KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
|
|
|
|
|
|
|
|
Satuan Pendidikan |
: SMA NEGERI 2 BOYOLALI |
|
|
Mata Pelajaran |
: BAHASA
INDONESIA |
|
|
Kelas / Semester |
: XI MIPA/IIS/ 2 (GENAP) |
|
|
Tahun Pelajaran |
: 2017/ 2018 |
|
|
|
|
KKM |
: 75 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kompetensi Inti |
: |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. |
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya |
2. |
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
3. |
Memahami, menerapkan,
dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. |
4. |
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. |
|
|
|
|
|
|
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR |
Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) |
Kriteria
Penentuan Ketuntasan |
Komplek sitas |
Sarana
pendukung |
Intake
siswa |
3.12. |
Menentukan
informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau
penelitian yang
dibaca.
|
75 |
|
|
|
|
3.12.1 Mengidentifiksi
isi tiap-tiap unsur proposal |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
3.12.2 Menyunting
proposal yang dibaca dengan cara melengkapi informasi yang kurang lengkap. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
3.12.3 Mempresentasikan
hasil kerja dalam diskusi kelas. |
75 |
76 |
74 |
75 |
4.12. |
Melengkapi
informasi dalam proposal secara lisan supaya lebih efektif.
|
75 |
|
|
|
|
4.12.1 Mengidentifiksi
isi tiap-tiap unsur proposal |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
4.12.2 Menyunting
proposal yang dibaca dengan cara melengkapi informasi yang kurang lengkap. |
75 |
76 |
74 |
75 |
|
4.12.3 Mempresentasikan
hasil kerja dalam diskusi kelas. |
75 |
76 |
74 |
75 |
3.13. |
Menganalisis
isi, sistematika, dan kebahasaan suatu
proposal. |
75 |
|
|
|
|
3.13.1 Mengidentifikasi
isi, sistematika, dan kebahasaan proposal. |
75 |
76 |
74 |
75 |
|
3.13.2 Membuat
proposal berdasarkan unsur-unsur proposal, pendahuluan, latar belakang
masalah, metode, pelaksanaan (tempat, waktu, biaya, dan pelaksana) dengan
memperhatikan isi dan kebahasaannya. |
75 |
76 |
74 |
75 |
|
3.13.3
Mempresentasikan,menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi
kelas |
75 |
76 |
74 |
75 |
4.13. |
Merancang sebuah
proposal karya ilmiah dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya
ilmiah yang diperlukan. |
75 |
|
|
|
|
4.13.1 Menganalisis
isi, sistematika, dan kebahasaan suatu
proposal. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
4.13.1 Mengidentifikasi
isi, sistematika, dan kebahasaan proposal. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
4.13.2 Membuat
proposal berdasarkan unsur-unsur proposal, pendahuluan, latar belakang
masalah, metode, pelaksanaan (tempat, waktu, biaya, dan pelaksana) dengan
memperhatikan isi dan kebahasaannya. |
75 |
76 |
74 |
75 |
3.14. |
Mengidentifikasi
informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca.
|
75 |
|
|
|
|
3.14.1
Menentukan informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca. |
75 |
76 |
74 |
75 |
|
3.14.2 Merancang
karya ilmiah sesuai dengan unsur-unsur dan isi karya ilmiah. |
75 |
76 |
74 |
75 |
|
3.14.3
Mempresentasikan menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas. |
75 |
76 |
74 |
75 |
4.14. |
Merancang
informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah |
75 |
|
|
|
|
4.14.1
Menentukan informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
4.14.2 Merancang
karya ilmiah sesuai dengan unsur-unsur dan isi karya ilmiah. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
4.14.3
Mempresentasikan menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas. |
75 |
76 |
74 |
75 |
3.15. |
Menganalisis
sistematika dan kebahasaan karya ilmiah. |
75 |
|
|
|
|
3.15.1
Mengumpulkan dan mengidentifikasi data berkenaan dengan informasi yang akan
disusun dalam bentuk karya ilmiah. |
75 |
76 |
74 |
75 |
|
3.15.2 Menulis
karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan. |
75 |
76 |
74 |
75 |
|
3.15.3
Mempresentasikan, menanggapi, merevisi,menilaikarya ilmiah hasil kerja dalam
diskusi kelas. |
75 |
76 |
74 |
75 |
4.15. |
Mengonstruksi
sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan
kebahasaan |
75 |
|
|
|
|
3.15.1
Mengumpulkan dan mengidentifikasi data berkenaan dengan informasi yang akan
disusun dalam bentuk karya ilmiah. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
3.15.2 Menulis
karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
3.15.3
Mempresentasikan, menanggapi, merevisi,menilaikarya ilmiah hasil kerja dalam
diskusi kelas. |
75 |
76 |
74 |
75 |
3.16. |
Membandingkan
isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi. |
75 |
|
|
|
|
3.16.1
Menentukan persamaan dan perbedaan isi dan sistematika beberapa resensi. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
