13 April 2017

SOAL UTN PLPG 2017 PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN


KOMPETENSI PEDAGOGIK

KOMPETENSI INTI: MENGEMBANGKAN KURIKULUM YANG TERKAIT DENGAN MATA PELAJARAN YANG DIAMPU



Indikator Pencapaian Kompetensi : Mengidentifikasi Materi Pembelajaran yang Sesuai dengan KI-KD



1.     Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam penyusunan bahan ajar atau materi pembelajaran. Diantaranya,  guru harus yakin bahwa materi yang diajarkan dapat memberikan dasar-dasar pengetahuan dan keterampilan yang akan dikembangkan lebih lanjut pada jenjang pendidikan berikutnya. Materi yang diajarkan juga dapat mengembangkan kecakapan hidup (life skills) dan sikap yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini disebut prinsip…        

A.   tingkat kepentingan

B.   layak dipelajari

C.   kebermanfaatan

D.   sahih



Jawab: C

Pembahasan :

Prinsip pemilihan materi pelajaran antara lain sebagai berikut.

ü Tingkat kepentingan : materi hendaknya benar-benar diperlukan oleh siswa

ü Layak dipelajari: memungkinkan untuk dipelajari (tidak terlalu sukar dan tidak terlalu mudah)

ü Kebermanfaatan: memberikan dasar-dasar sikap, pengetahuan,  dan Keterampilan (life skills)

ü Sahih: teruji kebenaran dan kesahihannya



2.     Salah satu prinsip yang harus diperhatikan dalam pemilihan materi pembelajaran adalah setiap materi yang diberikan kepada siswa harus mampu menumbuhkembangkan rasa ingin tahu sehingga memunculkan dorongan untuk mengembangkan sendiri kemampuan mereka.



Hal ini disebut prinsip…



A.   menarik minat

B.   layak dipelajari

C.   kebermanfaatan

D.   sahih



Jawab: A

Pembahasan :

Prinsip pemilihan materi pelajaran antara lain sebagai berikut.

ü Menarik minat : menumbuhkan rasa ingin tahu

ü Layak dipelajari: memungkinkan untuk dipelajari (tidak terlalu sukar dan tidak terlalu mudah)

ü Kebermanfaatan: memberikan dasar-dasar pengetahuan dan Keterampilan (life skills)

ü Sahih: teruji kebenaran dan kesahihannya





3.     Dalam menyiapkan materi pelajaran, Pak Kirmadi memulai dari materi yang bersifat umum ke dalam bagian-bagian yang lebih khusus…

Bentuk pengembangan materi yang disusun Pak Kirmadi mengikuti pola....

A.   kausal  

B.   kronologis     

C.   inquiri

D.   logis



Jawab : D

Pembahasan:

pola pengembangan materi pembelajaran antara lain sebagai berikut.

ü Pola kausal: susunan materi pembelajaran yang mengandung hubungan sebab-akibat.

ü Pola kronologis: susunan materi pembelajaran yang mengandung urutan waktu.

ü Pola inquiri: susunan materi pembelajaran yang mengarah pada proses penemuan ataupun pemecahan masalah, meliputi langkah-langkah: (a) perumusan masalah, (b) penyusunan hipotesis, (c) pengumpulan data, (d) pengujian hipotesis, dan (e) perumusan simpulan.

ü Pola logis: susunan materi pembelajaran yang dimulai dari bagian sederhana menuju kepada yang kompleks.



4.     Dalam menyiapkan materi pelajaran, Bu Catur menyusun materi pembelajaran dari bagian sederhana menuju kepada yang kompleks.



Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Catur mengikuti pola…



A.   logis

B.   Psikologis

C.   spiral

D.   inquiri



Jawab: B

Pembahasan

pola pengembangan materi pembelajaran antara lain sebagai berikut.

ü Pola logis: susunan materi pembelajaran yang dimulai dari bagian sederhana menuju kepada yang kompleks.

ü Pola Psikologis: susunan materi pembelajaran yang dimulai dari umum ke dalam bagian-bagian yang lebih khusus.

ü Pola spiral: Pola spiral, susunan materi pembelajaran yang dipusatkan pada topik atau bahan tertentu yang populer dan sederhana; kemudian dikembangkan, diperdalam, dan diperluas dengan bahan yang lebih kompleks.

ü Pola inquiri: susunan materi pembelajaran yang mengarah pada proses penemuan ataupun pemecahan masalah, meliputi langkah-langkah: (a) perumusan masalah, (b) penyusunan hipotesis, (c) pengumpulan data, (d) pengujian hipotesis, dan (e) perumusan simpulan.

Untuk memperdalam pemahaman ttg pengembangan materi pembelajaran, Baca Ringkasan Materi Kompetensi Pedagogik Pengembangan Materi Pembelajaran


6 comments:

  1. Pak tanya untuk soal nomor 3 & 4,pembahasan bingung..Antara pola logis & psikologis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pola logis: Materi Pembelajaran dikembangkan dari yang sederhana ke kompleks. Tinjauannya berdasarkan tingkat kesulitan materi pembelajaran. Materi Pembelajaran yang lebih mudah disampaikan terlebih dahulu. Misalnya, pada mata pelajaran matematika: materi penjumlahan diberikan telebih dahulu,baru kemudian pengurangan (penjumlahan lebih mudah daripada pengurangan)
      Pola psikologis: Materi pembelajaran dikembangkan dari umum ke bagian-bagian khusus. Tinjauannya berdasarkan luas sempitnya materi pembelajaran. Misalnya, disampaikan secara umum/garis besar ada empat jenis operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian), dilanjutkan pembahasan secara detil satu persatu operasi hitung.

      Delete
  2. Lalu bagaimana dengan pola logis dan pola spiral, karena ada beberapa soal yang membingungkan antara pola keduanya

    ReplyDelete
  3. Mohon dilengkapi tentang pembahasan pola spiral. Maturnuwun

    ReplyDelete
  4. Sepertinya jawaban nomor 3 dan 4 keliru

    ReplyDelete