Petunjuk
Mengerjakan: Pilihlah
salah satu jawaban yang tepat dari lima pilihan (A, B, C, D, E)
1. Howard Gardner berpendapat bahwa pada diri
peserta didik memiliki kecerdasan yang beraneka ragam yang dikenal dengan
“multiple intelligence”. Berikut ini yang tidak termasuk jenis multiple
intelligence ialah:
A. kecerdasan musikal dan logical matematika
B. kecerdasan linguistik dan kinestik
C. kecerdasan intrapersonal dan spatial
D. kecerdasan spiritual dan emosional
E. kecerdasan interpersonal
2. Unesco PBB menetapkan 4 pilar pendidikan,
yaitu: Learning to know, learning to do, learning to live together dan ....
A. learning to be
B. learning to learn
C. learning to experience
D. learning to understand
E. learning university
3. Penerapan aturan kedisiplinan di sekolah
yang berkait dengan pemberian reward dan punishment merupakan merupakan
perwujudan dari teori pendidikan …….
A. konstruktivistik
B. behavioristik
C. kognitivistik
D. konektivistik
E. realistic
4. Dalam
pembelajaran yang berbasis konstruktivistik, guru lebih banyak berperan
sebagai....
A. stimulan
B. fasilitator, kolaborator, inspirator
C. pelatih
D. panutan
E. Instruktur
5. Sekolah berkewajiban untuk mengembangkan
life skills siswa. Tujuannya adalah agar siswa ....
A. mampu hidup bahagia
B. memiliki ketrampilan vokasional
C. memiliki keunggulan akademik
D. mampu mengerjakan setiap butir soal dalam ujian
E. mampu mandiri
6. Guru sebagai pendidik profesional mempunyai
tugas utama...
A. membimbing,
mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan
anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan
menengah.
B. mengajar,
membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada
pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan
pendidikan menengah.
C. mendidik,
mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta
didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar,
dan pendidikan menengah.
D. mendidik,
membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada
pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan
pendidikan menengah.
E. mendidik,
mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, peserta didik pada pendidikan
dasar, dan pendidikan menengah.
7. “Ing ngarso sung tulodo,Ing madyo mangun
karso,Tut wuri handayani” (Ki hajar Dewantoro). Manakah pernyataan dibawah ini
yang mencerminkan bukan sikap guru dalam
prinsip kepemimpinan pembelajaran tersebut, yaitu...
A. guru harus bisa menjadi contoh yang baik bagi
anak didiknya
B. guru menjadi sahabat belajar siswa
C. guru menjadi fasilitator dan inovator dalam
proses pembelajaran
D. guru menjadi satu-satunya sumber belajar
E. guru memberikan penghargaan kepada siswa
8. Seorang guru perlu bersikap inklusif dan
objektif terhadap peserta didik, teman sejawat, dan lingkungan sekitar dalam
melaksanakan pembelajaran. Contoh berikut yang sesuai dengan pernyataan di atas
adalah ...
A. Dia
adalah seorang guru yang bangga dan menjunjung tinggi pekerjaannya, dalam
melakukan penilaian sesuai kemampuan peserta didik .
B. Dia
adalah seorang guru yang senantiasa berkomunikasi dengan orang tua peserta
didik terutama kalau ada permasalahan dari putera atau puterinya.
C. Sebagai
seorang guru, dia selalu menyayangi dan
memperhatikan perkembangan peserta
didiknya.
D. Ketika
seorang guru memarahi peserta didik, ada guru lain tidak terima dan menasehati
agar tidak mengulangi.
E. Seorang
guru selalu melaksanakan apa yang diusulkan oleh orang tua peserta didiknya
agar tercipta keharmonisan.
9. Kepribadian guru dengan menampilkan tindakan
yang sesuai dengan norma religius (iman
dan takwa, jujur, ikhlas, suka menolong), dan memiliki perilaku yang diteladani
peserta didik, maka guru tersebut … .
A. memiliki kepribadian yang dewasa
B. memiliki kepribadian yang mantap dan stabil,
C. memiliki kepribadian yang arif
D. memiliki kepribadian yang berwibawa
E. memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan
10. Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh
seorang guru supaya menjadi teladan bagi peserta didik adalah sebagai berikut,
kecuali ….
