Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat harus muncul empat macam hal yaitu
PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya.
BACA
CONTOH RPP K13 REVISI 2017 (INTEGRASI PPK, LITERASI, 4C, HOTS) SMA
(BACA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013)
RPP TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DRAF RPP KELAS XII KUR 13
1. SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.1 DAN 4.1 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-k13.html
2. SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.2 DAN 4.2 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii-k13_21.html
3. TEKS CERITA SEJARAH KD 3.3 DAN 4.3 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xii.html
KELAS XI/1
RPP
KD 3.1 dan 4.1 TEKS PROSEDUR KELAS XI SEMESTER 1 SMA/SMK KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-kelas-xi-semester.html
KELAS X/1
1. TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KD 3.1 DAN 4.1 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/05/rpp-tahun-pelajaran-20182019-bahasa.html
2. TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KD 3.2 DAN 4.2 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/05/rpp-bahasa-indonesia-teks-lho-kd-32-dan.html
3. TEKS EKSPOSISI KD 3.4 DAN 4.4 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2018/05/rpp-teks-eksposisi-kd-34-dan-44-kelas-x.html
BACA
CONTOH RPP K13 REVISI 2017 (INTEGRASI PPK, LITERASI, 4C, HOTS) SMA
CONTOH RPP TERBARU SESUAI PEDOMAN PENYUSUNAN RPP K13 REVISI 2017
3 (TIGA) MODEL RPP KURIKULUM 2013
Perbaikan atau revisinya dalah :
3 (TIGA) MODEL RPP KURIKULUM 2013
Perbaikan atau revisinya dalah :
1.
mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran.
Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis,
mandiri, gotong royong, dan integritas.
(BACA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013)
3. Mengintegrasikan keterampilan
abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking,
Communicative, dan Collaborative);
(BACA ARTI 4C) DAN (IMPLEMENTASI 4C DALAM PEMBELAJARAN K13)
(BACA ARTI 4C) DAN (IMPLEMENTASI 4C DALAM PEMBELAJARAN K13)
Gerakan
PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus
menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah
dilaksanakan sampai sekarang.
Pengintegrasian
dapat berupa :
a.
pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah
(masyarakat/komunitas);
b.
pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
c.
pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
perdalaman
dan perluasan dapat berupa:
1)
penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada
pengembangan karakter siswa,
2)
penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu
belajar siswa di sekolah atau luar sekolah;
3)
penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis
Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Pengertian
Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses,
memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas
antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan
Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh
untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat
sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi lebih dari sekadar membaca
dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber
pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat
dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan
(Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi
(Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).
Keterampilan
abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical
Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang
sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi
pembentukan 4C. Beberapa pakar
menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan,
khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan
dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi
keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah
kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif
yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut
materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik
mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah
dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi
aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan
berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi
merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
Maka
tidak mungkin lagi menggunakan model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat
kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active
Learning). Khusus untuk PPK merupakan program yang rencananya akan disesuaikan
dengan 5 hari belajar atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan
pendidikan keluarga.
by
eni kuswati
Sumber FB
PANDUAN LENGKAP
PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1)
Sekolah : … (Misal: SMP Negeri 2 Bantur)
Mata Pelajaran : ... (Misal: Bahasa Indonesia)
Kelas/Semester : … (Misal: VII/Satu)
Materi Pokok : ... (Misal: Teks Deskripsi)
Alokasi Waktu : … (Misal: 3 Pertemuan (6 JP))
A. Kompetensi Inti
Petunjuk: Tulis keempat KI
CONTOH
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Petunjuk:
1. Rumuskan 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD.
2. Indikator merupakan jabaran dari KD.
3. Indikator pencapaian kompetensi adalah: (a) perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4; dan (b) perilaku yang dapat diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI-1 dan KI-2.
4. Indikator KD dari KI-3 mencakup pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/kandungan KD dengan kemampuan kognitif mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan/atau mencipta.
