12 April 2017

SOAL UTN PLPG 2017 HAKIKAT BAHASA DAN PEMEROLEHAN BAHASA


MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA


MEMAHAMI HAKIKAT BAHASA DAN PEMEROLEHAN BAHASA


1.  Setiap bahasa mempunyai ciri khas sendiri yang tidak dimiliki oleh bahasa lainnya.

Pernyataan ini menunjukkan bahwa bahasa bersifat ...      

A.   arbitrer        

B.   variatif

C.   dinamis

D.   unik


Jawab: D

Pembahasan:

Arbitrer: adalah tidak adanya hubungan wajib antara lambang bahasa (yang berwujud bunyi itu) dengan konsep atau pengertian yang dimaksud oleh lambang tersebut (mana suka)

Variatif: bahasa beragam sesuai status sosial dan latar belakang budaya.

Dinamis: kegiatan manusia itu selalu berubah, maka bahasa menjadi ikut berubah, menjadi tidak tetap, menjadi dinamis. Perubahan itu dapat berupa pemunculan kata atau istilah baru, peralihan makna sebuah kata, dan perubahanperubahan lainnya.

Unik: setiap bahasa mempunyai ciri khas sendiri yang tidak dimiliki oleh bahasa lainnya. Ciri khas

ini bisa menyangkut sistem bunyi, sistem pembentukan kata, sistem pembentukan kalimat, atau sistem-sistem lainnya.



2.     Salah satu teori pemerolehan bahasa menyatakan bahwa kematangan bernalar berbanding lurus dengan kemampuan berbahasa.

Konsep ini berpijak pada pandangan ...  

A.   kognitivisme

B.   nativisme     

C.   interaksionisme     

D.   behaviorisme


Jawab : A

Pembahasan:

Teori Kognitivisme: Perkembangan bahasa harus berlandaskan pada perubahan yang lebih mendasar dan lebih umum di dalam kognisi. Jadi, urutan-urutan perkembangan kognitif menentukan urutan perkembangan bahasa

Teori Nativisme: bahasa hanya dapat dikuasai oleh manusia, binatang tidak mungkin dapat menguasai bahasa manusia. setiap manusia yang lahir sudah dibekali dengan suatu alat untuk memperoleh bahasa (language acquisition device, disingkat LAD).

Teori interaksionisme beranggapan bahwa pemerolehan bahasa merupakan hasil interaksi antara kemampuan mental pembelajaran dan lingkungan bahasa.

Teori behaviorisme:  menyoroti aspek perilaku kebahasaan yang dapat diamati langsung dan hubungan antara rangsangan (stimulus) dan reaksi (response).

3.     Penguasaan kemampuan memformulasikan kaidah yang berada pada level rumit yang dicapai anak pada usia prasekolah merupakan bagian dari pemerolehan bahasa pada bidang ...

A.    fonologi

B.    morfologi      

C.     sintaksis        

D.    semantik


Jawab: B

Pembahasan:

Pemerolehan bahasa dalam bidang fonologi: sejak anak dilahirkan sampai usia 6 bulan, sampai anak mengeluarkan celotehan.

Pemerolehan bahasa dalam bidang morfologi: anak-anak mempelajari morfem mula-mula bersifat hapalan. Hal ini diikuti dengan membuat simpulan secara kasar tentang bentuk dan makna morfem. Akhirnya anak membentuk kaidah. Proses yang rumit ini dimulai pada periode prasekolah dan terus berlangsung sampai pada masa adolesen.

Pemerolehan Bahasa dalam bidang semantik: perkembangan kanak-kanak memperoleh makna suatu kata dengan cara menguasai fitur-fitur semantik kata itu satu demi satu sampai semua fitur semantik dikuasai, seperti yang dikuasai oleh orang dewasa.

Pemerolehan bahasa dalam bidang sintaksis: anak memulai berbahasa dengan mengucapkan satu kata atau bagian kata. Kata ini, bagi anak, sebenarnya adalah kalimat penuh.

Pemerolehan bahasa dalam bidang pragmatik : tahap pemerolehan pragmatik anak dipengaruhi oleh lingkungannya. Di dalam pemerolehan pragmatik, anak tidak hanya berbahasa tetapi juga memperoleh tindak berbahasa.

BACA JUGA SOAL ALIRAN LINGUISTIK



1 comment:

  1. Hoby Main TOGEL/POKER/BOLA? Ayo Gabung di HALOTOTO

    * Bonus New Depo 10 rb
    * Bonus TO 0.5%
    * Bonus Reff 20%
    * Discount Togel
    4D : 66 % |X3000
    3D : 59 % |X400
    2D : 29 % |X70

    * HOT PROMO BERLAKU SEMUA PASARAN

    PROMO JP NOMOR HP :
    4D NO HP : 3000.000
    3D NO HP : 500.000
    2D NO HP : 100.000

    LINK DAFTAR Togel : WW W. REJEKIKITA .COM
    LINK DAFTAR POKER : WWW. HLOQQ. INFO

    Info Lanjut :
    WA:+62 853-1157-2784
    BBM:E35CCA80


    ReplyDelete