RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
: SMA Negeri 2
Boyolali
|
Mata Pelajaran
|
: Bahasa dan Sastra
Indonesia
|
Kelas/Semester
|
: X1/Ganjil
|
Materi Pokok
|
: Teks Eksplanasi
|
Alokasi Waktu
|
: 6 x 45 Menit (2X
pertemuan)
|
A. Kompetensi
Inti
K1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
K2
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
K3
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, eksplanasial,
dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
eksplanasial pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
K4
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara
efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
|
|
3.3 Mengidentifikasi informasi
(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang
didengar dan atau dibaca
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3.1 Memahami
informasi berupa pengetahuan dan urutan kejadian dari yang didengar atau
dibaca.
3.3.2 Menemukan
makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
|
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI
KI 4
|
|
4.3
Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks
eksposisi secara lisan dan/tulis
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
4.3.1 Menyusun
bagian-bagian pokok teks eksplanasi.
4.3.2 Menyajikan
hasil teks eksplanasi.
|
C. Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik,
dan CLIL dengan model saintifik, peserta
didik dapat memahami informasi berupa pengetahuan dan urutan kejadian dari yang
didengar atau dibaca, menemukan
makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis, menyusun
bagian-bagian pokok teks eksplanasi, dan menyajikan hasil teks eksplanasi
dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/
komunikatif selama proses embelajaran.
D.
Materi
Teks
Eksplanasi:
- Fakta
- Pernyataan-pernyataan sebab-akibat (kausalitas).
Struktur Teks Eksplanasi:
- Pengetahuan
- Deretan Penjelas
- Interpretasi (opsional)
E.
Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawab,
penugasan
G.
Media/Alat, dan Bahan Sumber
Belajar
1.
Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.
Sumber
Belajar :
a. Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia
Kelas XI
Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter
(PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta didik
merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima
informasi tentang
hal-hal yang akan
dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran
dan penilaian
pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati video terjadinya hujan.
2. Peserta didik mengidentifikasi video tersebut berhubungan dengan teks
eksplanasi
Menanya
1. Peserta didik bertanya jawab tentang video tersebut berhubungan dengan
teks eksplanasi
2. Peserta didik memberi komentar terhadap video tersebut dihubungkan dengan
teks eksplanasi
Menalar
1.
Peserta didik duduk secara
berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.
Peserta didik secara
berdiskusi mengidentifikasi bentuk teks eksplanasi
3.
Peserta didik mencari
contoh teks eksplanasi dari berbagai sumber.
Mencoba
1.
Peserta didik mencoba
menganalisis informasi dan urutan kejadian dalam teks eksplanasi yang
didapat.
2.
Peserta didik mencoba
menganalisis makna tersirat dalam teks eksplanasi yang didapat.
3.
Peserta didik mencatat
hasil analisis informasi, urutan kejadian, dan makna tersirat dalam teks
eksplanasi yang didapat.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta didik secara
berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.
Peserta didik yang lain memberikan komentar dan
masukan
atas penampilan temannya.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative)
|
70 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Kegiatan guru
1. Melakukan
penilaian.
2. Memberikan
tugas kepada peserta didik untuk banyak membaca teks eksplanasi lainnya
3. Menyampaikan
rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4. Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
10 menit
|
Pertemuan 2
(@4
×45 menit)
Tahap
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Nilai Karakter
(PPK), Literasi, 4C, HOTS
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Peserta didik
merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
2.
Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawab).
3.
Peserta didik menyimak
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan manfaatnya
dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta didik menerima
informasi tentang
hal-hal yang akan
dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran
dan penilaian
pembelajaran
|
Religius
Rasa ingin
tahu
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik mengamati contoh teks eksplanasi
2. Peserta didik mengidentifikasi informasi (pengetahuan), urutan kejadian,
dan makna yang tersirat dalam teks
3. Peserta didik mengidentifikasi bagian-bagian pokok dalam teks
Menanya
1. Peserta didik bertanya jawab tentang bagian-bagian pokok dari teks
2. Peserta didik memberi komentar bagian-bagian pokok teks eksplanasi
yang dibahas
Menalar
1.
Peserta didik duduk secara
berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.
Peserta didik berdiskusi
untuk mengidentifikasi bagian-bagian pokok teks eksplanasi untuk selanjutnya
dapat disajikan hasilnya
Mencoba
1.
