejarah.
3.3.3.
Membandingkan novel sejarah dengan teks sejarah
|
Teks cerita (novel)
sejarah
·
struktur teks
cerita sejarah;
·
isi teks cerita
sejarah;
·
nilai-nilai cerita
(novel) sejarah; dan
·
kebahasaan teks
cerita sejarah
|
·
Mendata struktur
(orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan
resolusi), nilai-nilai, hal-hal yang menarikdalam cerita (novel) sejarah.
·
Menyusun kembali
nilai-nilai dari cerita (novel) sejarah ke dalam teks eksplanasi
·
Mempresentasikan,
menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang disusun
|
||
4.3. Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita
sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
|
4.3.1.
Menuliskan kembali nilai-nilai dalam novel sejarah
4.3.2.
Menyajikan nilai novel sejarah ke dalam
sebuah teks eksplanasi.
4.3.3.
Mempresentasikan, menanggapi, merevisi
teks eksplanasi yang disusun
|
||||
3.4. Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah
|
3.4.1.
Menemukan unsur kebahasaan yang ada dalam novel sejarah
3.4.2.
Menunjukkan unsur kebahasaan yang sering digunakan dalam novel sejarah
|
Teks cerita (novel)
sejarah
·
kebahasaan cerita (novel) sejarah;
·
unsur-unsur cerita;
·
topik; dan
kerangka karangan.
|
·
Mendata kebahasaan
dan unsur-unsur cerita sejarah yang tersaji
·
Menyusun teks
cerita (novel) sejarah pribadi
·
Mempresentasikan,
mengomentari, dan merevisi teks cerita
(novel) sejarah yang telah ditulis
|
||
4.4. Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan
kebahasaan
|
4.4.1. Menentukan
topik sebagai dasar penyusunan kerangka novel sejarah
4.4.2. Mengembangkan kerangka menjadi novel sejarah yang utuh.
4.4.3. Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks cerita (novel) sejarah yang telah
ditulis
|
||||
3.5. Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif
solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial
|
3.5.1.
Mengidentifikasi isi dalam teks
editorial.
3.5.2.
Membedakan fakta dan opini dalam teks editorial
|
Teks Editorial:
·
isi teks editorial;
·
pendapat;
·
ragam informasi;
dan
·
simpulan..
|
·
Menemukan pendapat, alternatif solusi, dan simpulan, informasi-informasi
penting, dan ragam informasi sebagai bahan teks editorial
· Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi informasi berupa pendapat,
alternatif solusi, dan simpulan, informasi-informasi penting, dan ragam
informasi sebagai bahan teks editorial
|
||
4.5. Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks
editorial baik secara lisan maupun tulis
|
4.5.1.
Menentukan isu aktual dari berbagai
media informasi (cetak, elektronik, maupun internet)
4.5.2.
Menuliskan pendapat terhadap isu aktual dilengkapi argumen pendukung (data
dan alasan logis).
4.5.3.
Mempresentasikan, menanggapi, dan
merevisi informasi berupa pendapat, alternatif solusi, dan
|
||||
3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial
|
3.6.1.
Menentukan struktur
dalam teks editorial
3.6.2.
Menentukan unsur kebahasaan dalam teks editorial
|
Teks Editorial:
·
struktur;
·
unsur kebahasaan;
·
topik; dan
·
kerangka karangan.
|
· Menentukan struktur dan unsur kebahasaan dalam teks editorial
· Menyusun teks editorial yang
sesuai topik, struktur, dan kebahasaan
· Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi topik, kerangka, stuktur,
unsur kebahasaan, dan teks editorial yang telah disusun
|
||
4.6. Merancang teks editorial dengan memerhatikan
struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
|
4.6.1. Menyusun argumen atau pendapat terhadap
isu aktual
4.6.2. Menyusun saran (rekomendasi) terhadap isu aktual
4.6.3. Menulis teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kaidah kebahasaan
4.6.4. Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi topik, kerangka, stuktur, unsur kebahasaan, dan teks
editorial yang telah disusun
|
||||
3.7. Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek
atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
3.7.1.
Menentukan kelebihan dan kekurangan buku
kumpulan cerpen atau kumpulan puisi (fiksi) yang dibaca
3.7.2.
Menentukan kelebihan dan kekurangan buku
nonfiksi yang dibaca
|
Buku Pengayaan:
Laporan Hasil
Membaca Buku
·
nilai-nilai dalam
novel (agama, sosial, budya, moral, dll);
·
kaitan nilai dalam
novel dengan kehidupan;
·
amanat dalam novel;
dan
·
laporan hasil
membaca buku.
|
·
Laporan Hasil
Membaca Buku
·
Menyusun Laporan
buku fiksi yang dibaca.
·
Mempresentasikan laporan yang
ditulisnya di depan kelas.