CONTOH
C. Tujuan Pembelajaran
Petunjuk:
1. Rumuskan 1 (satu) atau lebih tujuan pembelajaran untuk setiap indikator pencapaian kompetensi.
2. Dalam hal indikator pencapaian kompetensi sangat spesifik dan tidak dapat diuraikan lagi, rumusan tujuan pembelajaran sama dengan indikator pencapaian kompetensi tersebut.
3. Apabila sebuah indikator pencapaian kompetensi masih dapat dirinci lagi, indicator pencapaian kompetensi tersebut dijabarkan ke dalam lebih dari 1 (satu) tujuan pembelajaran.
4. Tujuan pembelajaran mengandung unsur: audience (A), behavior (B), condition (C), dan degree (D).
5. Tujuan pembelajaran dirumuskan untuk masing-masing pertemuan.
CONTOH
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1. ...
2. ...
3. ...
dst.
Pertemuan kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1. ...
2. ...
3. ...
dst.
Fokus penguatan karakter:
(Tulis satu, dua, atau tiga nilai sikap utama yang hendak secara terencana ditanamkan/ditumbuhkan melalui pembelajaran yang direncanakan melalui RPP ini.Nilai-nilai sikap utama yang dimaksud adalah nilai-nilai sikap sebagaimana terkandung dalam kompetensi inti sikap spiritual dan sikap sosial serta nilai-nilai utama yang diprioritaskan oleh pemerintah dan satuan pendidikan yang bersangkutan.Nilai-nilai yang dijadikan fokus dipilih berdasarkan kesesuaiannya dengan materi/kompetensi yang dibelajarkan dan/atau metode pembelajaran yang diterapkan.Butir nilai sikap dituliskan dalam kata benda).
Contoh: kejujuran, kedisiplinan
D. Materi Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang dicakup untuk materi
pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
2. Butir-butir materi yang dimaksud harus relevan dengan indikator pencapaian kompetensi yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/ kandungan KD
CONTOH
Materi pembelajaran
… (Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi sebagaimana dicakup oleh KD).
a. Teks ... (contoh teks terlampir)
b. Fungsi sosial teks ... (uraian singkat terlampir)
c. Struktur teks ... (uraian singkat terlampir)
d. Ciri kebahasaan: ... (uraian singkat terlampir)
e. Tanda baca/pengucapan/intonasi ... (uraian singkat terlampir)
E. Metode Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis satu atau lebih metode pembelajaran yang diterapkan.
2. Metode pembelajaran yang dipilih adalah pembelajaran aktif yang efektif dan efisien memfasilitasi peserta didik mencapai indikator-indikator KD beserta kecakapan abad ke-21.
CONTOH
Pembelajaran dengan Metode Ilmiah Bahasa Indonesia SMP Kelas VII 2017
F. Media dan Bahan
Petunjuk:
a. Media
Tulis spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dan sebagainya).
Contoh:
a. Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
b. Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
c. Model: Nama model yang dimaksud
d. Gambar: Judul gambar yang dimaksud
e. Realia: Nama benda yang dimaksud
b. Bahan
Tulis spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) semua bahan yang diperlukan.
G.Sumber Belajar
Petunjuk:
Tulis spesifikasi semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dan sebagainya.).
Contoh:
1. Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
2. Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
3. Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor,
Tahun, (halaman).
4. Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
5. Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan).
6. Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud.
7. Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya.
8. Lainnya (sesuai dengan aturan yang berlaku).
H.Langkah-langkah Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis kegiatan pembelajaran untuk setiap pertemuan yang mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
2. Kegiatan pembelajaran pada Kegiatan Pendahuluan dan Kegiatan Penutup ditulis dalam rumusan kegiatan yang dilakukan oleh guru yang dapat dilengkapi dengan rumusan kegiatan peserta didik secara terintegrasi – tidak dalam kalimat terpisah.
3. Kegiatan pembelajaran pada Kegiatan Inti ditulis dalam rumusan kegiatan peserta didik yang dapat dilengkapi dengan rumusan kegiatan guru – dalam kalimat terpisah.
4. Langkah-langkah dan aktivitas pembelajaran pada Kegiatan Inti menyesuaikan sintaks dan prinsip-prinsip belajar dari metode yang diterapkan.
