SILABUS BAHASA INDONESIA
Kompetnsi
inti
Alokasi
waktu 4 jam pelajaran/minggu
Semester
Genap
SMA
NEGERI 2 BOYOLALI
Kelas
X
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, esni
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.10
Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam
teks negosiasi lisan maupun tertulis.
|
Isi teks negosiasi:
· permasalahan;
· pengajuan;
· penawaran;
· persetujuan/
kesepakatan yang tercapai.
|
·
Menilai masalah, bagaimana cara
menyampaikan pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam
bernegosiasi.
·
Mengungkapkan cara pengajuan, penawaran,
dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
·
Memberikan tanggapan hasil kerja teman atau
kelompok lain secara lisan (kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan
isi, kelengkapan data, EYD, dan penggunaan kalimat).
|
4.10
Menyampaikan pengajuan,
penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau
tulis.
|
||
3.11
Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan,
penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi.
|
Struktur teks negosiasi:
· orientasi
dan
· permasalahan(pengajuan,
penawaran, dan persetujuan).
Kebahasaan
· pasangan
tuturan dalam teks negosisi dan
· bahasa
yang santun.
|
·
Menentukanstruktur: orientasi dan
permasalahan (pengajuan, penawaran, dan persetujuan),
·
Menentukan cirri kebahasaan (pasangan
tuturan dan kesantunan) dalam teks negosiasi.
·
Menyusun teks negosiasi dengan memerhatikan struktur teks dan aspek
kebahasaan.
·
Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks negosiasi yang telah disusun.
|
4.11 Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi,
struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,
persetujuan, penutup) dan
kebahasaan.
|
||
3.12 Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen
beberapa pihak dan simpulan dari debat
untuk menemukan esensi dari debat.
|
Debat:
· esensi
debat;
· mosi
(permasalahan yang didebatkan);
· argumen
untuk menguatkan pendapat sesuai dengan sudut pandang yang diambil; dan
· tanggapan
(mendukung dan menolak pendapat disertai argumen).
|
·
Mengidentifikasi permasalahan, sudut pandang, argumen,
pemeran, sikap, pemilihan topik dan simpulan dari simulasi debat yang
menimbulkan pro dan kontra yang diperankan oleh peserta didik.
·
Melaksanakan debat.
·
Mengevaluasi pelaksanaan debat.
|
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen
beberapa pihak, dan simpulan dari
debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat.
|
||
3.13 Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang
dan argumen beberapa pihak, dan
simpulan).
|
Isi
debat:
· mosi/
topik permasalahan yang diperdebatkan;
· pernyataan
sikap (mendukung atau menolak);
· argumenasi
untuk mendukung sikap.
Pihak-pihak
pelaksana debat:
· pihak
yang mengajukan mosi/topik permasalahan yang diperdebat-kan;
· tim
afirmatif (yang setuju dengan mosi);
· tim
oposisi yang tidak setuju dengan mosi);
· pemimpin/
wasit debat (yang menjaga tata tertib)’
· Penonton/
juri.
|
· Mengidentifikasi
isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan).
·
Memberikan tanggapan (kelebihan dan
kekurangan) terhadap pihak-pihak pelaku debat.
·
Melaksanakan debat.
·
Mengevaluasi pelaksanaan debat.
|
4.13 Mengembangkan
permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam
berdebat.
|
||
3.14 Menilai
hal yang dapat diteladani dari teks biografi
|
· Pola
penyajian cerita ulang (biografi).
· Hal-hal
yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi.
|
·
Mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan, karier,
perjuangan) dalam biografi tokoh.
·
Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat
diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi
·
Memberikan komentar secara lisan atau tulis
terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain.
|
4.14 Mengungkapkan
kembali hal-hal yang dapat diteladani
dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis.
|
||
3.15 Menganalisis
aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
|
Unsur-unsur biografi:
· orientasi:
(identitas singkat tokoh);
· rangkaian
peristiwa dan masalah yang dialami; dan
· Reorientasi
:
Kebahasaan
biografi:
· pronominal;
· pengacu
dan yang diacu; dan
· konjungsi.
|
·
Mendata
pokok-pokok isi biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi.
·
Menulis teks biografi tokoh dengan
memerhatikan isi (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan)
·
Memberikan tanggapan secara lisan terhadap
isi teks (biografi) yang ditulis teman
|
4.15
Menceritakan kembali isi teks biografi baik lisan maupun
tulis
|
||
3.16 Mengidentifikasi
suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan
atau dibaca.
|
Puisi:
(semua jenis puisi)
· isi;
· tema;
· makna;
· amanat;
dan
· suasana.
|
·
Mendata suasana, tema, dan makna dalam
puisi yang didengar dan atau dibaca.
·
Memusikalisasikan dan menanggapi salah satu puisi dari antologi puisi atau
kumpulan puisi dengan memerhatikan
vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo).
|
4.16 Mendemonstrasikan
(membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau
kumpulan puisi dengan memerhatikan
vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
|
||
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi.
|
Unsur-unsur
pembangun puisi
·
diksi;
·
imaji;
·
kata konkret;
·
gaya bahasa;
·
rima/irama;
·
tipografi;
·
tema/makna (sense);
·
rasa (feeling);
·
nada (tone);dan
·
amanat/tujuan/maksud (itention).
|
·
Mendata kata-kata yang menunjukkan diksi,
imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone),
dan amanat/tujuan/maksud (itention). dalam puisi.
·
Menulis puisi dengan memerhatikan diksi,
imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone),
dan amanat/tujuan/maksud (itention).
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi puisi yang telah
ditulis
|
4.17
Menulis puisi dengan memerhatikan
unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan)
|
||
3.18 Menganalisis
isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca.
|
Resensi buku.
|
Membuat Resensi Buku yang
Dibaca
·
Menganalisis kelebihan dan kekurangan buku
yang dibaca
·
Menyusun resensi buku nonfiksi yang
dibaca.dengan memerhatikan unsur-unsur resensi
·
Mempresentasikan dan menanggapiresensi yang
ditulis
|
4.18
Mempresentasikan replikasi isi buku
ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi.
|
Boyolali,
Januari 2018
Mengetahui
Kepala SMA......... Guru
Mata Pelajaran
……………………… ………………………………
UNDUH SILABUS BAHASA INDONESIA DI SINI
UNDUH GRATIS PERANGKAT PEMBELAJARAN SEMESTER 2 TAHUN
PELAJARAN 2017/2018
SILABUS, PROTA, PROSEM/PROMES, KKM, RPP BAHASA INDONESIA
KELAS X, XI, XII SMA/SMK/MA
KELAS X
1.
SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS X
2.
PROGRAM TAHUNAN BAHASA INDONESIA KELAS X
3.
PROGRAM SEMESTER BAHASA INDONESIA KELAS X
4.
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL BAHASA INDONESIA
KELAS X
5.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA
INDONESIA KELAS X
KELAS XI
1.
SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XI
2.
PROGRAM TAHUNAN BAHASA INDONESIA KELAS XI
3.
PROGRAM SEMESTER BAHASA INDONESIA KELAS XI
4.
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL BAHASA INDONESIA
KELAS XI
5.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA
INDONESIA KELAS XI
KELAS XII
1.
SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XII
2.
PROGRAM TAHUNAN BAHASA INDONESIA KELAS XII
3.
PROGRAM SEMESTER BAHASA INDONESIA KELAS XII
4.
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL BAHASA INDONESIA
KELAS XII
5.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA
INDONESIA KELAS XII
0 komentar:
Post a Comment