Peserta didik mencoba
menyusun hasil teks eksplanasi berdasarkan bagian-bagian pokok yang telah
diidentifikasi dan didiskusikan.
Mengomunikasikan/menyajikan
1.
Peserta didik secara
berkelompok menyajikan hasil kerjanya
2.
Peserta didik yang lain memberikan komentar dan
masukan
atas penampilan temannya.
|
Literasi
Rasa ingin tahu
Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)
Komunikatif (Communicative
|
150 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan guru
bersama peserta didik
1. Membuat
rangkuman/ simpulan pelajaran.
2. Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.
Melakukan
penilaian.
2.
Memberikan tugas kepada peserta didik
untuk membawa contoh lain dari teks eksplanasi baik dari
koran, majalah atau buku sumber lainnya.
3.
Menyampaikan
rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya,.
4.
Menutup kegiatan belajar mengajar.
|
Kreativitas (Creativity)
HOTS
|
15 menit
|
H.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian:
a.
Penilaian Sikap :Observasi/pengamatan
b.
Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c.
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk Penilaian:
a.
Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.
Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
c.
Unjuk
kerja :lembar penilaian
presentasi
d.
Portofolio :pedoman
penilaian portofolio
3. Remedial
a.
Pembelajaran remedial
dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.
Tahapan pembelajaran
remedial dilaksanakan melalui remidial teaching
(klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.
Tes remedial, dilakukan
sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan,
maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
4.
Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai
nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.
Siswa yang mencapai nilai
diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
LAMPIRAN: MATERI TEKS EKSPLANASI
Eksplanasi berasal dari bahasa asing
(Inggris) yang berarti tindakan menerangkan atau menjelaskan dan keterangan,
pernyataan atau fakta yang menjelaskan. Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang
berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam,
sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya. Eksplanasi adalah
teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam
maupun sosial
Teks ini disusun dengan
struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pengetahuan
(pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi/penutup. Bagian pengetahuan
berisi informasi singkat tentang apa yang dibicarakan. Bagian deretan penjelas
berisi urutan uraian atau penjelasan tentang peristiwa yang terjadi. Sementara
itu, bagian interpretasi berisi pendapat singkat penulis tentang peristiwa yang
terjadi. Bagian ini merupakan penutup teks eksplanasi yang boleh ada atau tidak
ada.
Struktur Teks Eksplanasi
1)
Pengetahuan, Berisi tentang
penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan
fenomena tersebut atau penjelasannya. Penjelasan umum yang dituliskan dalam
teks ini berupa gambaran secara umum tentang apa, mengapa, dan bagaimana proses
peristiwa alam tersebut bisa terjadi.
2)
Deretan Penjelas, Berisi
tentang penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta
dan bisa terdiri lebih dari satu paragraf. Deretan penjelas mendeskripsikan dan
merincikan penyebab dan akibat dari sebuah bencana alam yang terjadi.
3)
Interpretasi (Opsional),
Teks penutup yang bersifat pilihan; bukan keharusan. Teks penutup yang dimaksud
adalah, teks yang merupakan intisari atau kesimpulan dari pengetahuan dan
deretan penjelas. Opsionalnya dapat berupa tanggapan maupun mengambil
kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut.
INTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan :
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Tahun pelajaran
: 2017/2018
Kelas/Semester :
XI / 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia–
Wajib
NO
|
WAKTU
|
NAMA
|
KEJADIAN/
PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
POS/
NEG
|
TINDAK LANJUT
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
INSTRUMEN
PENUGASAN 1
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia - Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
3.3
|
Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis
|
Indikator
|
:
|
3.3.1
|
Memahami informasi berupa pengetahuan dan urutan
kejadian dari yang didengar atau dibaca.
|
|
|
3.1.2
|
Menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi
secara lisan dan tulis.
|
Materi
|
:
|
Teks Eksplanasi
|
Contoh Tugas:
Jawablah pertanyaan
berikut!
|
|
1.
|
Apa yang menjadi dasar jika teks tersebut dinamakan teks eksplanasi?
|
2.
|
Bagaimana ciri umum dari teks eksplanasi?
|
3.
|
Teks eksplanasi dibentuk oleh unsur apa saja?
|
4.
|
Apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi?
|
5.
|
Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi?
|
Apa saja bukti
bahwa semua teks di bawah ini berbentuk eksplanasi?