5. Tulis jumlah jam pertemuan (JP) untuk setiap pertemuan dan alokasi waktu untuk kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
Contoh:
1. Pertemuan Pertama: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
1) Guru … untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu … dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu ….
4) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu ….
5) Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu … dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu ….
b. Kegiatan Inti (60 menit)
Bahasa Indonesia SMP Kelas VII 2017
Contoh dengan Metode Saintifik:
Mengamati
Misal: Peserta didik mengamati gunung Merapi yang meletus yang disajikan melalui tayangan video dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan fenomena meletusnya gunung Merapi (IPS); menyaksikan video pertumbuhan dan perkembangan tanaman dan mencatat apa saja yang belum
diketahui terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman (untuk IPA), …
Catatan:
Fenomena yang diamati oleh peserta didik dapat berupa fenomena sebagaimana adanya di alam (pada situasi alami) dan/atau dalam bentuk model, gambar/foto, teks, grafik/tabel, diagram, chart, audio, video, dan/atau animasi.
Menanya
Misal: Peserta didik merumuskan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui terkait dengan meletusnya gunung Merapi (untuk IPS), pertumbuhan dan perkembangan tanaman (untuk IPA), …
Pertanyaan 1: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 2: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 3: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 4: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 5: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 6: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 7: … (pengetahuan prosedural)
Pertanyaan 8: … (pengetahuan metakognitif)
Pertanyaan …
Mengumpulkan informasi/data/mencoba menalar/mengasosiasi mengomunikasikan 1 (misalnya untuk pertanyaan 1, 2, dan 3) Misal IPS: Peserta didik mewawancarai ahli kegunungapian dan/atau membaca buku siswa halaman … untuk mengetahui kapan gunung Merapi meletus (tahun berapa saja dan dalam periode berapa tahunan), korban letusan terdahsyat, dan tanda-tanda gunung Merapi akan meletus (fenomena gunung meletus). Kemudian peserta didik menuliskannya pada selembar kertas untuk ditempelkan pada papan pajang pekerjaan peserta didik.
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai ….
2. Guru bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengamati …, merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara ….
3. Guru guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
4. Guru menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
5. Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu ….
2. Pertemuan Kedua: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
Contoh:
1) Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan ….
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3) Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….
b. Kegiatan Inti (60 menit)
Contoh (Lanjutan dengan Metode Saintifik):
Mengumpulkan informasi/data/mencobamenalar/mengasosiasi mengomunikasikan 2 (misalnya untuk pertanyaan 4 dan 5) …
Mengumpulkan informasi/data/mencobamenalar/mengasosiasi mengomunikasikan 3 (misalnya untuk pertanyaan 6) …
· dst.
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
1) Guru memfasilitasi peserta didik (a) membuat butir-butir simpulan mengenai ….
2) Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara ….
3) Guru memberumpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
4) Guru melakukan melakukan penilaian dengan teknik ….
5) Guru menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
Bahasa Indonesia SMP Kelas VII 2017
6) Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu ….
3. Pertemuan Ketiga: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
Contoh:
1) Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan ….
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3) Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….
b. Kegiatan Inti (60 menit)
Contoh (dengan Metode Saintifik):
Mengumpulkan informasi/data/mencobamenalar/mengasosiasi mengomunikasikan 4 (misalnya untuk pertanyaan 7 dan 8)
· …
Mencipta
Misal: Peserta didik membuat petunjuk tindakan menjelang, saat, dan paska letusan gunung api (IPS); merumuskan gagasan pembudidayaan tanaman yang cepat pertumbuhan dan perkembangannya (IPA); …
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
1. Guru bersama-sama peserta didik membuat butir-butir simpulan terkait ….
2. Guru bersama-sama peserta didikmelakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara …; serta mencipta
…
3. Guru melakukan penilaian dengan teknik ….
4. Guru memberitahukan pembelajaran remedi, yaitu …
5. Guru memberitahukan pembelajaran program pengayaan, yaitu …
6. Guru memberitahukan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu ….
I. Penilaian
2. Teknik penilaian
a. Sikap spiritual
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap spiritual dan tuangkan dalam tabel.
