MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA
MEMAHAMI
HAKIKAT BAHASA DAN PEMEROLEHAN BAHASA
1.
Setiap
bahasa mempunyai ciri khas sendiri yang tidak dimiliki oleh bahasa lainnya.
Pernyataan
ini menunjukkan bahwa bahasa bersifat ...
A.
arbitrer
B.
variatif
C.
dinamis
D.
unik
Jawab:
D
Pembahasan:
Arbitrer: adalah tidak
adanya hubungan wajib antara lambang bahasa (yang berwujud bunyi itu) dengan
konsep atau pengertian yang dimaksud oleh lambang tersebut (mana suka)
Variatif: bahasa beragam
sesuai status sosial dan latar belakang budaya.
Dinamis: kegiatan manusia
itu selalu berubah, maka bahasa menjadi ikut berubah, menjadi tidak tetap, menjadi
dinamis. Perubahan itu dapat berupa pemunculan kata atau istilah baru,
peralihan makna sebuah kata, dan perubahanperubahan lainnya.
Unik: setiap bahasa
mempunyai ciri khas sendiri yang tidak dimiliki oleh bahasa lainnya. Ciri khas
ini
bisa menyangkut sistem bunyi, sistem pembentukan kata, sistem pembentukan
kalimat, atau sistem-sistem lainnya.
2.
Salah
satu teori pemerolehan bahasa menyatakan bahwa kematangan bernalar berbanding
lurus dengan kemampuan berbahasa.
Konsep
ini berpijak pada pandangan ...
A.
kognitivisme
B.
nativisme
C.
interaksionisme
D.
behaviorisme
Jawab
: A
Pembahasan:
Teori
Kognitivisme:
Perkembangan bahasa harus berlandaskan pada perubahan yang lebih mendasar dan
lebih umum di dalam kognisi. Jadi, urutan-urutan perkembangan kognitif
menentukan urutan perkembangan bahasa
Teori Nativisme: bahasa hanya
dapat dikuasai oleh manusia, binatang tidak mungkin dapat menguasai bahasa
manusia. setiap manusia yang lahir sudah dibekali dengan suatu alat untuk
memperoleh bahasa (language acquisition
device, disingkat LAD).
Teori
interaksionisme
beranggapan bahwa pemerolehan bahasa merupakan hasil interaksi antara kemampuan
mental pembelajaran dan lingkungan bahasa.
Teori
behaviorisme:
menyoroti aspek perilaku kebahasaan yang
dapat diamati langsung dan hubungan antara rangsangan (stimulus) dan reaksi (response).
3.
Penguasaan
kemampuan memformulasikan kaidah yang berada pada level rumit yang dicapai anak
pada usia prasekolah merupakan bagian dari pemerolehan bahasa pada bidang ...
A.
fonologi
B. morfologi
C.
sintaksis
D.
semantik
Jawab:
B
Pembahasan:
Pemerolehan bahasa dalam bidang fonologi: sejak anak dilahirkan
sampai usia 6 bulan, sampai anak mengeluarkan celotehan.
Pemerolehan bahasa dalam bidang morfologi: anak-anak mempelajari
morfem mula-mula bersifat hapalan. Hal ini diikuti dengan membuat simpulan
secara kasar tentang bentuk dan makna morfem. Akhirnya anak membentuk kaidah.
Proses yang rumit ini dimulai pada periode prasekolah dan terus berlangsung
sampai pada masa adolesen.
Pemerolehan Bahasa dalam bidang semantik: perkembangan
kanak-kanak memperoleh makna suatu kata dengan cara menguasai fitur-fitur semantik
kata itu satu demi satu sampai semua fitur semantik dikuasai, seperti yang
dikuasai oleh orang dewasa.
Pemerolehan bahasa dalam bidang
sintaksis:
anak memulai berbahasa dengan mengucapkan satu kata atau bagian kata. Kata ini,
bagi anak, sebenarnya adalah kalimat penuh.
Pemerolehan bahasa dalam bidang pragmatik
:
tahap pemerolehan pragmatik anak dipengaruhi oleh lingkungannya. Di dalam
pemerolehan pragmatik, anak tidak hanya berbahasa tetapi juga memperoleh tindak
berbahasa.
BACA JUGA SOAL ALIRAN LINGUISTIK
Hoby Main TOGEL/POKER/BOLA? Ayo Gabung di HALOTOTO
ReplyDelete* Bonus New Depo 10 rb
* Bonus TO 0.5%
* Bonus Reff 20%
* Discount Togel
4D : 66 % |X3000
3D : 59 % |X400
2D : 29 % |X70
* HOT PROMO BERLAKU SEMUA PASARAN
PROMO JP NOMOR HP :
4D NO HP : 3000.000
3D NO HP : 500.000
2D NO HP : 100.000
LINK DAFTAR Togel : WW W. REJEKIKITA .COM
LINK DAFTAR POKER : WWW. HLOQQ. INFO
Info Lanjut :
WA:+62 853-1157-2784
BBM:E35CCA80