Apa pula
gagasan umum serta fakta penting di dalam teks tersebut?
|
|
a.
|
Pertumbuhan dimulai dari kecambah. Struktur awal yang muncul berupa
radikula atau akar primer. Hal ini menunjukkan bahwa yang pertama kali
dibutuhkan kecambah adalah air dan kebutuhan untuk melekat pada tanah. Akar
primer akan tumbuh secara lateral, membentuk akar sekunder, dan selanjutnya
tumbuhlah cabang-cabang menjadi suatu sistem akar.
|
b.
|
Percabangan suatu bahasa proto menjadi dua bahasa baru atau lebih;
serta tiap-tiap bahasa baru itu dapat bercabang pula dan seterusnya, dapat
disamakan dengan percabangan sebatang pohon. Pada suatu waktu batang pohon
tadi mengeluarkan cabang-cabang baru, lalu tiap cabang bertunas dan bertumbuh
menjadi cabang-cabang baru. Cabang-cabang yang baru kemudian mengeluarkan
ranting-ranting yang baru. Demikian
seterusnya. Begitu pula percabangan pada bahasa.
|
Teks
|
Bukti sebagai Eksplanasi
|
Gagasan Umum
|
Fakta Penting
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
INSTRUMEN
PENUGASAN 2
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA N 2 Boyolali
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
4.3
|
Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
|
Indikator
|
:
|
4.3.1
|
Menyusun bagian-bagian pokok teks eksplanasi
|
|
|
4.3.2
|
Menyajikan hasil teks eksplanasi
|
Materi
|
:
|
Teks Eksplanasi
|
Contoh Tugas:
Bacalah satu
teks eksplanasi, kemudian ikutilah instruksi di bawah ini!
1.
Tentukanlah mana
yang merupakan pengetahuan, deretan penjelas, dan interpretasi.
2.
Carilah
kalimat-kalimat yang memuat informasi berdasarkan fakta (faktual).
RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN
Nama Peserta didik/kelompok : …………………………………………………
Kelas :
…………………………………………………
Tanggal Pengumpulan :
...............................................................
No
|
Kategori
|
Skor
|
Alasan
|
1.
|
1. Apakah
teks eksplanasi yang ditulis lengkap ?
|
|
|
2.
|
3. Apakah terdapat
uraian tentang struktur eksplanasi?
|
|
|
3.
|
Apakah bahasa
yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan
sesuaidengan kaidah EYD?
|
|
|
4.
|
Apakah terdapat bagian-bagian pokok teks eksplanasi?
|
|
|
5.
|
Apakah terdapat informasi atau pengetahuan dalam teks?
|
|
|
Jumlah
|
|
|
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 =
sangat kurang
INSTRUMEN
TES TERTULIS
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
|
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
|
Kelas
|
:
|
XI
|
|
Kompetensi
dasar
|
:
|
3.3
|
Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis
|
Indikator
|
:
|
3.3.1
|
Memahami informasi berupa pengetahuan dan urutan
kejadian dari yang didengar atau dibaca.
|
|
|
3.3.2
|
Menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi
secara lisan dan tulis.
|
Tes
Tertulis
Disediakan dua teks eksplanasi
1. Identifikasilah
informasi berupa pengetahuan dan urutan kejadian dalam
teks eksplanasi.
2. Tuliskan makna tersirat dalam teks eksplanasi tersebut
3. Kemukakan komentarmu
terhadap kedua teks eksplanasi
tersebut
Tertulis (soal HOTS)
1.
Identifikasilah teks eksplanasi dengan memperhatikan
isi, informasi, urutan kejadian, dan makna tersirat yang disampaikan
dalam teks eksplanasi!
2.
Buatlah rancangan teks eksplanasi dengan bagian-bagian
pokok!
3.
Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan
teman-temanmu.
RUBRIK PENILAIAN
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Peserta didik mengidentifikasi informasi dan urutan kejadian teks eksplanasi
dengan sangat tepat
|
4
|
a.
Peserta didik mengidentifikasi informasi dan urutan kejadian
teks eksplanasi dengan tepat
|
3
|
|
b.