Contoh:
b. Sikap sosial
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap sosial dan tuangkan dalam tabel.
Contoh:
Bahasa Indonesia SMP Kelas VII 2017
c. Pengetahuan
d. Keterampilan
……., .............................
Sumber:
BACA CONTOH RPP TERBARU SESUAI PEDOMAN PENYUSUNAN RPP K13 REVISI 2017 SMP
BACA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN K13
BREAKING NEWS
BACA JUKNIS PROGRAM PKB-GURU PEMBELAJAR, MODUL, LK, SOAL
Sumber FB
PANDUAN LENGKAP
PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Di bawah ini adalah petunjuk cara
menulis RPP berdasarkan contoh format dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016
tentang Standar Proses dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang
Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah,
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP 1)
Sekolah : … (Misal: SMP Negeri 2 Bantur)
Mata Pelajaran : ... (Misal: Bahasa Indonesia)
Kelas/Semester : … (Misal: VII/Satu)
Materi Pokok : ... (Misal: Teks Deskripsi)
Alokasi Waktu : … (Misal: 3 Pertemuan (6 JP))
A. Kompetensi Inti
Petunjuk: Tulis keempat KI
CONTOH
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Petunjuk:
1. Rumuskan 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD.
2. Indikator merupakan jabaran dari KD.
3. Indikator pencapaian kompetensi adalah: (a) perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4; dan (b) perilaku yang dapat diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI-1 dan KI-2.
4. Indikator KD dari KI-3 mencakup pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/kandungan KD dengan kemampuan kognitif mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan/atau mencipta.
CONTOH
KD
|
Indikator
|
KD dari KI-1 (bila
ada)
|
Tulis 2 (dua) atau
lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
|
KD dari KI-2 (bila
ada)
|
Tulis 2 (dua) atau
lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
|
KD dari KI-3
|
Tulis 2 (dua) atau
lebih indikator pencapaian kompetensi.
|
KD dari KI-4
|
Tulis 2 (dua) atau
lebih indikator pencapaian kompetensi.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Petunjuk:
1. Rumuskan 1 (satu) atau lebih tujuan pembelajaran untuk setiap indikator pencapaian kompetensi.
2. Dalam hal indikator pencapaian kompetensi sangat spesifik dan tidak dapat diuraikan lagi, rumusan tujuan pembelajaran sama dengan indikator pencapaian kompetensi tersebut.
3. Apabila sebuah indikator pencapaian kompetensi masih dapat dirinci lagi, indicator pencapaian kompetensi tersebut dijabarkan ke dalam lebih dari 1 (satu) tujuan pembelajaran.
4. Tujuan pembelajaran mengandung unsur: audience (A), behavior (B), condition (C), dan degree (D).
5. Tujuan pembelajaran dirumuskan untuk masing-masing pertemuan.
CONTOH
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1. ...
2. ...
3. ...
dst.
Pertemuan kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1. ...
2. ...
3. ...
dst.
Fokus penguatan karakter:
(Tulis satu, dua, atau tiga nilai sikap utama yang hendak secara terencana ditanamkan/ditumbuhkan melalui pembelajaran yang direncanakan melalui RPP ini.Nilai-nilai sikap utama yang dimaksud adalah nilai-nilai sikap sebagaimana terkandung dalam kompetensi inti sikap spiritual dan sikap sosial serta nilai-nilai utama yang diprioritaskan oleh pemerintah dan satuan pendidikan yang bersangkutan.Nilai-nilai yang dijadikan fokus dipilih berdasarkan kesesuaiannya dengan materi/kompetensi yang dibelajarkan dan/atau metode pembelajaran yang diterapkan.Butir nilai sikap dituliskan dalam kata benda).
