KOMPETENSI
PEDAGOGIK
KOMPETENSI
INTI: MENGEMBANGKAN KURIKULUM YANG TERKAIT DENGAN MATA PELAJARAN YANG DIAMPU
Indikator
Pencapaian Kompetensi : Mengidentifikasi Materi Pembelajaran yang Sesuai dengan
KI-KD
1.
Ada
beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam penyusunan bahan ajar atau
materi pembelajaran. Diantaranya, guru
harus yakin bahwa materi yang diajarkan dapat memberikan dasar-dasar
pengetahuan dan keterampilan yang akan dikembangkan lebih lanjut pada jenjang
pendidikan berikutnya. Materi yang diajarkan juga dapat mengembangkan kecakapan
hidup (life skills) dan sikap yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.
Hal
ini disebut prinsip…
A.
tingkat
kepentingan
B.
layak
dipelajari
C.
kebermanfaatan
D.
sahih
Jawab: C
Pembahasan :
Prinsip pemilihan materi pelajaran
antara lain sebagai berikut.
ü Tingkat
kepentingan : materi hendaknya benar-benar diperlukan oleh siswa
ü Layak
dipelajari: memungkinkan untuk dipelajari (tidak terlalu sukar dan tidak
terlalu mudah)
ü Kebermanfaatan:
memberikan dasar-dasar sikap, pengetahuan, dan Keterampilan (life skills)
ü Sahih: teruji
kebenaran dan kesahihannya
2.
Salah
satu prinsip yang harus diperhatikan dalam pemilihan materi pembelajaran adalah
setiap materi yang diberikan kepada siswa harus mampu menumbuhkembangkan rasa
ingin tahu sehingga memunculkan dorongan untuk mengembangkan sendiri kemampuan
mereka.
Hal ini disebut
prinsip…
A.
menarik minat
B.
layak
dipelajari
C.
kebermanfaatan
D.
sahih
Jawab: A
Pembahasan :
Prinsip pemilihan materi pelajaran antara
lain sebagai berikut.
ü Menarik minat :
menumbuhkan rasa ingin tahu
ü Layak
dipelajari: memungkinkan untuk dipelajari (tidak terlalu sukar dan tidak
terlalu mudah)
ü Kebermanfaatan: memberikan
dasar-dasar pengetahuan dan Keterampilan (life skills)
ü Sahih: teruji
kebenaran dan kesahihannya
3.
Dalam
menyiapkan materi pelajaran, Pak Kirmadi memulai dari materi yang bersifat umum
ke dalam bagian-bagian yang lebih khusus…
Bentuk pengembangan materi yang
disusun Pak Kirmadi mengikuti pola....
A.
kausal
B.
kronologis
C.
inquiri
D.
logis
Jawab : D
Pembahasan:
pola pengembangan materi pembelajaran
antara lain sebagai berikut.
ü Pola kausal: susunan
materi pembelajaran yang mengandung hubungan sebab-akibat.
ü Pola kronologis:
susunan materi pembelajaran yang mengandung urutan waktu.
ü Pola inquiri: susunan
materi pembelajaran yang mengarah pada proses penemuan ataupun pemecahan
masalah, meliputi langkah-langkah: (a) perumusan masalah, (b) penyusunan
hipotesis, (c) pengumpulan data, (d) pengujian hipotesis, dan (e) perumusan
simpulan.
ü Pola logis: susunan
materi pembelajaran yang dimulai dari bagian sederhana menuju kepada yang
kompleks.
4.
Dalam
menyiapkan materi pelajaran, Bu Catur menyusun materi pembelajaran dari bagian
sederhana menuju kepada yang kompleks.
Bentuk
pengembangan materi yang disusun Bu Catur mengikuti pola…
A.
logis
B.
Psikologis
C.
spiral
D.
inquiri
Jawab:
B
Pembahasan
pola
pengembangan materi pembelajaran antara lain sebagai berikut.
ü Pola logis:
susunan materi pembelajaran yang dimulai dari bagian sederhana menuju kepada
yang kompleks.
ü Pola Psikologis:
susunan materi pembelajaran yang dimulai dari umum ke dalam bagian-bagian yang
lebih khusus.
ü Pola spiral: Pola
spiral, susunan materi pembelajaran yang dipusatkan pada topik atau bahan
tertentu yang populer dan sederhana; kemudian dikembangkan, diperdalam, dan
diperluas dengan bahan yang lebih kompleks.
ü Pola inquiri: susunan
materi pembelajaran yang mengarah pada proses penemuan ataupun pemecahan
masalah, meliputi langkah-langkah: (a) perumusan masalah, (b) penyusunan
hipotesis, (c) pengumpulan data, (d) pengujian hipotesis, dan (e) perumusan
simpulan.
Untuk memperdalam pemahaman ttg pengembangan materi pembelajaran, Baca Ringkasan Materi Kompetensi Pedagogik Pengembangan Materi Pembelajaran
Pak tanya untuk soal nomor 3 & 4,pembahasan bingung..Antara pola logis & psikologis
ReplyDeletePola logis: Materi Pembelajaran dikembangkan dari yang sederhana ke kompleks. Tinjauannya berdasarkan tingkat kesulitan materi pembelajaran. Materi Pembelajaran yang lebih mudah disampaikan terlebih dahulu. Misalnya, pada mata pelajaran matematika: materi penjumlahan diberikan telebih dahulu,baru kemudian pengurangan (penjumlahan lebih mudah daripada pengurangan)
DeletePola psikologis: Materi pembelajaran dikembangkan dari umum ke bagian-bagian khusus. Tinjauannya berdasarkan luas sempitnya materi pembelajaran. Misalnya, disampaikan secara umum/garis besar ada empat jenis operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian), dilanjutkan pembahasan secara detil satu persatu operasi hitung.
Makasih bgt loo
ReplyDeleteLalu bagaimana dengan pola logis dan pola spiral, karena ada beberapa soal yang membingungkan antara pola keduanya
ReplyDeleteMohon dilengkapi tentang pembahasan pola spiral. Maturnuwun
ReplyDeleteSepertinya jawaban nomor 3 dan 4 keliru
ReplyDelete