08 January 2018

KISI-KISI OGN 2018 MAPEL BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SMA/SMK/SMALB




CAKUPAN MATERI KOMPETENSI PROFESIONAL OGN 2018 MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SMA/SMK/SMALB

1. Hakikat bahasa

2. Fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dan bahasa Nasional

3. Ragam-ragam bahasa

4. Variasi bahasa berdasarkan pemakainya

5. Variasi bahasa berdasarkan pemakaiannya

6. Pemerolehan dan pembelajaran bahasa

7. Pragmatik

8. Berbagai genre teks

9. Isi suatu teks

10. Fakta dan opini dalam suatu teks

11. Kelengkapan paragraf

12. Paragraf yang kohesif

13. Paragraf dan koheren

14. Berbagai pola pengembangan paragraf

15. Penggunaan EBI: Pemakaian huruf yang tepat

16. Penggunaan EBI: Penulisan kata yang tepat

17. Penggunaan EBI: Penggunaan tanda baca yang tepat

18. Penggunaan EBI: Penulisan unsur serapan yang tepat

19. Kalimat efektif azas kehematan

20. Kalimat efektif azas kepaduan

21. Kalimat efektif azas kesatuan gagasan

22. Kalimat efektif azas penalaran

23. Kalimat efektif azas kesejajaran

24. Kalimat efektif azas kevariasian

25. Kalimat efektif azas penekanan

26. Diksi, arti, dan definisi

27. Presentasi akademik, pidato, dan sambutan

28. Tata cara dan kesantunan wawancara

29. Jenis, tatacara, dan kesantunan diskusi

30. Pesan singkat dan surat

31. Keterampilan berbahasa: Membaca cepat

32. Keterampilan berbahasa: Membaca nyaring

33. Keterampilan berbahasa: membaca kritis

34. Keterampilan berbahasa: Menulis karya tulis 500 kata berdasarkan topiK yang telah ditentukan

35. Sejarah Sastra

36. Prosa: Cerpen

37. Prosa: Cerita Rakyat

38. Prosa: Novel

39. Puisi Lama

40. Puisi Baru

41. Drama

(Dikutip dari Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018)

KISI-KISI OGN 2018 KOMPETENSI PEDAGOGIK (UNTUK SEMUA MATA PELAJARAN)

CAKUPAN MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK OGN 2018 DIKMEN

1. Pemahaman peserta didik secara mendalam: prinsip-prinsip perkembangan kognitif peserta didik, prinsip-prinsip kepribadian peserta didik, dan bekal ajar awal peserta didik.

2. Perancangan pembelajaran, termasuk pemahaman landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran: landasan kependi-dikan, teori belajar dan pembelajaran, strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar, serta rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang dipilih.

3. Pelaksanaan pembelajaran: penataan latar (setting) pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang kondusif.

4. Perancangan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran: evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode, analisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery learning), dan pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.

5. Pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan kompetensi guru: pengembangan berbagai potensi akademik dan nonakademik peserta didik.

(Dikutip dari Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018)




0 komentar:

Post a Comment