PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN YANG KONDUSIF DAN PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK
BAHAN PERSIAPAN OLIMPIADE GURU NASIONAL 2017
1.
Bagaimanakah
langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik? Berikan contoh!
Pembelajaran dengan
pendekatan saintifik dilaksanakan dengan lima langkah yang disingkat dengan 5M,
yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah
informasi/mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
a. Mengamati
Kegiatan Belajarnya
mengamati: melihat, membaca, mendengar, menyimak (tanpa atau dengan alat).
2.
Menanya
Kegiatan Belajarnya: Mengajukan
pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik).
3.
Mengumpulkan Informasi/ Eksperimen
Kegiatan Belajarnya:
Melakukan eksperimen, Membaca sumber lain selain buku teks, Mengamati
objek/kejadian, Aktivitas Wawancara dengan narasumber
4.
Mengasosiasikan/ Mengolah
Kegiatan Belajarnya
Mengolah informasi yang
sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen
maupun hasil mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi
5.
Mengkomunikasikan
Kegiatan Belajarnya :
Menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnnya.
KONSEP PENDEKATAN SAINTIFIK BACA DI SINI
CONTOH RPP DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BACA DI SINI
2.
Apakah
yang dimaksud dengan model pembelajaran discovery learning? Jelaskan langkah-langkah
discovery learning dan buatlah contoh dalam perencanaan pembelajaran
Model Discovery
Learning adalah teori belajar yang didefinisikan sebagai proses pembelajaran
yang terjadi bila pelajar tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk
finalnya, tetapi diharapkan siswa mengorganisasi sendiri.
Pelaksanaan pembelajaran
dengan model discovery learning meliputi 6 tahap, yaitu
a. Stimulation
(stimulasi/pemberian rangsangan)
b. Problem
statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
c. Data
collection (Pengumpulan Data).
d. Data
Processing (Pengolahan Data)
e. Verification
(Pembuktian)
f. Generalization
(menarik kesimpulan/generalisasi)
PEMBAHASAN LENGKAP
DISCOVERY LEARNING BACA DI SINI
CONTOH RPP DISCOVERY
LEARNING BACA DI SINI
3.
Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran
berbasis masalah ) ? Jelaskan langkah-langkah Problem Based Learning dan
buatlah contoh dalam perencanaan pembelajaran
Pembelajaran berbasis
masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah
kontekstual sehingga merangsang peserta didik untuk belajar. Dalam kelas yang
menerapkan pembelajaran berbasis masalah, peserta didik bekerja dalam tim untuk
memecahkan masalah dunia nyata (real world)
Tahapan-Tahapan Model
PBL
Fase 1: Orientasi
peserta didik kepada masalah.
Fase 2: Mengorganisasikan
peserta didik
Fase 3: Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok.
Fase 4: Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya.
Fase 5: Menganalisa dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah.
PENJELASAN LENGKAP PBL
BACA DI SINI
CONTOH RPP PBL BACA DISINI
4. Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran Project Based Learning (Pembelajaran
berbasis proyek ) ? Jelaskan langkah-langkah Project Based Learning dan buatlah
contoh dalam perencanaan pembelajaran
Pembelajaran Berbasis
Proyek (Project Based Learning=PjBL) adalah metode pembelajaran yang
menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi,
penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai
bentuk hasil belajar.
Pembelajaran Berbasis
Proyek merupakan metode belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awal
dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan
pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata.
Langkah-langkah
Pembelajaran Berbasis Proyek
1. Penentuan Pertanyaan
Mendasar (Start With the Essential Question).
2. Mendesain
Perencanaan Proyek (Design a Plan for the Project)
3. Menyusun Jadwal
(Create a Schedule)
4. Memonitor peserta
didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the
Project)
5. Menguji Hasil
(Assess the Outcome).
6. Mengevaluasi
Pengalaman (Evaluate the Experience)
PENJELASAN LENGKAP POJECT
BASED LEARNING BACA DI SINI
CONTOH RPP PjBL BACA DISINI
BACA JUGA TANYA JAWAB PEDAGOGIK I
BACA JUGA TANYA JAWAB PEDAGOGIK II
BACA JUGA TANYA JAWAB PEDAGOGIK IV
BACA CONTOH BEST PRACTICE BABAK FINAL OGN DI SINI
BACA CONTOH RISALAH AKADEMIK BABAK FINAL OGN DI SINI
BREAKING NEWS....
MODUL, LEMBAR KERJA, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB GURU PEMBELAJAR TAHUN 2017 KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI
MODUL, LK, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB 2017 KOMPETENSI PROFESIONAL BACA DI SINI
BACA JUGA TANYA JAWAB PEDAGOGIK I
BACA JUGA TANYA JAWAB PEDAGOGIK II
BACA JUGA TANYA JAWAB PEDAGOGIK IV
BACA CONTOH BEST PRACTICE BABAK FINAL OGN DI SINI
BACA CONTOH RISALAH AKADEMIK BABAK FINAL OGN DI SINI
BREAKING NEWS....
MODUL, LEMBAR KERJA, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB GURU PEMBELAJAR TAHUN 2017 KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI
MODUL, LK, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB 2017 KOMPETENSI PROFESIONAL BACA DI SINI
Trima kasih banyak sangat bermanfaat ilmunya
ReplyDeleteTerima kasih juga atas kunjungan dan komentar Ibu. Semoga Ibu Wardah sukses selalu
Deletetrimkaseh sangat membantu belajar
Deletetrm kasih juga, moga bermanfaaf. Sukses untuk Mbak Ria Nova
Deleteaku suka....
ReplyDeleteSaya bahagia ...
DeleteKalau contoh soal bahasa Inggris tidak ada ya pak?
ReplyDeleteMohon ibu Japri ke nomor WA saya 089675945577. Saya punya sedikit soal dan saya coba hubungkan teman yang mengajar mapel Bahasa Inggris
Deleteatau via email zuhrimuh879@gmail.com
DeleteSudah saya kirim Wa pk
ReplyDeleteIya, bu...
DeleteTerima kasih pak, sangat bermanfaat bagi saya, semoga berkah
ReplyDeleteaamiin, semoga sukses pak...
DeleteTerima kasih pak sangat bermanfaat
ReplyDeleteTerima kasih, Pak. Semoga menjadi ladang pahala bagi njenengan. Aamiin.
ReplyDelete