STRATEGI PEMBELAJARAN
Dikutip dari sumber
www.sertifikasiguru.id, program prakondisi pada PLPG 2017 Peserta PLPG 2017 wajib mempelajari Modul Pedagogik dan Modul Pendalaman Materi
Bidang Studi secara mandiri dan dapat diunduh melalui laman
sertifikasiguru.id
Sebagai persiapan pendalaman modul
pedagogik di prakondisi PLPG 2017 kami sajikan RINGKASAN MATERI KELOMPOK
KOMPETENSI PEDAGOGIK 4: STRATEGI
PEMBELAJARAN
Ringkasan Materi ini dikembangkan
berdasarkan kompetensi pedagogik keempat
di Permendiknas nomor 16 tahun 2007 yaitu: Menyelenggarakan Pembelajaran yang Mendidik.
RINGKASAN MATERI KELOMPOK KOMPETENSI
PEDAGOGIK 4.
PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, DAN TEKNIK
PEMBELAJARAN
Dalam Lampiran 3 Permendikbud Nomor 58
Tahun 2014 (233) pendekatan dimaknai sebagai cara menyikapi/melihat (a
way of viewing); strategi dimaknai sebagai cara mencapai tujuan dengan
sukses (a way of winning the game atau a way of achieving of objectif); metode
dimaknai sebagai cara menangani sesuatu (a way of dealing). Sedangkan teknik
dimaknai sebagai cara memperlakukan sesuatu (a way creating something); dan
model dimaknai sebagai kerangka yang berisikan
langkah-langkah/uruturutan kegiatan/sintakmatik yang secara operasional perlu
dilakukan oleh guru dan siswa. Dalam referensi lain dijelaskan bahwa pendekatan
adalah titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran; metode
adalah cara yang digunakan untuk
mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan
nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran; teknik adalah cara
yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifk;
dan model adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai
akhir yang disajikan secara khas oleh guru (bungkus atau bingkai dari penerapan
suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran). Pendekatan
(approach) merupakan titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses
pembelajaran. Roy Killen (1998) misalnya, mencatat ada dua pendekatan dalam
pembelajaran, yaitu pendekatan yang berpusat pada guru (teacher-centered
approaches) dan pendekatan yang berpusat pada siswa (student-centered
approaches) yang digunakan dalam perancangan kurikulum dan pembelajaran saat
ini. Strategi pembelajaran merupakan perencanaan tindakan (rangkaian
kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau
kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Sedangkan metode merupakan upaya untuk mengimplementasikan rencana yang
sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai
secara optimal. Metode digunakan sebagai cara untuk melaksanakan dan merealisasikan
strategi yang telah ditetapkan. Dalam mengimplementasikan metode pembelajaran,
seorang pendidik perlu menetapkan teknik atau cara tertentu agar proses
pembelajaran berjaan efektif dan efsien, serta taktik atau gaya individu dalam
melaksanakan suatu teknik atau metode tertentu misalnya dalam menggunakan
ilustrasi atau menggunakan gaya bahasa atau idialek agar materi pembelajaran
mudah dipahami.
Sumber Pustaka:
Doyin, Mukh dan Supriyono. 2015. Materi
UKG Bahasa Indonesia 2015. Semarang: Bandungan Institute
POSTINGAN TERKAIT
SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI
MODUL 6 KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DISINI
ass, pa sy kesulitan medownload materi Plpg di laman sertifikasi guru. mohon bantuan minta di kirim modul/materi untuk mengerjakan tugas kedua tentang mapel ips trima kasih atas bantuannya
ReplyDeleteMaaf Pak Budiman saya belum bisa bantu..
Delete