22 January 2018

MEMAKNAI KATA SIMBOLIK ATAU KATA BERLAMBANG

     

Kata Simbolik / Kata berlambang

Kata simbolik atau kata berlambang adalah kata yang membandingkan suatu hal dengan simbol lain, dapat berupa lambang, tokoh, hewan, ataupun benda. Simbol yang digunakan mempunyai makna tertentu yang mewakili suatu hal yang ingin disampaikan. 


Macam-macam kata Berlambang:

Kata berlambang dalam karya sastra, khususnya puisi dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1)        Lambang benda

Perhatikan contoh berikut.

Burung dara jantan

Yang dulu kau pelihara

Kini telah terbang menemui jodohnya

(WS Rendra)

Baris burung dara jantan merupakan lambang/simbol yang berarti anak laki-laki.

2)        Lambang warna

Pada contoh di bawah ini lambang warna hitam digunakan untuk mengungkapkan perasaan duka.

Ini dari kami bertiga

Pita hitam pada karangan bunga

Sebab kami ikut berduka

Bagi kakak yang ditembak mati

Siang tadi

Salemba

(Karangan Bunga karya Taufik Ismail)

3)        Lambang bunyi

Lambang bunyi berarti makna khusus bunyi alat musik atau perpaduan bunyi-bunyi tertentu.

Seruling di pasir ipis, merdu

Antara gundukan pohonan pina

Tembang menggema di dua kaki

Burangrang-Tangkubanperahu

(Priangan Si Jelita karya Ramadhan K.H.) 

4)        Lambang suasana

Lambang suasana berarti menggambarkan suatu peristiwa atau keadaan dengan hal lain. Perhatikan contoh berikut.

Tuhanku

aku mengembara di negeri asing

Tuhanku

di pintu-Mu aku mengetuk

aku tidak bisa berpaling

(Doa karya Chairil Anwar)

Pada baris yang ditandai dengan garis bawah, penyair mencoba mengungkapkan suasana kegelisahan karena jauh dari Tuhan. Kegelisahan itu dilambangkan dengan mengembara di negeri yang asing (http://bahasapedia.com/kata-konotasi-dan-lambang-dalam-puisi/).



Contoh soal UN SMA/MA dan pembahasan:

Kunci jawaban: C

Pembahasan:

Makna lambang mercusuar dalam kutipan tersebut adalah penuntun (jawaban C). Fungsi mercusuar adalah sebagai pedoman/penunjuk arah bagi pelaut. Penggunaan kata mercusuar untuk melambangkan janji setia yang berfungsi sebagai pedoman atau dasar sikap/tindakan tokoh Sie untuk mencintai suaminya apa adanya dan merawatnya dengan sungguh-sungguh.

Untuk menentukan makna lambang mercusuar pada kutipan teks tersebut dapat dilakukan dengan memahami makna mercusuar dan dikaitkan dengan konteks penggunaan dalam teks.

Mercusuar adalah sebuah bangunan menara dengan sumber cahaya di puncaknya untuk membantu navigasi kapal laut. ... Mercusuar biasanya digunakan untuk menandai daerah-daerah yang berbahaya, misalnya karang dan daerah laut yang dangkal (https://id.wikipedia.org/wiki/Mercusuar).

Bangunan tinggi ini biasanya didirikan di kawasan laut yang dipenuhi oleh batuan karang, atau pada perairan laut dangkal yang luas. Dilengkapi sistem lampu sorot yang bersinar terang pada malam hari. Mercusuar sangat membantu para pelaut untuk lebih berhati-hati membawa kapalnya di kawasan laut (http://fungsi.info/fungsi-mercusuar/)

Berdasarkan penjelasan di atas salah satu fungsi mercusuar adalah sebagai pedoman bagi pelaut. Kata yang memiliki makna yang sama/hampir sama adalah penuntun. penuntun/pe·nun·tun/ n 1 petunjuk untuk melakukan suatu pekerjaan; pedoman; 2 alat untuk menuntun; 3 orang yang menuntun; (https://kbbi.web.id/tuntun).

Pada kutipan di atas kata mercusuar melambangkan janji setia. Bagi pelaut mercusuar adalah pedoman/arah berlayar di lautan. Bagi istri janji setia adalah pedoman/penuntun dalam mengarungi bahtera kehidupan.
Contoh soal UN SMP/MTs. dan pembahasan

Makna simbol bendera kuning dalam teks tersebut adalah ada yang meninggal (pilihan jawaban B). Kalimat yang menjelaskan bahwa makna simbol bendera kuning adalah tanda ada yang meninggal, yaitu kalimat Di sana sudah banyak orang dan sebuah ambulance.

1 comment: