(BERDASARKAN PERMENDIKNAS NOMOR 16 TAHUN 2007)
NO
|
KOMPETENSI INTI GURU
|
KOMPETENSI GURU KELAS PAUD/TK/RA
|
1
|
Menguasai
karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural,
emosional, dan
intelektual.
|
1.1
Memahami karakteristik peserta didik usia TK/PAUD yang berkaitan dengan aspek
fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, dan latar belakang
sosial-budaya.
1.2
Mengidentifikasi potensi peserta didik usia TK/PAUD dalam berbagai bidang pengembangan.
1.3
Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik usia TK/PAUD dalam berbagai
bidang pengembangan.
1.4
Mengidentifikasi kesulitan peserta didik usia TK/PAUD dalam berbagai bidang Pengembangan.
|
2
|
Menguasai
teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang
mendidik.
|
2.1
Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip bermain sambil belajar yang
mendidik yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD.
2.2
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik bermain sambil
belajar yang bersifat holistik, otentik, dan bemakna, yang terkait dengan
berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD.
|
3
|
Mengembangkan
kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/ bidang pengembangan
yang
diampu.
|
3.1
Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
3.2
Menentukan tujuan kegiatan pengembangan yang mendidik.
3.3
Menentukan kegiatan bermain sambil belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan
pengembangan.
3.4
Memilih materi kegiatan pengembangan yang mendidik yaitu kegiatan bermain sambil
belajar sesuai dengan tujuan pengembangan
3.5
Menyusun perencanaan semester, mingguan dan harian dalam berbagai kegiatan
pengembangan di TK/PAUD.
3.6
Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian
|
4
|
Menyelenggarakan
pembelajaran
yang
mendidik.
|
4.1
Memahami prinsip-prinsip perancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan
menyenangkan.
4.2
Mengembangkan komponen-komponen rancangan kegiatan pengembangan yang mendidik
dan menyenangkan.
4.3
Menyusun rancangan kegiatan pengembangan yang mendidik yang lengkap, baik
untuk kegiatan di dalam kelas, maupun di luar kelas.
4.4
Menerapkan kegiatan bermain yang bersifat holistik, otentik, dan bermakna.
4.5
Menciptakan suasana bermain yang menyenangkan, inklusif, dan demokratis
4.6
Memanfaatkan media dan sumber belajar yang sesuai dengan pendekatan bermain sambil
belajar.
4.7
Menerapkan tahapan bermain anak dalam kegiatan pengembangan di TK/PAUD.
4.8
Mengambil keputusan transaksional dalam kegiatan pengembangan di TK/PAUD
sesuai dengan situasi yang berkembang.
|
5
|
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
|
5.1
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan
pengembangan yang mendidik.
|
6
|
Memfasilitasi
pengembangan
potensi
peserta didik untuk Mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki
|
6.1
Menyediakan berbagai kegiatan bermain sambil belajar untuk mendorong peserta didik
mengembangkan potensinya secara optimal termasuk kreativitasnya.
|
7
|
Berkomunikasi
secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
|
7.1
Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun,
baik secara lisan maupun tulisan.
7.2
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan
bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal
dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik, (b) memberikan pertanyaan
atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespons, (c) respons
peserta didik, (d) reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya.
|
8
|
Menyelenggarakan
penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
|
8.1
Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI.
8.2
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan
dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI.
8.3
Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
8.4
Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
8.5
Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan
dengan mengunakan berbagai instrumen.
8.6
Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan.
8.7
Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar
|
9
|
Memanfaatkan
hasil penilaian dan
evaluasi
untuk kepentingan
pembelajaran.
|
9.1
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan
belajar.
9.2
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial
dan pengayaan.
9.3
Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan.
9.4
Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran.
|
10
|
Melakukan
tindakan reflektif untuk
peningkatan
kualitas
pembelajaran.
|
10.1
Melakukan
refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
10.2
Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan lima mata pelajaran
SD/MI.
10.3
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
lima mata pelajaran SD/MI.
|
UNTUK CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI
0 komentar:
Post a Comment