Contoh: kejujuran, kedisiplinan
D. Materi Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang dicakup untuk materi
pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
2. Butir-butir materi yang dimaksud harus relevan dengan indikator pencapaian kompetensi yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/ kandungan KD
CONTOH
Materi pembelajaran
… (Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi sebagaimana dicakup oleh KD).
a. Teks ... (contoh teks terlampir)
b. Fungsi sosial teks ... (uraian singkat terlampir)
c. Struktur teks ... (uraian singkat terlampir)
d. Ciri kebahasaan: ... (uraian singkat terlampir)
e. Tanda baca/pengucapan/intonasi ... (uraian singkat terlampir)
E. Metode Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis satu atau lebih metode pembelajaran yang diterapkan.
2. Metode pembelajaran yang dipilih adalah pembelajaran aktif yang efektif dan efisien memfasilitasi peserta didik mencapai indikator-indikator KD beserta kecakapan abad ke-21.
CONTOH
Pembelajaran dengan Metode Ilmiah Bahasa Indonesia SMP Kelas VII 2017
F. Media dan Bahan
Petunjuk:
a. Media
Tulis spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dan sebagainya).
Contoh:
a. Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
b. Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
c. Model: Nama model yang dimaksud
d. Gambar: Judul gambar yang dimaksud
e. Realia: Nama benda yang dimaksud
b. Bahan
Tulis spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) semua bahan yang diperlukan.
G.Sumber Belajar
Petunjuk:
Tulis spesifikasi semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dan sebagainya.).
Contoh:
1. Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
2. Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
3. Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor,
Tahun, (halaman).
4. Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom
5. Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan).
6. Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud.
7. Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya.
8. Lainnya (sesuai dengan aturan yang berlaku).
H.Langkah-langkah Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis kegiatan pembelajaran untuk setiap pertemuan yang mencakup kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
2. Kegiatan pembelajaran pada Kegiatan Pendahuluan dan Kegiatan Penutup ditulis dalam rumusan kegiatan yang dilakukan oleh guru yang dapat dilengkapi dengan rumusan kegiatan peserta didik secara terintegrasi – tidak dalam kalimat terpisah.
3. Kegiatan pembelajaran pada Kegiatan Inti ditulis dalam rumusan kegiatan peserta didik yang dapat dilengkapi dengan rumusan kegiatan guru – dalam kalimat terpisah.
4. Langkah-langkah dan aktivitas pembelajaran pada Kegiatan Inti menyesuaikan sintaks dan prinsip-prinsip belajar dari metode yang diterapkan.
5. Tulis jumlah jam pertemuan (JP) untuk setiap pertemuan dan alokasi waktu untuk kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
Contoh:
1. Pertemuan Pertama: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
1) Guru … untuk mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu … dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu ….
4) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu ….
5) Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu … dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu ….
b. Kegiatan Inti (60 menit)
Bahasa Indonesia SMP Kelas VII 2017
Contoh dengan Metode Saintifik:
Mengamati
Misal: Peserta didik mengamati gunung Merapi yang meletus yang disajikan melalui tayangan video dan mencatat apa saja yang belum diketahui terkait dengan fenomena meletusnya gunung Merapi (IPS); menyaksikan video pertumbuhan dan perkembangan tanaman dan mencatat apa saja yang belum
diketahui terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman (untuk IPA), …
Catatan:
Fenomena yang diamati oleh peserta didik dapat berupa fenomena sebagaimana adanya di alam (pada situasi alami) dan/atau dalam bentuk model, gambar/foto, teks, grafik/tabel, diagram, chart, audio, video, dan/atau animasi.
Menanya
Misal: Peserta didik merumuskan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui terkait dengan meletusnya gunung Merapi (untuk IPS), pertumbuhan dan perkembangan tanaman (untuk IPA), …
Pertanyaan 1: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 2: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 3: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 4: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 5: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 6: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 7: … (pengetahuan prosedural)
Pertanyaan 8: … (pengetahuan metakognitif)
Pertanyaan …
Mengumpulkan informasi/data/mencoba menalar/mengasosiasi mengomunikasikan 1 (misalnya untuk pertanyaan 1, 2, dan 3) Misal IPS: Peserta didik mewawancarai ahli kegunungapian dan/atau membaca buku siswa halaman … untuk mengetahui kapan gunung Merapi meletus (tahun berapa saja dan dalam periode berapa tahunan), korban letusan terdahsyat, dan tanda-tanda gunung Merapi akan meletus (fenomena gunung meletus). Kemudian peserta didik menuliskannya pada selembar kertas untuk ditempelkan pada papan pajang pekerjaan peserta didik.