A. Guru
harus memiliki sikap dan kepribadian utuh yang dapat dijadikan tokoh panutan
idola dalam seluruh segi kehidupannya
B. Guru
harus berusaha memilih dan melakukan perbuatan yang positif agar dapat
mengangkat citra baik dan kewibawaannya
C. Guru
harus mengimplementasikan nilai-nilai tinggi terutama yang diambilkan dari
ajaran agama
D. Guru
harus mempunyai sifat terpuji yang dapat
diikuti oleh peserta didik
E. Guru
harus dapat mempengaruhi peserta didik
agar meniru tingkah lakunya
11.
Learning
dalam behaviorism
menekankan adanya….
A.
Perubahan pengetahuan
B.
Interaksi terus-menerus
C.
Perubahan perilaku
D.
Pemaknaan informasi baru
E.
Pembelajaran bermakna
12. Pelaksanaan penilaian kinerja guru dimaksudkan bukan
untuk menyulitkan guru, tetapi sebaliknya penilaian kinerja guru dilaksanakan
untuk mewujudkan guru yang .................
A. Profesional,
bermartabat dan sejahtera karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan
oleh kualitas layanan profesi yang bermutu
B. Mau
menerima tunjangan profesi pendidik dan mau mengembangkan kompetensinya
C. Mau
dan mampu mengembangkan kompetensinya serta selalu mengharap-harap turunnya
TPP.
D. Mau
dan mampu meningkatkan layanan profesi pendidik yang bermutu.
E. Mau
menerima tunjangan profesi pendidik (TPP) tetapi tidak mau dimasukkan surga.
13. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru ini disusun untuk memperluas pemahaman
semua pihak terkait tentang prinsip, proses, dan prosedur pelaksanaan penilaian kinerja guru, sebagai suatu sistem penilaian kinerja
yang ………..
A. Berbasis kompetensi (competence-based)
B. berbasis bukti (evidence-based appraisal).
C. Berbasis manajemen sekolah (school-based
management)
D. Berbasis proses (process-based)
E. Berbasis hasil (product-based)
14. Penilaian kinerja guru adalah penilaian yang dilakukan terhadap …………
A. setiap
butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan
jabatannya.
B. setiap
butir kompetensi guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan
jabatannya.
C. setiap
butir kompetensi pedagogik dan professional guru dalam rangka pembinaan karir,
kepangkatan, dan jabatannya.
D. setiap
butir kompetensi kepribadian, pedagogic, social dan professional guru dalam
rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.
E. setiap
butir kompetensi guru dan tambahan guru dalam rangka
15. Guru sebagai pendidik profesional mempunyai
tugas utama……….
A. membimbing,
mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan
anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan
menengah
B. mengajar,
membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada
pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan
pendidikan menengah
C. mendidik,
mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta
didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar,
dan pendidikan menengah
D. mendidik,
membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada
pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan
pendidikan menengah
E. mendidik,
mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, peserta didik pada pendidikan anak
usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah
16. Ekspresi positifseorang guru diwujudkan dalam
kehidupan sehari-hari sebagai berikut, kecuali....
A. Menyayangi peserta didik dalam kebaikan
B. Memberikan keteladanan dalam beribadah
C. Berdoa setiap mengawali belajar dan berdisiplin
D. Memberikan senyum, salam, sapa dan santun
E. Marah-marah dan berlaku kasar terhadap orang
lain
17. Ciri-ciri pribadi yang memiliki kecerdasan
sosial adalah ....
A. Adanya
hubungan yang kuat dengan Tuhan, memberi manfaat kepada lingkungan, dan
menghasilkan karya untuk membangun orang lain
B. Bertanggungjawab,
berdedikasi dan berwibawa
C. Berperilaku
baik, bertanggungjawab dan disiplin
D. Profesional,
pengalaman dan menggembangkan diri
E. Berjiwa
sosial, profesional dalam bekerja dan jujur
18. Cara
guru untuk melakukan komunikasi
untuk menunjukkan hasil-hasil inovasi pembelajaran kepada komunitas profesi
dilakukan adalah ....
A. Lisan, tulisan dan bentuk lain
B. Paparan
C. Media pembelajaran
D. Bahan pembelajaran
E. Metode pembelajaran
19. Manakah indikator kompetensi pedagogik berikut
paling tepat?:
A. Mengenali
peserta didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran,
mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan
mengembangkan potensi peserta didik, guru memberikan penghargaan terhadap
berbagai agama dan keyakinan yang dianut, melakukan penilaian dan evaluasi.