Peserta didik mengidentifikasi informasi dan urutan kejadian
teks eksplanasi dengan kurang tepat
|
2
|
|
c.
Peserta didik mengidentifikasi informasi dan urutan kejadian
teks eksplanasi dengan tidak tepat
|
1
|
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
2
|
Peserta didik membuat rancangan bagian-bagian pokok teks eksplanasi dengan sangat
tepat
|
4
|
|
d.
Peserta didik membuat rancangan bagian-bagian pokok teks
eksplanasi dengan tepat
|
3
|
|
e.
Peserta didik membuat rancangan bagian-bagian pokok teks
eksplanasi dengan kurang tepat
|
2
|
|
f.
Peserta didik membuat rancangan bagian-bagian pokok teks
eksplanasi dengan tidak tepat
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
3
|
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat
tepat
|
4
|
|
g.
Peserta didik mengemukakan komentar
dengan tepat
|
3
|
|
h.
Peserta didik mengemukakan komentar
dengan kurang tepat
|
2
|
|
i.
Peserta didik mengemukakan komentar
dengan tidak tepat
|
1
|
INSTRUMEN
PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA
NEGERI 2 BOYOLALI
|
||
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
||
Kelas
|
:
|
X
|
||
Materi
|
:
|
Menganalisis dan memerankan dialog eksplanasi
|
||
Kompetensi
dasar
|
:
|
4.3
|
Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
|
|
Indikator
|
:
|
4.3.1
|
Menyusun bagian-bagian pokok teks eksplanasi.
|
|
|
|
4.3.2
|
Menyajikan hasil teks eksplanasi.
|
1. Lembar Soal Keterampilan
1. Susunlah bagian-bagian pokok dari teks eksplanasi!
2. Sajikanlah hasil teks eksplanasi berdasarkan
bagian-bagian pokok yang telah disusun!
2.
Rubrik
Penilaian
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
Peserta didik menyusun bagian-bagian pokok dari teks eksplanasi
sangat baik
|
4
|
j.
Peserta didik menyusun bagian-bagian pokok dari teks eksplanasi
baik
|
3
|
|
k.
Peserta didik menyusun bagian-bagian pokok dari teks eksplanasi
kurang baik
|
2
|
|
l.
Peserta didik menyusun bagian-bagian pokok dari teks eksplanasi
tidak baik
|
1
|
|
2
|
Peserta menyajikan eksplanasi berdasarkan bagian-bagian pokok yang telah
disusun sangat lengkap dan sangat sesuai
dengan topik
|
4
|
m.
Peserta menyajikan eksplanasi berdasarkan bagian-bagian
pokok yang telah disusun lengkap dan sesuai dengan topik
|
3
|
|
n.
Peserta menyajikan eksplanasi berdasarkan bagian-bagian
pokok yang telah disusun kurang lengkap
dan kurang dengan topik
|
2
|
|
o.
Peserta menyajikan eksplanasi berdasarkan bagian-bagian
pokok yang telah disusun tidak lengkap dan
tidak sesuai isi teks
|
1
|
INSTRUMEN
PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMA
NEGERI 2 BOYOLALI
|
||
Mata
Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia – Wajib
|
||
Kelas
|
:
|
XI
|
||
Materi
|
:
|
Menganalisis Teks eksplanasi
|
||
Kompetensi
dasar
|
:
|
3.3
|
Mengidentifikasi
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan
tulis
|
|
|
|
4.3
|
Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
|
|
Indikator
|
:
|
3.3.1
|
Menunjukan pengetahuan atau pengetahuan dalam suatu kegiatan
|
|
|
|
3.3.2
|
Menuliskan urutan kejadian sebagai eksplanasi
melakukan suatu kegiatan
|
|
|
|
4.3.1
|
Mengungkapkan pengetahuan dan urutan kejadian secara lisan.
|
|
|
|
4.3.2
|
Menuliskan pengetahuan dan urutan
kejadian
|
Tugas I
1.
Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas
masing-masing/tiap kelas beda warna map
2.
Buat rangkuman dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman
dibuat pada kertas folio bergaris.
3.