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai ….
2. Guru bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengamati …, merumuskan pertanyaan, mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara ….
3. Guru guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
4. Guru menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
5. Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu ….
2. Pertemuan Kedua: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
Contoh:
1) Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan ….
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3) Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….
b. Kegiatan Inti (60 menit)
Contoh (Lanjutan dengan Metode Saintifik):
Mengumpulkan informasi/data/mencobamenalar/mengasosiasi mengomunikasikan 2 (misalnya untuk pertanyaan 4 dan 5) …
Mengumpulkan informasi/data/mencobamenalar/mengasosiasi mengomunikasikan 3 (misalnya untuk pertanyaan 6) …
· dst.
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
1) Guru memfasilitasi peserta didik (a) membuat butir-butir simpulan mengenai ….
2) Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara ….
3) Guru memberumpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara ….
4) Guru melakukan melakukan penilaian dengan teknik ….
5) Guru menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
Bahasa Indonesia SMP Kelas VII 2017
6) Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu ….
3. Pertemuan Ketiga: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (8 menit)
Contoh:
1) Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan ….
2) Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3) Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….
b. Kegiatan Inti (60 menit)
Contoh (dengan Metode Saintifik):
Mengumpulkan informasi/data/mencobamenalar/mengasosiasi mengomunikasikan 4 (misalnya untuk pertanyaan 7 dan 8)
· …
Mencipta
Misal: Peserta didik membuat petunjuk tindakan menjelang, saat, dan paska letusan gunung api (IPS); merumuskan gagasan pembudidayaan tanaman yang cepat pertumbuhan dan perkembangannya (IPA); …
c. Kegiatan Penutup (12 menit)
1. Guru bersama-sama peserta didik membuat butir-butir simpulan terkait ….
2. Guru bersama-sama peserta didikmelakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara …; serta mencipta
…
3. Guru melakukan penilaian dengan teknik ….
4. Guru memberitahukan pembelajaran remedi, yaitu …
5. Guru memberitahukan pembelajaran program pengayaan, yaitu …
6. Guru memberitahukan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu ….
I. Penilaian
2. Teknik penilaian
a. Sikap spiritual
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap spiritual dan tuangkan dalam tabel.
Contoh:
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen |
Contoh Butir
Instrumen |
Waktu
Pelaksanaan |
Keterangan
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lihat Lampiran ...
|
Saat pembelajaran
berlangsung |
Penilaian untuk dan pencapaian
pembelajaran (assessment for and of learning) |
|
Penilaian
diri |
Lihat Lampiran ...
|
Saat pembelajaran
usai |
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning) |
||
Penilaian
antar teman
|
Lihat Lampiran ...
|
Setelah
pembelajaran usai |
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning) |
b. Sikap sosial
Tulis satu atau lebih teknik penilaian sikap sosial dan tuangkan dalam tabel.
Contoh:
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen |
Contoh Butir
Instrumen |
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lihat Lampiran
... |
Saat pembelajaran
berlangsung |
Penilaian untuk dan
pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning) |
|
Penilaian
diri |
Lihat Lampiran
... |
Saat pembelajaran
usai |
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning) |
||
Penilaian
antar teman |
Lihat Lampiran
... |
Setelah
pembelajaran usai |
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning) |
Bahasa Indonesia SMP Kelas VII 2017
c. Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen |
Contoh Butir
Instrumen |
Waktu
Pelaksanaan |
Keterangan
|
Lisan
|
Pertanyaan
(lisan) dengan jawaban terbuka |
Lihat Lampiran
... |
Saat pembelajaran
berlangsung |
Penilaian untuk
pembelajaran (assessment for learning) |
|
Penugasan
|
Pertanyaan
dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya |
Lihat Lampiran
... |
Saat pembelajaran
berlangsung |
Penilaian untuk
pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning) |
|
Tertulis
|
Pertanyaan
dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya |
Lihat Lampiran
... |
Setelah
pembelajaran usai |
Penilaian
pencapaian pembelajaran (assessment of learning) |
|
Portofolio
|
Sampel
pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis |
Saat pembelajaran
usai |
Data untuk
penulisan deskripsi pencapaian pengetahuan (assessment of learning) |
d. Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen |
Contoh Butir
Instrumen |
Waktu
Pelaksanaan |
Keterangan
|
Praktik
|
Tugas
(keterampilan) |
Lihat
Lampiran ... |
Saat pembelajaran
berlangsung dan/atau setelah usai |
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning) |
|
Produk
|
Tugas
(keterampilan) |
Lihat
Lampiran ... |
Saat pembelajaran
berlangsung dan/atau setelah usai |
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning) |
|
Proyek
|
Tugas besar
|
Lihat
Lampiran ... |
Selama atau usai
pembelajaran berlangsung |
Penilaian untuk,
sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning) |
|
Portofolio
|
Sampel produk terbaik
dari
tugas atau proyek |
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian untuk pembelajaran
dan
sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan |
……., .............................