B. Mengenali
peserta didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran,
mengembangkan kerjasama dengan teman sejawat, melakukan kegiatan yang mendidik,
memahami dan mengembangkan potensi peserta didik, komunikasi dengan peserta
didik, melakukan penilaian dan evaluasi.
C. Mengenali
peserta didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran,
mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan
mengembangkan potensi peserta didik, komunikasi dengan peserta didik, melakukan
penilaian dan evaluasi.
D. Mengenali
peserta didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran,
mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan
mengembangkan potensi peserta didik, komunikasi dengan sopan dan santun,
melakukan penilaian dan evaluasi.
E. Mengenali
peserta didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip pembelajaran,
mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan
mengembangkan potensi peserta didik, mengawali dan mengakhiri pembelajaran
tepat waktu, melakukan penilaian dan evaluasi.
20. Kompetensi guru yang digunakan sebagai dasar
PK Guru adalah tugas guru yang terkait dengan tugas pembelajaran, pembimbingan,
atau tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah. Manakah dasar PK Guru
yang terkait dengan kemampuan mengelola pembelajaran di kelas?:
A. Kompetensi profesional.
B. Kompetensi sosial.
C. Kompetensi pedagogik.
D. Kompetensi kepribadian.
E. Inovasi dan kreativitas pembelajaran.
21. Seorang guru mencatat dan menggunakan
informasi tentang karakteristik peserta didik untuk membantu proses
pembelajaran. Karakteristik peserta didik tersebut meliputi berbagai aspek berikut:
A. Aspek fisik intelektual, sosial emosional,
moral, dan latar belakang sosial budaya.
B. Aspek fisik intelektual, sosial emosional,
personal, dan latar belakang sosial budaya.
C. Aspek fisik intelektual, sosial personal,
moral, dan latar belakang sosial budaya.
D. Aspek fisik intelektual, sosial emosional,
moral, dan latar belakang suku agama.
E. Aspek fisik intelektual, kolegial, moral, dan
latar belakang sosial budaya.
22. Dalam memilih sumber belajar harus
memperhatikan kriteria sebagai berikut:
A. Ekonomis:
tidak harus terpatok pada harga yang mahal; Praktis: tidak memerlukan
pengelolaan yang rumit, sulit dan langka,
B. Mudah:
dekat dan tersedia di sekitar lingkungan kita,
C. Fleksibel:
dapat dimanfaatkan untuk berbagai kompetensi dasar,
D. Sesuai
dengan kompetensi dasar: mendukung proses dan pencapaian kompetensi dasar dan
dapat membangkitkan motivasi dan minat belajar siswa.
E. Semua
jawaban benar
23. Fungsi sumber belajar dalam proses kegiatan
belajar mengajar, antara lain:
A. Meningkatkan
produktivitas pembelajaran dengan jalan: (a) mempercepat laju belajar dan
membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik dan efisien dan (b)
mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi sehingga waktu dapat lebih
banyak digunakan untuk mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran.
B. Memberikan
kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual, dengan cara: (a)
mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional; dan (b) memberikan
kesempatan bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannnya.
C. Memberikan
dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara: (a) perancangan
program pembelajaran yang lebih sistematis; dan (b) pengembangan bahan
pengajaran yang dilandasi oleh penelitian.
D. Memungkinkan
penyajian pembelajaran yang lebih luas, dengan menyajikan informasi yang mampu
menembus batas geografis.
E. Semua
jawaban benar
24. Jika Anda melakukan kunjungan kelas dan
memperhatikan guru telah memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan
kesempatan yang sama untuk berpertisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran,
maka guru tersebut perlu diberi skor maksimal pada indikator........:
A. Memahami prinsip-prinsip pembelajaran yang
mendidik.
B. Mengenali karakteristik peserta didik.
C. Menguasi teori mendidik.
D. Memahami perkembangan remaja.
E. Pembelajaran yang mendidik.
25. Guru profesional antara lain mampu memilih
materi pembelajaran. Manakah yang tidak sesuai dengan materi pembelajaran
dimaksud?:
A. Materi pembelajaran sesuai dengan tujuan
pembelajaran.
B. Materi pembelajaran yang tepat dan mutakhir.
C. Materi sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan
belajar peserta didik.