Batas waktu pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir
PEDOMAN
PENSKORAN:
KRITERIA
YANG DINILAI
|
SKOR
MAKSIMAL
|
Peserta didik menyimpan semua tugas
yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas dikerjakan dengan benar,
serta dikumpulkan tepat waktu
|
4
|
Peserta didik menyimpan
tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang
lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu
|
3
|
Peserta didik menyimpan
tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang
lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu
|
2
|
Peserta didik menyimpan
tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan salah, dan
kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu
|
1
|
Peserta didik tidak menyimpan satu
pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak pernah mengumpulkan tugas
|
0
|
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis Tugas :
Kelas :
XI
Semester/ Tahun Pelajaran : 1/
2018 - 2019
No
|
Nama
Peserta didik
|
Tugas
KD
|
Nilai
|
Tanda
Tangan
|
Ket.
(Tgl
Pengumpulan)
|
|
Peserta
Didik
|
Guru
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KISI-KISI
SOAL HOTS
Tahun
Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI
Semester : 1
(dua)
Kurikulum : 2013
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kelas/
Semester
|
Indikator
Soal
|
Level
Kognitif
|
Bentuk
Soal
|
Nomor
Soal
|
1
|
3.3 Mengidentifikasi
informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan
tulis
|
Memahami informasi berupa pengetahuan dan urutan
kejadian dari yang didengar atau dibaca.
|
XI/1
|
Disajikan
teks eksplanasi, peserta didik dapat menunjukan
informasi berupa pengetahuan dan urutan kejadian
|
C4
|
Uraian
|
1
|
2
|
Menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi
secara lisan dan tulis.
|
XI/1
|
Disajikan
teks eksplanasi, peserta didik dapat menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
|
C5
|
uraian
|
2
|
|
3
|
4.3
Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis
|
Menyusun bagian-bagian pokok teks eksplanasi.
|
XI/1
|
Disajikan teks
eksplanasi peserta didik
dapat enyusun bagian-bagian pokok teks eksplanasi.
|
C2
|
uraian
|
3
|
4
|
Menyajikan hasil teks eksplanasi.
|
XI/1
|
Disajikan teks
eksplanasi peserta didik
dapat menyajikan hasil teks eksplanasi.
|
C5
|
uraian
|
4
|
|
5
|
|
Mengomentari
teks eksplanasi
|
XI/1
|
Disajikan
video tentang eksplanasi peserta didik dapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks eksplanasi
dengan benar.
|
C2
|
uraian
|
5
|
KARTU
SOAL HOTS
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1
(satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi
Dasar
|
:
|
3.3 Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan
urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis
4.3 Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan
kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
|
Materi
|
:
|
Teks eksplanasi
|
Indikator Soal Nomor 1
|
:
|
Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat menunjukan informasi berupa pengetahuan dan urutan kejadian dengan
benar
|
Indikator Soal Nomor 2
|
:
|
Disajikan teks eksplanasi, peserta didik dapat menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi
secara lisan dan tulis dengan benar
|
Indikator Soal Nomor 3
|
:
|
Disajikan teks eksplanasi peserta didik dapat menyusun bagian-bagian pokok
teks eksplanasi.dengan benar.
|
Indikator Soal Nomor 4
|
:
|
Disajikan teks eksplanasi peserta didik dapat menyajikan hasil teks eksplanasi.
|
Indikator Soal Nomor 5
|
:
|
Disajikan video tentang eksplanasi peserta didik dapat
memberikan solusi terhadap pertanyaan teks eksplanasi dengan benar.
|
Boyolali,
2 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2
Boyolali Guru
Mata Pelajaran,
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014 NIP
197207081998011001
Pak numpang copy
ReplyDeletemakasih banyak, Pak.
silakan, bu Asma Husna. terima kasih jg
ReplyDeleteternuwun pak, sukses terus, semoga segala urusannya dipermudah Allah ...
ReplyDeleteKeren Banget pak... izin save pak.. terimakasih ilmunya
ReplyDeleteijin kopi dan mempelajari pak
ReplyDeleteterima kasih
semoga amal baik anda di balas Tuhan YME
Terima kasih pak Zuhri .. izin menggunakan ... sangat membantu
ReplyDeleteterima kasih, izin download
ReplyDeletepak kalau boleh tau sumber penilaian dan sumber belajar didapat dari kurikulum nasional dan dirubah sendiri ya pak ? atau bagaimana ?
ReplyDeleteTerima kasih.Izin coppy ya
ReplyDeletepostage stamps
ReplyDeletestamps
usps postage