·
Menanggapi laporan
yang dipresentasikan
|
||
4.7. Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu
topik baik secara lisan maupun tulis
|
4.7.1.
Menyusun laporan hasil diskusi buku baik lisan maupun tulis
4.7.2.
Mempresentasikan laporan yang
ditulisnya di depan kelas.
4.7.3.
Menanggapi laporan yang dipresentasikan.
|
||||
3.8. Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan
dalam novel yang dibaca
|
3.8.1.
Menemukan pandangan
pengarang terhadap kehidupan dalam novel.
3.8.2.
Menjelaskan pandangan pengarang terhadap
kehidupan dalam novel.
|
Pandangan pengarang
|
o
Menentukan pandangan pengarang terhadap
kehidupan nyata dalam novel yang dibaca
·
Mempresentasikan dan menanggapi
pandangan pengarang.
|
||
4.8. Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan
pengarang baik secara lisan maupun tulis
|
4.8.1.
Menyusun interpretasi pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel.
4.8.2.
Mempresentasikan dan menanggapi hasil
interpretasi pandangan pengarang dengan kalimat yang baik dan benar
|
||||
3.9. Menganalisis isi dan kebahasaan novel
|
3.9.1.
Menentukan isi novel berdasarkan unsur intrinsiknya.
3.9.2.
Menentukan unsur kebahasaan novel.
|
· Unsur intrinsik dan ekstrinsik
· Unsur kebahasaan
· Ungkapan
· Majas
Peribahasa
|
·
Menemukan isi
(unsur intrinsik dan ekstrinsik) dan kebahasaan (ungkapan, majas, peribahasa)
novel
·
Menyusun novel
berdasarkan rancangan
·
Mempresentasikan,
mengomentari, dan merevisi unsur-unsur intrinsik dan kebahasaan novel, dan
hasil penyusunan novel
|
||
4.9. Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi
dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
|
4.9.1.
Merancang novel dengan memerhatikan isi.
4.9.2.
Merancang novel dengan memerhatikan
kebahasaan.
4.9.3.
Mempresentasikan, mengomentari, dan
merevisi unsur-unsur intrinsik dan kebahasaan novel, dan hasil
penyusunan novel
|
||||
3.10.
Mengevaluasi informasi, baik
fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca
|
3.10.1.
Menemukan informasi dalam artikel opini.
3.10.2.
Membedakan antara informasi (fakta) dan opini penulis.
|
Artikel
·
masalah
·
fakta dan opini
·
penyusunan opini
·
topik
·
masalah
kerangka
|
• Mengkritisi masalah, fakta, opini, dan
aspek kebahasaan dalam artikel.
• Menulis opini dalam
bentuk artikel dengan memerhatikan unsur-unsur artikel.
• Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi fakta dan opini, unsur kebahasaan, pengungkapan
opini dan hasil menyusunan opini dalam bentuk artikel.
|
||
4.10.
Menyusun opini dalam bentuk
artikel
|
4.10.1.
Mengungkapkan opini dalam bentuk kalimat
yang benar.
4.10.2.
Menyusun opini dalam bentuk paragraf.
4.10.3.
Menyusun opini dalam bentuk artikel.
4.10.4.
Mempresentasikan, menanggapi, dan
merevisi fakta dan opini, unsur kebahasaan, pengungkapan opini dan hasil
menyusunan opini dalam bentuk artikel.
|
||||
3.11.
Menganalisis kebahasaan artikel
dan/atau buku ilmiah
|
3.11.1.
Menemukan unsur
kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
3.11.2.
Membandingkan kebahasaan dalam artikel opini dan buku ilmiah.
|
Artikel:
• Masalah;
• fakta dan
opini;
• penyusunan
opini
• topik
• masalah
• kerangka
• Persamaan dan
perbedaan penggunaan bahasa.
|
• Menemukan
unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
• Menyusun
artikel dan/atau buku ilmiah sesuai dengan fakta
• Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi unsur kebahasaan artikel yang telah disusun,
|
||
4.11.
Mengonstruksi sebuah artikel
dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan
|
4.11.1.
Menyusun artikel opini sesuai dengan
fakta.
4.11.2.
Mempresentasikan artikel opini dengan kebahasaan yang baik dan benar,
|
||||
3.12.
Membandingkan kritik sastra dan
esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis
|
3.12.1.
Menentukan unsur-unsur
kritik dan esai.
3.12.2.
Membandingkan kritik dan esai berdasarkan pengetahuan dan sudut pandang penulisnya.
|
Kritik dan Esai:
·
pengertian kritik;
·
jenis-jenis esai;
·
bagian-bagian esai
(pembukaan, isi, penutup);
·
perbedaan kritik
dan esai; dan
penyusunan kritik dan
|
• Menentukan
unsur-unsur kritik dan esai, persamaan dan perbedaan kritik dan esai, dari aspek pengetahuan dan
pandangan
• Menulis kritik dan
esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan tertulis
• Mempresentasikan,
menanggapi, merevisi kritik dan esai yang telah ditulis
|
||
4.12.
