18 January 2018

RPP BAHASA INDONESIA KELAS IX/2 KURIKULUM 2006



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Sekolah
: SMP/MTs.
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: IX/2
Alokasi Waktu           
: 2  X  40 menit (1 pertemuan)




A.    Standar Kompetensi

9. Memahami isi pidato/khotbah/ceramah



B.     Kompetensi Dasar

9.2   Memberi komentar tentang isi pidato/khotbah/ ceramah



C.     Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar

1.      Mampu menemukan isi pidato

2.      Mampu memberi komentar dengan alasan logis dan bahasa yang santun tentang isi pidato



D.    Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dapat menemukan isi pidato

2.      Siswa dapat memberi komentar dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun tentang isi pidato



E.     PBKB

1.      Teliti

2.      Kesantunan

3.      Berpikir Logis



F.      Indikator Pencapaian PBKB

1.      Teliti

a.      Serius dan tidak menyepelekan hal-hal kecil

b.      Cermat dalam menemukan isi pidato

2.      Kesantunan

a.      Mampu menggunakan kalimat secara santun (tidak menyinggung perasaan)

b.      Mampu menggunakan pilihan kata yang halus waktu memberi komentar

c.       Mampu menerapkan aturan main dalam memberi komentar (terlebih dahulu memberi kesempatan kepada moderator)

3.      Berpikir Logis

a.      Mampu menggunakan kalimat secara  singkat, jelas, dan koheren

b.      Mampu menyampaikan komentar sesuai dengan masalah yang disampaikan 



G.    Materi Pembelajaran

1.      Isi pidato

2.      Komentar terhadap pidato dan implementasinya



H.    Model / Metode Pembelajaran

1. Model Pembelajaran          : Role Playing

2. Metode Pembelajaran        :Tanya jawab, Inkuiri, Diskusi, Demonstrasi, Penugasan 



I.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Rincian Kegiatan
Metode
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman siswa.
2.      Guru bersama siswa melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan pidato
3.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4.      Guru memberikan motivasi kepada siswa agar terbiasa mendengarkan/menonton pidato
Tanya jawab
10  menit
Inti

Eksplorasi
1.      Guru dan siswa bertanya jawab tentang isi pidato yang pernah didengarkannya.
2.      Guru memotivasi siswa agar terbiasa mendengarkan dengan saksama pidato
Elaborasi
3.      Siswa mendengarkan ceramah.
4.      Siswa mendiskusikan isi pidato
5.      Siswa mencermati simpulan  isi pidato
6.      Siswa mengomentari simpulan isi pidato
Konfirmasi
7.      Guru memberikan penegasan hasil diskusi.
Inkuiri





Diskusi
Demonstrasi


60 menit
Penutup
1.      Guru dan siswa melakukan refleksi.
2.      Guru menugasi siswa untuk mendengarkan sebuah pidato dari tayangan  televisi /siaran radio (dari internet) dan mengomentari isinya.
3.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Penugasan

10 menit





J.        Kegiatan di Luar Tatap Muka

1.      Kegiatan /Penugasan Terstruktur



Siswa memberi komentar tentang isi pidato pembina upacara bendera Senin pagi

Waktu: 1 minggu





2.       Kegiatan/Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur



Siswa mencatat hal penting dan memberikan komentar terhadap isi  pidato di televisi

Kesepakatan guru dan siswa

K.    Penilaian

a.    Penilaian Pencapaian Kompetensi Dasar





Indikator Penilaian :
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
1.Siswa dapat menentukan isi pidato
2.Siswa dapat memberi komentar dengan alasan logis dan bahasa yang santun tentang isi  pidato
Tes tulis
Uraian



Soal/Instrumen

1.      Temukan isi pidato  yang kalian dengar!

2.      Berikan komentar tentang isi pidato yang kalian  dengar dengan bahasa yang santun dan alasan yang logis!


 




1) Pedoman Penskoran


Deskriptor
Skor
Ø  Siswa menentukan isi pidato dengan benar dan tepat
Ø  Siswa menentukan isi pidato kurang benar
Ø  Siswa tidak  bisa menentukan isi pidato
5
3
0



2) Pedoman  Penskoran


                                                Deskriptor
Skor
Ø  Siswa memberikan komentar dengan alasan logis
Ø  Siswa memberikan komentar dengan alasan kurang logis
Ø  Siswa memberikan komentar dengan alasan tidak  logis
Ø  Siswa tidak memberikan komentar
3
2
1
0



Deskriptor
Skor
Ø  Siswa dapat memberi komentar dengan bahasa yang santun
Ø  Siswa dapat memberi komentar dengan bahasa yang kurang santun
2
1



Skor maksimal

No. 1) = 5

No. 2) = 3

= 2   Jumlah 10 



Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100



SkorPerolehan


Nilai Akhir
=
--------------------
x
Skor Ideal (100)


Skor Maksimal




b.      Pengamatan   selama proses pembelajaran untuk penilaian PBKB



No
Pencapaian Penilaian PBKB
PBKB
Skor
Teliti
Kesantunan
Berpikir Logis
1
MK (membudaya)
4
4
4
12
2
MB (mulai berkembang)
3
3
3
9
3
MT (mulai terlihat)
2
2
2
6
4
BT(belum terlihat)
1
1
1
3







Skor Maksimal
4
4
4
12




L.     Alat, Sumber, Media Pembelajaran

1.   Alat:    Papan tulis, spidol

2.   Sumber:  

· Atikah Anindyarini, dkk. 2008. Bahasa  Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX (Paket BSE). Jakarta: Puskurbuk Kemdiknas. halaman ... .

·   Kosasih, E & Restuti. 2006. Mandiri (Mengasah Kemampuan Diri)  Bahasa  Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas IX. Jakarta: Erlangga.  halaman ... .

3. Media: Teks pidato

 




                                                                                    ..............., ............ 2018

Mengetahui  

Kepala Sekolah,                                           Guru Mata Pelajaran,







..............                                                          .........................................................


0 komentar:

Post a Comment