3.16.2 Menyusun
sebuah resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsurnya. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
3.16.3
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi
kelas. |
75 |
76 |
74 |
75 |
4.16. |
Menyusun sebuah
resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi. |
75 |
|
|
|
|
4.16.1
Menentukan persamaan dan perbedaan isi dan sistematika beberapa resensi. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
4.16.2 Menyusun
sebuah resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsurnya. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
4.16.3
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi
kelas. |
75 |
76 |
74 |
75 |
3.17. |
Menganalisis
kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda |
75 |
|
|
|
|
3.17.1
Mengidentifikasi kebahasaan resensi. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
3.17.2
Mengonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerpen atau novel. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
3.17.3
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi
kelas. |
75 |
76 |
74 |
75 |
4.17. |
Mengkonstruksi
sebuah resensi dari buku kumpulan cerita pendek atau novel yang sudah
dibaca. |
75 |
|
|
|
|
4.17.1
Mengidentifikasi kebahasaan resensi. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
4.17.2
Mengonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerpen atau novel. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
4.17.3
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi
kelas. |
75 |
76 |
74 |
75 |
3.18. |
Mengidentifikasi
alur cerita, babak demi babak, dan konflik
dalam drama yang dibaca atau ditonton. |
75 |
|
|
|
|
3.18.1. Mendata
alur, konfliks, penokohan, dan hal yang menarik dalam drama yang dipentaskan. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
3.18.2.
Memerankan salah satu tokoh dalam
naskah drama yang dibaca sesuai dengan watak tokoh tersebut. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
3.18.3. Memberi
tanggapan, serta memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas. |
75 |
74 |
76 |
75 |
4.18. |
Mempertunjukkan
salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan. |
75 |
|
|
|
|
4.18.1. Mendata
alur, konfliks, penokohan, dan hal yang menarik dalam drama yang dipentaskan. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
4.18.2.
Memerankan salah satu tokoh dalam
naskah drama yang dibaca sesuai dengan watak tokoh tersebut. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
4.18.3. Memberi
tanggapan, serta memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas. |
75 |
74 |
76 |
75 |
3.19. |
Menganalisis isi
dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton.
|
75 |
|
|
|
|
3.19.1.
Mengidentifikasi isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
3.19.2.
Merancang pementasan dan mendemonstrasikan
drama sebagai seni pertunjukan dengan memperhatikan tata panggung,
kostum, tata musik, dan sebagainya. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
3.19.3.
Memberikan tanggapan terhadap pementasan drama kelompok lain. |
75 |
74 |
76 |
75 |
4.19. |
Mendemonstrasikan
sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. |
75 |
|
|
|
|
4.19.1.
Mengidentifikasi isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
4.19.2.
Merancang pementasan dan mendemonstrasikan
drama sebagai seni pertunjukan dengan memperhatikan tata panggung,
kostum, tata musik, dan sebagainya. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
4.19.3.
Memberikan tanggapan terhadap pementasan drama kelompok lain. |
75 |
74 |
76 |
75 |
3.20. |
Menganalisis
pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca. |
75 |
|
|
|
|
3.20.1.
Mengidentifikasi pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi)
yang dibaca. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
3.20.2. Menyusun
ulasan terhadap pesan dari dua buku
fiksi yang dikaitkan dengan kondisi sekarang. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
3.20.3.
Mempresentasikan, menanggapi, memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas. |
75 |
74 |
76 |
75 |
4.20. |
Menyusun ulasan
terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi
kekinian. |
75 |
|
|
|
|
4.20.1.
Mengidentifikasi pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi)
yang dibaca. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
4.20.2. Menyusun
ulasan terhadap pesan dari dua buku
fiksi yang dikaitkan dengan kondisi sekarang. |
75 |
74 |
76 |
75 |
|
4.20.3.
Mempresentasikan, menanggapi, memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas. |
75 |
74 |
76 |
75 |
KKM SEMESTER 1 |
75 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, |
Boyolali, Januari 2018 |
|
Kepala SMA N 2 Boyolali |
Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 komentar:
Post a Comment