Menyusun kritik dan esai dengan
memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara lisan maupun
tulis
|
4.12.1.
Menyusun kritik terhadap karya sastra
4.12.2.
Menyusun pernyataan esai terhadap suatu
objek atau permasalahan.
4.12.3.
Mempresentasikan, menanggapi, merevisi
kritik dan esai yang telah ditulis
|
||||
3.13.
Menganalisis sistematika dan
kebahasaan kritik dan esai
|
3.13.1.
Menentukan sistematika kritik sastra dan esai.
3.13.2.
Menentukan kebahasaan kritik sastra dan esai.
|
Kritik dan Esai
·
pengertian kritik
dan esai;
·
jenis-jenis kritik
dan esai;
·
bagian-bagian
kritik dan esai (pembukaan, isi, penutup);
·
perbedaan kritik
dan esai; dan
·
penyusunan kritik
dan esai
|
• Menemukan isi dan
sistematika, kebahasaan kritik dan esai
• Menyusun kritik dan
esai berdasarkan konstruksi dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan
• Mempresentasikan, Memberikan penilaian terhadap kritik dan
esai berdasarkan sistematika dan kebahasaan
|
||
4.13.
Mengonstruksi sebuah kritik
atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara lisan
maupun tulis
|
4.13.1.
Mengonstruksi kritik sastra dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaannya.
4.13.2.
Mengonstruksi esai dengan memerhatikan
sistematika dan kebahasaannya.
4.13.3.
Mempresentasikan, Memberikan penilaian terhadap kritik dan
esai berdasarkan sistematika dan kebahasaan
|
||||
3.14.
Mengidentifikasi nilai-nilai
yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama
(fiksi)
|
3.14.1.
Menentukan nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi).
3.14.2.
Menentukan nilai-nilai yang terdapat
dalam satu buku drama (fiksi).
|
Laporan Hasil Membaca Buku
Laporan hasil pembacaan buku nonfiksi dan drama fiksi
|
• Menyusun
laporan yang berisi refleksi nilai-nilai dalam kehidupan nyata dari buku
fiksi/nonfiksi yang dibaca.
• Mempresentasikan laporan buku yang ditulisnya
|
||
4.14.
Menulis refleksi tentang
nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu
buku drama (fiksi)
|
4.14.1.
Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku
pengayaan (nonfiksi)
4.14.2.
Menulis refleksi tentang nilai-nilai
yang terkandung dalam satu buku drama (fiksi)
4.14.3.
Mempresentasikan laporan buku yang
ditulis.
|
BACA
DAN UNDUH
BUKU
KERJA GURU 1
BAHASA
INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
1.
PENGEMBANGAN INDIKATOR KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/pengembangan-indikator-pencapaian.html
2.
KETERKAITAN KI, KD, IPK, MATERI PEMBELAJARAN KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/keterkaitan-ki-kd-ipk-dan-materi.html
3.
ANALISIS SKL KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/analisis-skl-bahasa-indonesia-kelas-xii.html
4.
PEMETAAN TEKNIK PENILAIAN KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/pemetaan-teknik-penilaian-bahasa.html
5.
SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XII KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/silabus-bahasa-indonesia-kelas-xii.html
6.
PROGRAM TAHUNAN KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/program-tahunan-bahasa-indonesia-kelas.html
7.
RINCIAN MINGGU EFEKTIF SEMESTER 1 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/rincian-minggu-efektif-tahun-pelajaran.html
8.
PROGRAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/program-semester-1-tahun-pelajaran.html
9.
KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL (KBM) / KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/kkm-bahasa-indonesia-kelas-xii.html
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
10.
RPP 1 TEKS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.1 DAN 4.1 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-k13.html
11.
RPP 2 TEKS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.2 DAN 4.2 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-k13_21.html
12.
RPP 3 TEKS CERITA (NOVEL) SEJARAH KD 3.3 DAN 4.3 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii.html
13.
RPP 4 TEKS CERITA (NOVEL) SEJARAH KD 3.4 DAN 4.4 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-smasmk.html
14.
RPP 5 TEKS EDITORIAL KD 3.5 DAN 4.5 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii.html
15.
RPP 6 TEKS EDITORIAL KD 3.6 DAN 4.6 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/rpp-teks-editorial-edisi-revisi-tahun.html
16.
RPP 7 MENYUSUN LAPORAN BUKU YANG DIBACA (LITERASI) KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/rpp-menyusun-laporan-buku-yang-dibaca.html
0 komentar:
Post a Comment