KOMPETENSI
INTI GURU: MENGUASAI TEORI BELAJAR DAN
PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN YANG MENDIDIK
1. Teori
ini memandang belajar sebagai hasil dari
pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati.
Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan
semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang
dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
2. Di
dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia
bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial
and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau
menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu.
Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
3. Menurut
teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator,
dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini
berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari
sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A.
Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
4. Pada
masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di
manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar
jarak jauh dalam jaringan atau online.
Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
5. Pendapat
yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait
dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang
adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C.
Kognitivisme
D. Sibernatik
Pembahasan
Macam-Macam
Teori Belajar
ü Behaviorisme:
Teori belajar tingkah laku (behaviorisme) memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari
luar (stimulus) dan balasan dari siswa
(response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan
dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of
exercise).
ü Kognitivisme:
Menurut Piaget, struktur kognitif atau skemata (schema) adalah suatu organisasi
mental tingkat tinggi yang terbentuk pada saat orang itu berinterkasi dengan
lingkungannya. Sejalan dengan itu, pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat
terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif
seseorang.
ü Konstruktivisme:
Belajar untuk menemukan (learning by discovery is learning to discover). di
kelas para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan
data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan
menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta
bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu.
ü Nativisme:
belajar bahasa pada hakikatnya hanyalah proses pengisian detil kaidah-kaidah
atau struktur aturan-aturan bahasa ke dalam LAD (Language Acquasition Device) yang sudah tersedia secara alamiah
pada manusia.
ü Humanistik:
tujuan belajar adalah untuk memanusiakan manusia. Proses balajar dianggap
berhasil jika seorang pelajar telah memahami lingkungannya dan dirinya sendiri.
Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang
pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya.
ü Sibernatik:
belajar adalah pengolahan atau pemrosesan informasi. Teori ini berkembang
sejalan dengan perkembangan teknologi dan ilmu informasi. Teori ini juga lebih
mementingkan system informasi dari pesan atau materi yang dipelajari.
UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN TERHADAP MATERI TEORI BELAJAR
BACA RINGKASAN MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK TEORI BELAJAR
UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN TERHADAP MATERI TEORI BELAJAR
BACA RINGKASAN MATERI KOMPETENSI PEDAGOGIK TEORI BELAJAR
Bagus, makasih
ReplyDeleteTrima kasih. Sangat bermanfaat.
ReplyDeleteTERIMAKASIH SAGAT BERMANFAAT
ReplyDeleteAlhmdllh mntp smg bermamfaat
ReplyDeleteMaa syaa Allah...sangat jelas..syukran...
ReplyDeleteTerimah kasih sudah membantu semoga tuhan membalas kebaikan anda yg sdh berbagi ilmu
ReplyDeleteTerimah kasih
ReplyDelete