D. Materi tidak harus dapat dilaksanakan di kelas.
E. Materi sesuai dengan konteks kehidupan
sehari-hari peserta didik.
26. Manakah kegiatan yang menggambarkan kompetensi
pedagogik seorang guru?:
A. Guru
memiliki rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
B. Guru
mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta
didik.
C. Merancang
rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar
tertentu agar peserta didik mencapai kompetensi dasar yang ditentukan.
D. Guru
memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait
dengan tugasnya.
E. Guru
merasa bangga dengan profesinya sebagai guru.
27. Mengapa guru wajib merancang rencana
pembelajaran?:
A. Agar
peserta didik dapat mencapai Kompetensi Dasar/KD yang ditentukan.
B. Agar
peserta didik dapat berpartisipasi secara maksimal dalam proses pembelajaran.
C. Agar
peserta didik tidak sampai mengganggu peserta didik lain pada saat proses
pembelajaran berlangsung.
D. Agar
peserta didik termotivasi kemauan belajarnya.
E. Agar
peserta didik terfasilitasi pengamalam belajarnya dengan baik.
28. Berikut adalah alasan paling tepat guru perlu
mengatur kelas pada saat pembelajaran berlangsung:
A. Dapat
memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan
kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.
B. Guru
dapat memperhatikan potensi dan kekurangan peserta didik.
C. Peserta
didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam pembelajaran.
D. Agar
tidak membuka peluang peserta didik merugikan peserta didik lainnya.
E. Mencegah
adanya perilaku menyimpang dari peserta didik selama proses pembelajaran.
29. Guru telah menetapkan berbagai pendekatan,
strategi, model, motode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif,
hal tersebut berkaitan dengan standar kompetensi berikut:
A. Sosial.
B. Pedagogik.
C. Personal.
D. Profesional.
E. Kepribadian.
30. Peran guru dalam proses pembelajaran di
sekolah harus mengondisikan pembelajaran yang interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didikuntuk berpartisipasi aktif,
serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian
sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta
didik. Untuk itu setiap guru perlu memahami dan menggunakan prinsip
pembelajaran yakni:
A. Dari
peserta didik diberi tahu menuju peserta didik mencari tahu; Dari guru sebagai
satu-satunya sumber belajar menjadi belajar berbasis aneka sumber belajar; Dari
pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan
ilmiah;
B. Dari
pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis kompetensi; Dari pembelajaran
parsial menuju pembelajaran terpadu;
C. Dari
pembelajaran yang menekankan jawaban tunggal menuju; pembelajaran dengan
jawaban yang kebenarannya multi dimensi;
D. Dari
pembelajaran verbalisme menuju keterampilan aplikatif; Peningkatan dan keseimbangan
antara keterampilan fisikal (hardskills) dan keterampilan mental (softskills);
E. Semua
jawaban benar.
31. Elemen perubahan Kurikulum 2013 terutama
berkaitan dengan ....
A. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses,
Standar Isi, dan Standar Pengelolaan.
B. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi,
Standar Proses, dan Standar Penilaian.
C. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses,
Standar Penilaian, dan Standar Pembiayaan.
D. Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses,
Standar Pengelolaan, dan Standar Penilaian.
E. Struktur kurikulum, beban belajar, RPP, dan
sistem penilaian
32. Salah satu proses pembelajaran scientific yang
baik adalah:
A. Mendorong
dan menginspirasi peserta didik berpikir secara kritis, analistis, dan tepat
dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan
substansi atau materi pembelajaran.
B. Penjelasan
guru, cenderungmenggunakanpendekatantradisional.
C. Berbasis
pada konsep, tanpalandasanteori, dan fakta empiris yang dapat
dipertanggungjawabkan.
D. Tujuan
pembelajaran dirumuskan secara detail dan jelas, tanpamengindahkanpenyajiannya
menarik.
E. Menerapkan
langkah 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan data, menganalisis data, dan
mengomunikasikan) pada setiap pembelajaran.
33. Model pembelajaran berbasis proyek (Project
Based Learning) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan
oleh guru dengan menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach).
Manakah yang tidak tepat berkaitan dengan pernyataan tersebut?:
A. Pendekatan
pembelajaran dimana siswa memperoleh pengetahuan berdasarkan cara kerja ilmiah.
