22 June 2018

DOWNLOAD JUKNIS PEDOMAN UMUM PROGRAM PKB MELALUI PROGRAM DIKLAT GURU TAHUN 2018


DOWNLOAD JUKNIS PEDOMAN UMUM PROGRAM PKB MELALUI PROGRAM DIKLAT GURU TAHUN 2018 
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru yang selanjutnya disebut Program Diklat Guru merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) di seluruh Indonesia sehingga dapat diketahui kondisi objektif guru saat ini dan kebutuhan peningkatan kompetensinya. 

21 June 2018

BUKU PEDOMAN GURU (BPG) BAHASA INDONESIA SMA/SMK KELAS X, XI, XII TAHUN PELAJARAN 2018/2019



BUKU PEDOMAN GURU (BPG) BAHASA INDONESIA KELAS X, XI, XII

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Buku Pedoman Guru (BPG) merupakan rencana kerja tahunan yang disusun guru sebagai upaya meningkatkan/memperbaiki kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proses pembelajaran. Semua kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut guru berkaitan dengan tugas utamanya sebagai pendidik dan pengajar maupun yang berkaitan dengan tugas-tugas tambahan direncanakan di dalam buku tersebut.

Berkaitan dengan pembinaan dan pengembangan profesi guru, di dalam buku ini juga disajikan rencana kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang akan dilakukann guru. Dengan demikian, buku pedoman guru sekaligus berfungsi sebagai pedoman dalam merencanakan kegiatan PKB sehingga profesionalitasnya dapat dikembangkan secara maksimal.

A. BUKU PROGRAM KERJA GURU KELAS X

1. Pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/indikator-pencapaian-kompetensi-ipk.html









10. Kalender Pendidikan (Kaldik) Tahun Pelajaran 2018/2019 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/05/contoh-kalender-pendidikan-kaldik.html

11. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Semester 1 (Lengkap) Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29.html 


MATERI PEMBELAJARAN DALAM BENTUK POWERPOINT KELAS X

1. Materi Ajar PPT Teks Laporan Hasil Observasi Klik  https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/ppt-struktur-dan-aspek-kebahasaan-teks_24.html







2. MATERI PEMBELAJARAN BENTUK POWERPOINT TEKS EKSPOSISI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/ppt-struktur-dan-aspek-kebahasaan-teks_30.html


3. PPT MATERI PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/07/ppt-struktur-dan-kaidah-kebahasaan-teks_1.html


B. BUKU PROGRAM KERJA GURU KELAS XI

1. Pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/pengembangan-indikator-pencapaian_13.html

2. Keterkaitan KI, KD, IPK, Materi Pembelajaran Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/ki-kd-ipk-dan-materi-pembelajaran.html








10. Kalender Pendidikan (Kaldik) Tahun Pelajaran 2018/2019 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/05/contoh-kalender-pendidikan-kaldik.html

11. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Semester 1 (Lengkap) Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29.html 
MATERI PEMBELAJARAN DALAM BENTUK POWERPOINT KELAS XI
1. POWERPOINT MATERI AJAR TEKS PROSEDUR KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/ppt-struktur-dan-aspek-kebahasaan-teks.html

2. PPT TEKS EKSPLANASI KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/ppt-struktur-dan-aspek-kebahasaan-teks_83.html


C. BUKU PROGRAM KERJA GURU KELAS XII

1. Pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/pengembangan-indikator-pencapaian.html

2. Keterkaitan KI, KD, IPK, Materi Pembelajaran KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/keterkaitan-ki-kd-ipk-dan-materi.html








10. Kalender Pendidikan (Kaldik) Tahun Pelajaran 2018/2019 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/05/contoh-kalender-pendidikan-kaldik.html

11. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Semester 1 (Lengkap) KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/rpp-lengkap-bahasa-indonesia-smasmk_29.html 
MATERI PEMBELAJARAN DALAM BENTUK POWERPOINT KELAS XII 




INFO TERBARU
PEDOMAN UMUM PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GURU (PROGRAM DIKLAT GURU) TAHUN 2018 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/download-juknis-pedoman-umum-program.html

UNDUH BUKU SISWA DAN BUKU GURU BAHASA INDONESIA KELAS X, XI, XII EDISI REVISI TAHUN 2018 KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/06/unduh-buku-bahasa-indonesia-smasmk.html



UNDUH PEMBAHASAN TEKS MATERI PEMBELAJARAN JENIS-JENIS TEKS BAHASA INDONESIA  SMA/SMK DALAM BENTUK TAYANGAN POWERPOINT BERIKUT.

Kelas X :





Kelas XI:





Kelas XII:



3. Teks Editorial Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/07/ppt-struktur-dan-kaidah-kebahasaan-teks_2.html 




RPP BAHASA INDONESIA SMA/SMK KELAS X, XI, XII SEMESTER 2


RPP B. IND Kelas X SEMESTER 2











RPP KELAS XI SEMESTER 2








RPP KELAS XII SEMESTER 2



 

KKM BAHASA INDONESIA SMA/SMK KELAS X


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kelas : X
Tahun Pelajaran : 2018/ 2019
KKM : 65
Kompetensi Inti    : 
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam  berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

PROGRAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BAHASA INDONESIA KELAS X SMA/SMK


PROGRAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/SMK


PROGRAM SEMESTER
                                                                            Mata Pelajaran     :  Bahasa Indonesia
                                                                            Kelas / Semester :  X / 1
                                                                            Tahun Pelajaran   :  2018/2019
No. Tema / Kompetensi Dasar Jml. Juli Agustus September Oktober November Desember
Jam 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4
1 3.1. Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. 4 2 2               JEDA SEMESTER PTS                 P A S P A S PASCA PAS LIBUR AKHIR SEMESTER LIBUR AKHIR SEMESTER
2 4.1. Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis. 4 2 2                              
3 3.2. Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi 4     2 2                          
4 4.2. Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik baik lisan maupun tulis. 4     2 2                          
5 3.3. Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca 4         2 2                      
6 4.3. Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis. 4         2 2                      
7 3.4. Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi. 4             2 2                  
8 4.4. Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan. 4             2 2                  
9 3.5. Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat. 4                 2 2              
10 4.5. Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis 4                 2 2              
11 3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot. 4                     2 2          
12 4.6. Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis 4                     2 2          
13 3.7. Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis. 2                         2        
14 4.7. Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca. 2                         2        
15 3.8. Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. 2                           2      
16 4.8. Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. 4                           2 2    
17 3.9. Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen. 2                             2    
18 4.9. Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca. 4                               2 2
JUMLAH 64 4 4 4 4 4 4 4 4 4     4 4 4 4 4 4 2 2          





UNDUH FILE EXCEL PROGRAM TAHUNAN DAN PROGRAM SEMESTER KLIK https://drive.google.com/open?id=1Tqe_Ake1pV2tSsh0pshRWGWiMzwIGkYs