06 May 2017

SOAL OGN 2017 TANYA JAWAB KOMPETENSI PEDAGOGIK III DAN V


 PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG KONDUSIF DAN PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK
BAHAN PERSIAPAN OLIMPIADE GURU NASIONAL 2017

1.    Bagaimanakah langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik? Berikan contoh!

Pembelajaran dengan pendekatan saintifik dilaksanakan dengan lima langkah yang disingkat dengan 5M, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi/mengasosiasi, dan mengomunikasikan.

a. Mengamati

Kegiatan Belajarnya mengamati: melihat, membaca, mendengar, menyimak (tanpa atau dengan alat).

2.      Menanya

Kegiatan Belajarnya: Mengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik).

3.      Mengumpulkan Informasi/ Eksperimen

Kegiatan Belajarnya: Melakukan eksperimen, Membaca sumber lain selain buku teks, Mengamati objek/kejadian, Aktivitas Wawancara dengan narasumber

4.      Mengasosiasikan/ Mengolah

Kegiatan Belajarnya

Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen maupun hasil mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi

5.      Mengkomunikasikan         

Kegiatan Belajarnya : Menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan  hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnnya.

KONSEP PENDEKATAN SAINTIFIK BACA DI SINI

CONTOH RPP DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BACA DI SINI

2.    Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran discovery learning? Jelaskan langkah-langkah discovery learning dan buatlah contoh dalam perencanaan pembelajaran  

Model Discovery Learning adalah teori belajar yang didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila pelajar tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapi diharapkan siswa mengorganisasi sendiri.

Pelaksanaan pembelajaran dengan model discovery learning meliputi 6 tahap, yaitu

a. Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)   

b.  Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)     

c.  Data collection (Pengumpulan Data).     

d.  Data Processing (Pengolahan Data)     

e.  Verification (Pembuktian)

f.  Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

PEMBAHASAN LENGKAP DISCOVERY LEARNING BACA DI SINI

CONTOH RPP DISCOVERY LEARNING BACA DI SINI

3. Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran Problem Based Learning (Pembelajaran berbasis masalah ) ? Jelaskan langkah-langkah Problem Based Learning dan buatlah contoh dalam perencanaan pembelajaran

Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik untuk belajar. Dalam kelas yang menerapkan pembelajaran berbasis masalah, peserta didik bekerja dalam tim untuk memecahkan masalah dunia nyata (real world)

Tahapan-Tahapan Model PBL

Fase 1: Orientasi peserta didik kepada masalah.

Fase 2: Mengorganisasikan peserta didik

Fase 3: Membimbing penyelidikan individu dan kelompok.

Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.

Fase 5: Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

PENJELASAN LENGKAP PBL BACA DI SINI

CONTOH RPP PBL BACA DISINI

4. Apakah yang dimaksud dengan model pembelajaran Project Based Learning (Pembelajaran berbasis proyek ) ? Jelaskan langkah-langkah Project Based Learning dan buatlah contoh dalam perencanaan pembelajaran

Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning=PjBL) adalah metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.

Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan metode belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata.

Langkah-langkah Pembelajaran Berbasis Proyek

1. Penentuan Pertanyaan Mendasar (Start With the Essential Question).

2. Mendesain Perencanaan Proyek (Design a Plan for the Project)

3. Menyusun Jadwal (Create a Schedule)

4. Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project)

5. Menguji Hasil (Assess the Outcome).

6. Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience)

PENJELASAN LENGKAP POJECT BASED LEARNING BACA DI SINI

CONTOH RPP PjBL BACA DISINI

BACA JUGA TANYA JAWAB PEDAGOGIK I
BACA JUGA TANYA JAWAB PEDAGOGIK II
BACA JUGA TANYA JAWAB PEDAGOGIK IV

BACA CONTOH BEST PRACTICE BABAK FINAL OGN DI SINI
BACA CONTOH RISALAH AKADEMIK BABAK FINAL OGN DI SINI

BREAKING NEWS....
MODUL, LEMBAR KERJA, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB GURU PEMBELAJAR TAHUN 2017 KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI
MODUL, LK, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB 2017 KOMPETENSI PROFESIONAL BACA DI SINI


15 comments:

  1. Trima kasih banyak sangat bermanfaat ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga atas kunjungan dan komentar Ibu. Semoga Ibu Wardah sukses selalu

      Delete
    2. trimkaseh sangat membantu belajar

      Delete
    3. trm kasih juga, moga bermanfaaf. Sukses untuk Mbak Ria Nova

      Delete
  2. Kalau contoh soal bahasa Inggris tidak ada ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon ibu Japri ke nomor WA saya 089675945577. Saya punya sedikit soal dan saya coba hubungkan teman yang mengajar mapel Bahasa Inggris

      Delete
    2. atau via email zuhrimuh879@gmail.com

      Delete
  3. Terima kasih pak, sangat bermanfaat bagi saya, semoga berkah

    ReplyDelete
  4. Terima kasih pak sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Terima kasih, Pak. Semoga menjadi ladang pahala bagi njenengan. Aamiin.

    ReplyDelete