B. Melalui
pendekatan ini siswa akan diajak meniti jembatan emas sehingga ia tidak hanya
mendapatkan ilmu pengetahuan (knowledge) semata tetapi juga akan mendapatkan
keterampilan dan sikap-sikap yang dibutuhkan dalam kehidupannya kelak.
C. Saat
belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, siswa dapat berlatih
menalar secara induktif (inductive reasoning).
D. project
based learning (model pembelajaran berbasis proyek) merupakan salah satu model
pembelajaran dalam pendekatan saintifik
E. project
based learning (model pembelajaran berbasis proyek) merupakan salah satu model
pembelajaran dalam pendekatan saintifik yang berorientasi pada masalah.
34. Model pembelajaran ini peserta didik
difasilitasi melakukan pembelajaran aktif. Mereka benar-benar akan dibuat aktif
baik secara hands on (melalui kegiatan-kegiatan fisik), maupun secara minds on
(melalui kegiatan-kegiatan berpikir/secara mental). Karena itulah, ruh dari
pelaksanaaan model pembelajaran ini sesuai sekali dengan amanat Kurikulum 2013.
Model pembelajaran yang dimaksud adalah:
A. Inkuiri
B. PBM (Problem Based Learning)
C. PBL (Project Based Learing)
D. Discovery learning
E. Cooperative learning
35. Model pembelajaran yang menyajikan masalah
kontekstual dimana peserta didik bekerja dalam tim untuk memecahkan masalah
dunia nyata (real world) sehingga merangsang peserta didik untuk belajar,
merupakan ciri khas model pembelajaran berikut:
A. Inkuiri
B. PBL
(Problem Based Learning)
C. PBL (Project Based Learing)
D. Discovery learning
E. Cooperative learning
36. Model-model pembelajaran selalu memiliki
kelebihan dan kekurangan sehingga guru dapat mempertimbangkannya bilamana akan
menerapkan model pembelajaran tersebut. Berikut adalah kelebihan dari salah
satu model pembelajaran :
“Dengam
model pembelajaran ini belajar dapat semakin bermakna dan dapat diperluas
ketika peserta didik berhadapan dengan
situasi di mana konsep diterapkan, peserta didik mengintegrasikan pengetahuan
dan keterampilan secara simultan dan mengaplikasikannya dalam konteks yang
relevan, oleh karenanya melalui pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan
berpikir kritis, menumbuhkan inisiatif peserta didik dalam bekerja, motivasi
internal untuk belajar, dan dapat mengembangkan hubungan interpersonal dalam
bekerja kelompok”.
Model
pembelajaran manakah yang memiliki kelebihan seperti pada informasi di atas?:
A. Inkuiri.
B. PBM (Problem Based Learning).
C. PBL (Project Based Learing).
D. Discovery learning.
E. Cooperative learning.
37. Sebelum memulai proses belajar-mengajar di
dalam kelas, peserta didik terlebih dahulu diminta untuk mengobservasi suatu
fenomena terlebih dahulu. Kemudian peserta didik diminta mencatat
masalah-masalah yang muncul. Setelah itu guru merangsang peserta didik untuk
berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Guru mengarahkan peserta
didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang
berbeda dari mereka. Memanfaatkan lingkungan peserta didik untuk memperoleh
pengalaman belajar. Guru memberikan penugasan yang dapat dilakukan di berbagai
konteks lingkungan peserta didik, antara lain di sekolah, keluarga dan
masyarakat. Pembelajaran demikian merupakan salah satu contoh implementasi
model pembelajaran berikut:
A. Inkuiri
B. PBM (Problem Based Learning)
C. PBL (Project Based Learing)
D. Discovery learning
E. Cooperative learning
38. Model pembelajaran ini mengacu kepada teori
belajar yang didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila
peserta didik tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapi
diharapkan peserta didik mengorganisasi sendiri. Sebagai model pembelajaran, pembelajaran ini
lebih menekankan pada ditemukannya konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak
diketahui. Pembelajaran demikian merupakan ciri dari model pembelajaran
berikut:
A. Inkuiri
B. PBM (Problem Based Learning)
C. PBL (Project Based Learing)
D. Discovery learning
E. Cooperative learning
39. Ranah kompetensi untuk dimensi sikap pada
proses pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut:
A. Menerima, menjalankan, menghargai, menghayati,
dan mencipta.
