SOAL PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.
Tujuan
pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan
dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
2.
Komponen
rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi
dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran,
sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi
dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran,
sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi
dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media
pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi
dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran,
sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
3.
Silabus
dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah
sebagai berikut:
A.
Silabus
berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk
mencapai kompetensi dasar
B.
Silabus
bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari
standar kompetensi lulusan
C.
RPP
dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
D.
RPP
dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
4.
Salah
satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A.
Materi
atau bahan ajar berbasis kompetensi
B.
Pembelajaran
dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C.
RPP
bersumber dari silabus
D.
Alokasi
waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
5.
Renacana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam
satu kali pertemuan atau lebih. Dijabarkan dari....
A. Silabus
untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD
B. Silabus
untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD
C. Silabus
untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD
D. Silabus
untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD
6.
Perhatikan
beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai
berikut ......
1) Kompetensi
dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator
: menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan
Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat
menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut
prinsip digunakan adalah....
A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
D. Keterkaitan dan keterpaduan
7.
Dalam
mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan beberapa
faktor di bawah ini, kecuali satu yakni;:
A.
Metode
mengajar yang digunakan guru
B.
Karakteristik
bahan ajar
C.
Waktu
yang tersedia untuk kegiatan
pembelajaran
D.
Buku
sumber yang digunakan dalam pembelajaran
8.
Jika
seorang guru melakukan aktifitas pembelajaran sebagai berikut:
1) Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan
pada kemampuan penguasaan dalam proses berfikir dan berkomunikasi,
2) Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing belajar peserta didik.
3) Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara
penyelesaian masalah dengan berpatokan pada aturan yang berlaku, seperti peta konsep, diagram ven, portopolio, uji
kompetensi, dan ujian komprehensif.
Maka guru tersebut dapat dikatakan
menggunakan pembelajaran yang berbasis....
A.
Kognitivisme
B.
Behaviorisme
C.
Konstructivisme
D.
Humanisme
9.
Menurut Piaget, periode perkembangan operasi kongkrit pada siswa usia peserta didik antara 7
– 12 tahun. Dengan demikian proses pembelajaran dikelas harus lebih
menekankan…
A. Penggunaan
media, alat peraga termasuk sumber belajar.
B. Pemberian
tugas yang tersetruktur.
C. Penggunaan
metode bervariasi
D. Menekankan
berfikir ktiris dan pemecahan masalah.
10.
Benjamin
S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A.
ingatan;
pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B.
ingatan,
pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
C.
ingatan,
pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D.
ingatan,
pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
11. Taksonomi Anderson dan Krathwol
menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan
urutan berikut:
A.
ingatan;
pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B.
ingatan,
pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
C.
ingatan,
pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D.
ingatan,
pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.
12.
Model
pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak
kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang
perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi
dengan tepat, adalah….
A.
Role
Playing
B.
Inquiry
C.
Problem
Solving
D.
Picture
and Picture
13. Faktor yang penting dipertimbangkan guru
dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:
A.
Waktu
yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B.
Rumusan
masalah yang harus didiskusikan
C.
Jumlah
peserta didik yang mengikti pembelajaran
D.
Motivasi
belajar siswa
14. Kemampuan yang paling penting dimiliki guru tentang
media dan alat bantu pembelajaran adalah:
A. Memilih bahan untuk membuat media/alat
bantu
B. Membuat media dan alat bantu sederhana
C. Menggunakan media dan alat bantu
D.
Merawat
media dan alat bantu
15. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda
dalam….
A. Pencapaian
standar kompetensi
B. Pencapaian
kompetensi dasar.
C. Pencapaian
tujuan pembelajaran
D. Pencapaian
standar kelulusan
16. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada
saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
A.
Mengulang
kembali bahan yang diajarkan
B.
Memberikan
tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
C.
Memberikan
buku sumber untuk dipelajari siswa
D.
Membantu
setiap siswa yang mengalami kesulitan
17. Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami
kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa
yang akan dilakukan ?
A.
Memindahkantempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
B.
Mengulangi
penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
C.
Memberikan
bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
D.
Menugaskan
seluruh peserta didik membaca buku sumber
18. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika
seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A.
Menunjuk
peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B.
Memberikan
kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah
C.
Menyederhanakan
isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
D.
Menjawab
sendiri pertanyaan tersebut.
19. Prinsip sistematis sebagai salah satu
prinsip pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan
urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik,
intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
B. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat
asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman
belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan indikator, materi
pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian
cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen silabus saling berhubungan
secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
20. Ciri-ciri kelas yang menggunakan
pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan satu sumber
MODUL LENGKAP, SOAL KK PROFESIONAL BACA DI SINI
MODUL LENGKAP, LK, SOAL KK PEDAGOGIK BACA DI SINI
MODUL LENGKAP, SOAL KK PROFESIONAL BACA DI SINI
MODUL LENGKAP, LK, SOAL KK PEDAGOGIK BACA DI SINI
Alhamdulillah, sangat membantu. Terimakasih
ReplyDeleteAlhamdulillah sangat membantu
ReplyDelete