CAKUPAN
MATERI KOMPETENSI PROFESIONAL OGN 2018 MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA
INDONESIA SMA/SMK/SMALB
2.
Fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dan bahasa Nasional
3.
Ragam-ragam bahasa
4.
Variasi bahasa berdasarkan pemakainya
5.
Variasi bahasa berdasarkan pemakaiannya
6.
Pemerolehan dan pembelajaran bahasa
7.
Pragmatik
8.
Berbagai genre teks
9.
Isi suatu teks
10.
Fakta dan opini dalam suatu teks
11.
Kelengkapan paragraf
12.
Paragraf yang kohesif
13.
Paragraf dan koheren
14.
Berbagai pola pengembangan paragraf
15.
Penggunaan EBI: Pemakaian huruf yang tepat
16.
Penggunaan EBI: Penulisan kata yang tepat
17.
Penggunaan EBI: Penggunaan tanda baca yang tepat
18.
Penggunaan EBI: Penulisan unsur serapan yang tepat
19.
Kalimat efektif azas kehematan
20.
Kalimat efektif azas kepaduan
21.
Kalimat efektif azas kesatuan gagasan
22.
Kalimat efektif azas penalaran
23.
Kalimat efektif azas kesejajaran
24.
Kalimat efektif azas kevariasian
25.
Kalimat efektif azas penekanan
26.
Diksi, arti, dan definisi
27.
Presentasi akademik, pidato, dan sambutan
28.
Tata cara dan kesantunan wawancara
29.
Jenis, tatacara, dan kesantunan diskusi
30.
Pesan singkat dan surat
31.
Keterampilan berbahasa: Membaca cepat
32.
Keterampilan berbahasa: Membaca nyaring
33.
Keterampilan berbahasa: membaca kritis
34.
Keterampilan berbahasa: Menulis karya tulis 500 kata berdasarkan topiK yang
telah ditentukan
35.
Sejarah Sastra
36.
Prosa: Cerpen
37.
Prosa: Cerita Rakyat
38.
Prosa: Novel
39.
Puisi Lama
40.
Puisi Baru
41.
Drama
(Dikutip
dari Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Menengah
Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan
Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018)
KISI-KISI
OGN 2018 KOMPETENSI PEDAGOGIK (UNTUK SEMUA MATA PELAJARAN)
CAKUPAN
MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK OGN 2018 DIKMEN
1.
Pemahaman peserta didik secara mendalam: prinsip-prinsip perkembangan kognitif
peserta didik, prinsip-prinsip kepribadian peserta didik, dan bekal ajar awal
peserta didik.
2.
Perancangan pembelajaran, termasuk pemahaman landasan pendidikan untuk
kepentingan pembelajaran: landasan kependi-dikan, teori belajar dan
pembelajaran, strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik,
kompetensi yang ingin dicapai, dan materi ajar, serta rancangan pembelajaran
berdasarkan strategi yang dipilih.
3.
Pelaksanaan pembelajaran: penataan latar (setting) pembelajaran dan pelaksanaan
pembelajaran yang kondusif.
4.
Perancangan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran: evaluasi (assessment) proses
dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode, analisis
hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan
belajar (mastery learning), dan pemanfaatan hasil penilaian pembelajaran untuk
perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.
5.
Pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan kompetensi guru:
pengembangan berbagai potensi akademik dan nonakademik peserta didik.
(Dikutip
dari Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Menengah Direktorat
Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga
Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2018)
0 komentar:
Post a Comment