B. Menerima, menjalankan, menghargai, menghayati,
dan menalar.
C. Menerima, menjalankan, menghargai, menghayati,
dan mengevaluasi.
D. Menerima, menghayati, menghargai, menjiwai,
menjalankan.
E. Menerima, menjalankan, menghargai, menghayati,
dan mengamalkan.
40. Penilaian kompetensi sikap dilakukan melalui
kegiatan berikut:
A. Observasi, penilaian diri, penilaian sejawat,
dan jurnal.
B. Observasi, penilaian diri, jurnal, dan
portofolio.
C. Observasi, penilaian sejawat, jurnal, dan
portofolio.
D. Observasi, penilaian diri, penilaian sejawat,
dan projek.
E. Observasi, penilaian diri, penilaian antar
teman, dan projek.
41. Ranah kompetensi untuk dimensi pengetahuan
pada proses pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut:
A. Mengingat, memahami, menerapkan, mensintesis,
menganalisis, mencipta.
B. Mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis,
mengevaluasi, mencipta.
C. Mengingat, memahami, menerapkan, menalar,
menganalisis, mengevaluasi.
D. Mengingat, memahami, menganalisis, mensintesis,
mengevaluasi, mencipta.
E. Mengamati, menanya, mengumpulkan data,
mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
42. Penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan
melalui aktivitas berikut:
A. Penugasan, projek, dan portofolio
B. Penugasan, portofolio, dan tes tulis
C. Tes tulis, tes lisan, dan penugasan
D. Tes tulis, penugasan, dan projek
E. Tes tulis, tes lisan, dan jurnal
43. Ranah kompetensi untuk keterampilan pada
proses pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut:
A. Mengamati, menanya, memahami, mencoba, menalar,
dan menyaji
B. Mengamati, menanya, mencoba, melakukan,
menyaji, dan mencipta.
C. Mengamati, memahami, menanya, mencoba, menalar,
menyimpulkan.
D. Mengamati, menanya, memahami, menalar, menyaji,
dan mencipta.
E. Mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji
dan mencipta.
44. Penilaian kompetensi keterampilan dilakukan
melalui aktivitas berikut:
A. Tes praktik, tes tulis, projek, dan portofolio
B. Tes lisan, tes tulis, praktik, dan portofolio
C. Tes lisan, tes tulis, projek, dan portofolio
D. Tes lisan, tes tulis, tes praktik, dan projek
E. Portofolio, projek, penugasan, dan tes praktek
45. Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang mana
paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
A. apakah
pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XISMKN Malang
B. bagaimana
cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode
tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XII SMKN 10 Malang
C. mengapa
siswa SMK Negeri 1 Arcapadha selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan
nasional
D. bagaimana
cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah
E. bagaimana
cara memanfaatkan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah
46. Kompetensi guru yang menunjukkan kemampuan
memahami konsep pembelajaran dan lingkungan pembelajaran adalah ...............
A. kompetensi kepribadian
B. kompetensi profesional
C. kompetensi social
D. kompetensi pedagogik
E. kompetensi pengetahuan
47. Penelitihan Tindakan Kelas (PTK) merupakan
proses spiral yang terdiri dari empat langkah kegiatan, yaitu .......
A. perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi
B. perencanaan, penerapan, evaluasi, refleksi
C. perencanaan, tindakan, refleksi, evluasi
D. evaluasi, perencanaan, tindakan, refleksi
E. refleksi
perencanaan, penerapan, evaluasi
48. Tujuan penelitian Tindakan Kelas adalah untuk
......
A. mengungkapkan kebenaran
B. menjawab masalah guru
C. memperbaiki kinerja guru
D. mengumpulkan informasi
E. meningkatkan mutu sekolah
49. Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang
diteliti berasal dari ......
A. kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang
diajar
B. keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C. keinginan untuk membantu guru
D. kepedulian peneliti akan kinerja guru
E. memperbaiki kinerja guru
50. Syarat karya tulis ilmiah yang baik menurut
Buku V Pedoman Penilaian Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah ……
A. Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten
B. Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Sistemik
C. Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Sistemik dan
Holistik
D. Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Holistik
E. Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Sistemik,
Holistik dan Realsitk
Terimakasih sebelumnya atas siak tersebut. Ada dalam bentuk pdfnya tidak? Supaya bisa di download 🙏
ReplyDelete