Mengetahui
Kepala SMP ...... Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP ...... Guru Mata Pelajaran
…………………………. ……………………..
NIP. .................................. NIP …………………
NIP. .................................. NIP …………………
Sumber:
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
2017. Materi Bimbingan Teknis Fasilitator dan Instruktur Kurikulum 2013 Tahun
2017 Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan kebudayaan
BACA PENJELASAN / ARTI 4C
BACA CONTOH RPP K13 REVISI 2017 (INTEGRASI PPK, LITERASI, 4C, HOTS) SMABACA CONTOH RPP TERBARU SESUAI PEDOMAN PENYUSUNAN RPP K13 REVISI 2017 SMP
BACA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN K13
BREAKING NEWS
BACA JUKNIS PROGRAM PKB-GURU PEMBELAJAR, MODUL, LK, SOAL
Selamat Malam Bapak zuhri, boleh saya tahu emailnya? hehe
ReplyDeleteselamat malam Pak Muhammad Ariefin, assalamualaikum... email saya zuhrimuh879@gmail.com
DeleteSangat bermanfaat
ReplyDeleteAlhamdulillah, terima kasih pak Andi Setiawan
DeletePak Zuhri, bolehkah kami kontak dengan WA?
ReplyDeleteboleh, 089675945577
DeleteAsalamualaikum.. Postingan bpk sangat bermanfaat. Sy terbantu dgn adanya penjelasan K13 dri bpk. Tidak pelit berbagi ilmu☺
ReplyDeletealhamdulillah
ReplyDeleteSangat sangat bermanfaat.
ReplyDeletealhamdulillah
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletetrm kasih pak Ziaulfalaq
DeleteTRIMAKASIH INFONYA PAK. KALO BISA JUGA POSTING RPP YG SDH JADI YA
ReplyDeletesudah pak, di postingan lain
DeleteTerimakasih p zuhri
ReplyDeletetrm kasih jg...@madrasahku
DeleteAssalamualaikum Pak zuhri, Terimakasih atas penjelasan nya, benar2 bermanfat,Saya ingin bertanya kira-kira password untuk mendownload RPP bahasa inggris apa ya pak? Karena disaat saya ingin extract file ZIP nya di dokumen, ada notif muncul dan bilang harus butuh password untuk membukanya.....Sekiranya mohon dibalas, wassalamualaikum.
ReplyDeleteTerima kasih apresiasinya Ibu Refina Puteri, maaf saya belum tahu password RPP b. Inggris, bukan saya yg menyusun
ReplyDeleteTerima kasih pak,sngat membantu
ReplyDeleteAlhamdulillah, trm kasih juga Pak Adhe Imran
DeleteSangat membantu. Terima kasih telah berbagi.
ReplyDeleteContoh rpp abad 21 yg sdh jadi bisa d lihat d mana..?
ReplyDeletesaya kesulitan menemukan perangkat pembelajaran bahasa & sastra indonesia kelas XI & XII yang Peminatan.. apakah pak zuhri memilikinya??
ReplyDeleteSilahkan akses kejar.id
ReplyDeleteDan kontak wa 081390761401
https://jasapemesananperangkatk13.blogspot.com/
Trimakasih sangat bermanfaat
ReplyDelete